Tanda-Tanda Kehamilan 1 Bulan

Kehamilan bisa diketahui dari berbagai cara. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan tes urine. Namun, tidak jarang kehamilan bisa dikenali dari tanda-tandanya.

Tanda-tanda kehamilan ini akan semakin tampak seiring bertambahnya usia kehamilan. Saat kehamilan memasuki usia 1 bulan, misalnya, banyak tanda yang tampak meski perut belum membesar.

Umumnya, usia kehamilan dihitung sejak hari pertama Anda menstruasi terakhir hingga hari Anda seharusnya menstruasi kembali. Di antara masa-masa tersebut, ovulasi (pelepasan telur) terjadi.

Waktu ovulasi pada setiap wanita tidak sama. Wanita dengan siklus menstruasi 28 hari umumnya mengalami ovulasi di hari ke-14. Jika siklus 29 hari maka ovulasi di hari ke-15, siklus 30 hari ovulasi di hari ke-16 dan seterusnya.

tanda hamil 1 bulan

tanda hamil 1 bulan

Apabila telur tersebut dibuahi oleh sperma dan menjadi embrio, maka embrio ini akan bergerak sepanjang tuba falopi selama 10-14 hari berikutnya sebelum menempel pada dinding rahim (implantasi).

Jika embrio berhasil implantasi, maka hormon progesteron akan mencegah terjadinya ovulasi dan mempertahankan kehamilan.

Di antara ciri orang hamil 1 bulan yaitu munculnya darah implantasi dan menstruasi terlambat datang dari siklus normal bulan-bulan sebelumnya.

Jika siklus menstruasi Anda biasanya 31 hari, maka Anda belum dapat dikatakan terlambat datang bulan hingga melewati masa 31 hari.

Meskipun Anda sudah bisa melakukan tes urine di hari pertama, tunggulah sebentar lagi dan lakukan pada hari ke 5-10 sejak Anda terlambat haid karena kadar HCG sudah cukup tinggi untuk terdeteksi test kit.

Di antara tanda-tanda kehamilan 1 bulan adalah ukuran embrio yang hanya sebesar biji kacang hijau (<3 mm) sehingga perubahan tubuh ibu tidak begitu tampak.

Embrio ini memiliki lapisan dalam, tengah, dan luar yang masing-masing akan berkembang menjadi organ. Pemeriksaan USG di usia kehamilan 1 bulan hanya akan menampakkan titik kecil.

Bakal janin yang menempel pada dinding rahim akan terus berkembang. Kehadiran bakal janin memicu perubahan hormon yang berdampak pada tubuh ibu hamil.

Calon ibu akan merasa mual (morning sickness), sering buang air kecil, mengalami kram ringan, dan cepat lelah. Anda juga mulai merasakan pengencangan payudara dengan puting lebih mencuat dan areola lebih gelap.

Saat tanda-tanda kehamilan 1 bulan di atas sudah Anda rasakan, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan dan lingkungan. Anda perlu mengonsumsi suplemen atau makanan kaya asam folat seperti jeruk dan kalsium.

Hindari mengonsumsi kafein dan menghisap rokok agar janin Anda tumbuh dengan baik.