4 Tips Tetap Sehat Untuk Ibu Hamil

Tips sehat ibu hamil

Tips sehat ibu hamil

Bagi anda para wanita yang sudah berhasil mendapatkan tanda positif alias hamil, jangan bersenang hati dulu. Perjuangan anda masih panjang yakni 9 bulan, dan apapun bisa terjadi dalam kurun waktu itu.

Menjaga kesehatan selama masa kehamilan adalah mutlak dilakukan, tujuannya agar tubuh si Ibu tetap kuat dan bugar. Sebab Ibu hamil yang sakit akan berdampak buruk bagi janin dalam kandungan.

Dan tanggung jawab itu bukan hanya milik si Ibu, suami selaku kepala keluarga juga memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga kondisi kesehatan istri dan calon bayinya.

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Untuk itu, ada beberapa tips sehat untuk ibu hamil yang bisa anda terapkan agar bayi anda terlahir normal, dan anda pun bisa tetap sehat setelah melahirkan nanti.

1. Kunjungi Dokter Kandungan Secara Rutin

Pemeriksaan kandungan secara rutin dapat meminimalisir terjadinya kelainan atau gejala-gejala yang bisa membahayakan janin atau diri anda. Bahkan jika benar ditemukan sesuatu yang janggal, anda bisa mengobatinya sebelum parah.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan mulai di awal kehamilan untuk mengetahui kondisi kesehatan sang Ibu. Pemeriksaan awal ini meliputi pengukuran berat badan dan tekanan darah.

2. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Saat hamil, umumnya wanita akan merasa mual dan malas makan. Namun anda harus tetap memaksakan diri anda untuk memenuhi asupan makanan bergizi yang cukup.

Selain itu, konsumsi suplemen juga merupakan salah satu tips sehat yang bagus untuk ibu hamil, karena suplemen bisa menambah gizi saat anda malas makan.

Mengenai porsi makanan, anda harus meningkatkannya. Hal ini karena makanan yang anda konsumsi tidak hanya akan diserap oleh tubuh anda saja, namun juga untuk kebutuhan janin anda.

3. Cukupi Kebutuhan Mineral

Ibu hamil akan membutuhkan mineral yang lebih banyak dari pada orang biasa. Untuk itu, anda harus meminum air putih minimal 2 liter dalam sehari agar volume darah dalam tubuh anda meningkat.

4. Tetap Bergerak

Dalam kondisi hamil, anda tidak boleh bermalas-malasan. Hal ini dapat mengganggu kinerja organ tubuh anda yang tentunya dapat berakibat pada janin. Lakukan beberapa olahraga ringan seperti jalan-jalan di pagi hari.

Anda juga bisa mendaftarkan diri anda untuk mengikuti senam kehamilan atau belajar yoga. Selain bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan janin anda.

Positif hamil dan menjalani hari-hari sebagai Ibu hamil merupakan tantangan tersendiri yang perlu dihadapi bersama-sama dengan suami. Dibutuhkan kesabaran dan kekompakan dari pasangan agar kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan tetap sehat.