Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / 14 Tips Cepat Hamil untuk Wanita Kurus

14 Tips Cepat Hamil untuk Wanita Kurus

/
/
4 Views

Salah satu masalah wanita kurus adalah kesulitan mendapatkan siklus menstruasi yang teratur. Akibatnya wanita kurus tidak bisa mengalami ovulasi secara rutin seperti wanita lain yang normal.

Dampaknya jika sudah menikah adalah sulit hamil. Ini karena sel telur yang diproduksi oleh indung telur berjumlah sangat sedikit. Kualitas sel telur juga tidak bagus sehingga mudah rusak.

Jika terjadi kehamilan maka bisa menyebabkan dampak yang lebih serius untuk ibu dan bayi. Karena itu salah satu tips cepat hamil bagi wanita kurus adalah meningkatkan berat badan terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk

Program hamil cepat untuk wanita kurus
Program hamil cepat untuk wanita kurus

Apa saja langkah-langkah untuk wanita dengan berat badan yang kurang agar cepat hamil? Berikut ini tips cepat hamil untuk wanita kurus.

  1. Makan sumber kalori yang sehat

Untuk mencapai masa ovulasi yang sehat dan bisa hamil cepat maka cobalah memenuhi kebutuhan kalori tubuh. Kalori yang terdiri dari lemak, protein dan karbohidrat sangat penting untuk pekerjaan indung telur.

Untuk mendapatkan jumlah kalori yang tepat maka cobalah untuk selalu menghitung apa saja yang Anda makan. Selain memperbaiki berat badan, maka kebiasaan ini sangat baik untuk menjaga tubuh lebih sehat lagi.

  1. Dapatkan sumber protein

Wanita kurus butuh protein yang banyak jika ingin cepat hamil.

Protein memiliki peran yang sangat penting untuk kesuburan bagi wanita kurus. Protein bisa menjadi nutrisi yang tidak hanya penting untuk otot tubuh tapi juga untuk organ reproduksi.

Protein sangat baik untuk meningkatkan berat badan tanpa menyebabkan kegemukan. Ini karena protein akan diserap sebagai sumber kalori untuk tubuh.

Untuk meningkatkan kesuburan maka bisa mendapatkan protein dari makanan seperti daging sapi, daging ayam, ikan, produk susu, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Makan tiga kali sehari

Tips cepat hamil untuk wanita kurus berikutnya adalah menambah asupan makana sehari-hari.

Jadi salah satu masalah wanita kurus adalah kebiasaan makan yang buruk. Untuk mencegahnya maka bisa mengonsumsi makanan utama selama tiga kali sehari.

Jenis makanan ini sangat baik untuk menambah berat badan dan mencukupi kebutuhan gizi menjelang kehamilan. Jenis makanan yang dimasukkan dalam menu harus mengandung lemak sehat, protein dan karbohidrat.

Kemudian cobalah untuk mengonsumsi camilan diantara waktu makan utama. Ini sangat baik untuk menjaga agar kenaikan berat badan tetap stabil.

  1. Dapatkan vitamin C

Salah satu vitamin yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan bagi wanita kurus adalah vitamin C. Vitamin C akan bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah rusaknya sel telur.

Berbagai jenis sumber vitamin C yang sangat penting untuk kesuburan adalah seperti buah jeruk, buah berri, apel, anggur, lemon dan sayuran hijau.

Vitamin C selain untuk meningkatkan ukuran sel telur juga sangat penting untuk membantu proses ovulasi lebih sempurna sehingga bisa terjadi kehamilan.

  1. Jangan minum kopi

Wanita kurus juga perlu menghindari beberapa pantangan jika ingin cepat hamil, salah satunya dengan menghindari minum kopi secara berlebih.

Hindari kopi atau semua jenis minuman yang mengandung kafein. Kafein sangat buruk untuk keseimbangan hormon sehingga bisa merusak siklus menstruasi dan membuat kesulitan untuk hamil.

Gantikan kopi dengan minuman yang lebih sehat seperti jus buah yang mengandung sumber gula alami seperti mangga, apel dan jeruk.

  1. Olahraga khusus

Untuk meningkatkan kesempatan hamil maka juga harus mencoba untuk melakukan beberapa gerakan olahraga. Olahraga sangat penting untuk meningkatkan kesuburan karena bisa menjaga hormon menjadi lebih seimbang.

Olahraga juga akan meningkatkan nafsu makan sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih berisi.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk program kehamilan adalah seperti yoga khusus, senam dan jalan kaki.

Untuk program kehamilan sebaiknya olahraga harus didampingi oleh instruktur sehingga bisa diawasi dengan tepat.

