Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Usia Berapa Wanita Paling Subur

Usia Berapa Wanita Paling Subur

/
/
484 Views
usia wanita paling subur
Usia berapa wanita paling subur

Kehamilan sangat dipengaruhi oleh faktor usia, baik itu pria maupun wanita. Agar kehamilan dapat terjadi dengan mudah maka pasangan kekasih perlu mempersiapkan dengan baik waktu menikahnya. Terlalu lama menikah berisiko kesuburan menurun sehingga kehamilan pun sulit terjadi.

Begitu pula halnya jika ada pasangan yang menunda memiliki anak dan menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim. Jika tidak memperhatikan dengan baik waktu kesuburannya, maka bukan tidak mungkin kelak akan menghadapi masalah dengan kesuburan.

Pada wanita, kesuburan mereka akan menurun drastis ketika usia mencapai 35 tahun. Bukan hanya sulit hamil, wanita di atas 35 tahun juga rentan mengalami keguguran.  Meski demikian untuk mengetahui subur tidaknya seorang wanita perlu dilakukan pemeriksaan lebih detail.

Usia yang paling baik bagi wanita untuk hamil adalah antara umur 20 – 30 tahun. Pada masa-masa ini alat reproduksi wanita berada pada puncak perkembangannya. Hal ini tentunya mempengaruhi kesuburan wanita juga.

Sebelum umur 20 tahun, hormon yang ada di dalam tubuh wanita masih belum cukup matang, sehingga kualitasnya bisa jadi tidak begitu bagus. Sedangkan umur di atas 35 tahun, kualitas hormon dan alat reproduksinya akan menurun. Sehingga kemungkinan untuk hamil juga berkurang.

Sulit hamil bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah faktor waktu. Wanita tidak setiap saat mengeluarkan sel telur, mereka memiliki waktu-waktu khusus setiap bulan untuk mengalami ovulasi. Kehamilan hanya bisa terjadi jika ada sel sperma yang membuahi sel telur di waktu khusus tersebut.

Terkadang, sepasang suami istri yang baru menikah akan mengalami pertengkaran kecil akibat perbedaan pendapat. Kehamilan sang istri yang tak kunjung datang juga sering kali memicu emosi dan amarah suami.

Untuk menghindari permasalahan itu melanda rumah tangga anda, sebagai pasangan pengantin baru yang belum memiliki banyak pengalaman, anda perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai usia berapa wanita paling subur.

Selain faktor umur atau usia berapa wanita paling subur, siklus menstruasi bulanan juga bisa anda gunakan sebagai patokan mengetahui masa subur wanita. Jika haidnya teratur, berarti ovulasinya bekerja dengan baik. Hal ini mencerminkan bahwa wanita ini subur.

Beda halnya jika haidnya tidak teratur. Namun, dengan dua kondisi berbeda itu, anda tetap bisa mengetahui masa subur wanita dengan melakukan perhitungan kalender. Masa paling subur bagi wanita yang haidnya teratur adalah pada hari ke-13, 14, dan 15 menjelang haid berikutnya.

Sedangkan bagi yang tidak teratur haid, anda bisa melakukan perhitungan dengan mengurangkan hari terpanjang haid dengan angka 11, dan hari terpendek haid dengan angka 18. Itulah masa subur anda.

Demikian beberapa informasi mengenai usia wanita paling subur sehingga mudah hamil. Selain itu, pasangan suami istri juga perlu mendiskusikan kapan waktu bercinta terbaik agar cepat hamil sehingga rumah tangga bisa tetap harmonis dengan lahirnya anak.