  1. Mengawasi siklus menstruasi

Ketika sudah mencoba untuk memperbaiki gizi maka bisa mencoba untuk melacak siklus menstruasi. Jika sudah teratur maka tandai kalender kapan pertama menstruasi dan kapan terakhir menstruasi.

Hitung jarak antar menstruasi dari bulan ke bulan sehingga Anda bisa menemukan kapan masa ovulasi yang tepat.

Saat sudah menemukan masa ovulasi yang tepat maka bisa melacak kapan harus berhubungan intim dengan pasangan.

  1. Capai berat badan ideal

Ketika ibu bisa hamil dengan berat badan yang terlalu kurus maka bisa menyebabkan bahaya untuk ibu dan janin dalam kandungan. Karena itu sebelum terjadi kehamilan maka cobalah mencapai berat badan yang paling ideal.

Berat badan yang ideal bisa membuat peluang kehamilan naik sehingga ibu bisa hamil. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka cobalah mengonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi yang seimbang.

  1. Hindari rokok dan asap rokok

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba untuk tidak bersentukan dengan asap rokok. Anda sendiri juga tidak boleh merokok dan menghindari asap rokok.

Rokok sangat buruk dampaknya untuk kesuburan karena asap rokok bisa masuk ke dalam tubuh. Kemudian berbagai zat akan masuk ke dalam darah yang kemudian membuat kerusakan untuk sel telur.

Pada kasus tertentu zat yang didapatkan dari rokok bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada organ reproduksi sehingga sulit untuk bisa hamil.

  1. Suplemen persiapan kehamilan

Jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter maka biasanya dokter akan memberikan berbagai jenis suplemen untuk persiapan kehamilan. Jenis suplemen ini termasuk seperti asam folat, vitamin E, zat besi dan omega 3.

Ikuti semua aturan untuk minum suplemen ini karena berbagai suplemen ini memang bisa meningkatkan usia dan ukuran sel telur.

Jika Anda merasakan efek samping akibat suplemen ini maka konsultasikan lagi ke dokter dan bicarakan cara untuk mengatasi efek sampingnya.

  1. Tidak stres dan depresi

Salah satu hal yang bisa menghambat kehamilan adalah ketika ibu merasakan stres dan depresi. Stres dan depresi bisa membuat ibu sangat cemas sehingga justru kehilangan peluang untuk kehamilan.

Untuk mengatasinya maka jangan stres atau tertekan. Jangan menghiraukan kata-kata buruk dari lingkungan sekitar.

Cobalah untuk memperbaiki pola makan yang sehat sehingga bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Lalu cobalah terus untuk berusaha hidup sehat sehingga bisa hamil secara alami.

  1. Gaya hidup yang sehat

Ketika sudah memiliki masalah berat badan yang kurus maka harus berusaha untuk memperbaiki gaya hidup yang sehat. Anda harus mencoba untuk memiliki waktu istirahat yang teratur dan menghindari begadang malam hari.

Langkah ini sangat baik untuk memperbaiki kualitas hidup secara menyeluruh sehingga sistem reproduksi menjadi lebih sehat.

  1. Atasi penyebab kurus

Terlalu kurus bisa terjadi karena  berbagai alasan termasuk dari masalah kesehatan. Beberapa penyebab terlalu kurus adalah seperti penyakit celiac, gangguan pencernaan, gangguan makan, dan depresi.

Untuk itu sebaiknya harus melakukan perawatan ke ahli gizi dan nutrisi di rumah sakit. Dokter akan membantu untuk mengatasi penyebab kurus.

Perawatan yang tepat akan mengatasi gangguan metabolisme yang bisa membuat ibu bisa hamil.

  1. Atasi penyebab sulit hamil

Tidak semua ibu yang kurus sulit hamil. Jika tubuh kurus akibat pengaruh genetik maka biasanya tetap bisa hamil secara alami. (Baca juga: Penyebab Wanita Sulit Hamil)

Karena itu lakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan kurus. Jika sulit hamil karena pengaruh organ reproduksi yang tidak subur maka harus segera diatasi.

Termasuk juga jika ternyata menderita gangguan hormon. Bahkan bukan hanya pihak ibu saja yang diperiksa, tapi juga pasangan.

Inilah hal – hal yang bisa menjadi tips cepat hamil untuk wanita kurus. Semua tips ini bisa dilakukan sesuai dengan masalah yang dihadapi. Dan sangat penting sekali bagi wanita untuk melakukan perawatan sehingga bisa hamil dengan cepat.

Sumber:

This div height required for enabling the sticky sidebar