Tanda-Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan dan Persiapan Persalinan

Memasuki bulan kesembilan berarti Anda telah memasuki fase akhir kehamilan, fase ini berada dalam masa trimester ketiga. Tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan akan dirasakan di masa ini.

Salah satu tanda yang pasti muncul di bulan ke sembilan adalah produksi hormon HCG yang mencapai puncaknya. Produksi besar-besaran hormon HCG membuat wanita hamil mengalami perubahan yang besar pada tubuhnya.

Perubahan yang paling sering dialami oleh wanita hamil pada trimester ketiga adalah kulit wajah menjadi lebih halus dan lebih kencang, meskipun wanita tersebut jarang melakukan perawatan kulit.

Selain itu, produksi cairan vagina bertambah dan sering berubah-ubah volumenya. Rambut wanita hamil trimester ketiga juga terlihat lebih kering, sementara payudaranya jadi lebih kencang.

Beberapa hal negatif yang dikeluhkan wanita hamil di minggu-minggu terakhir adalah munculnya jerawat di wajah, meskipun tidak pernah memiliki jerawat di sejarah kesehatannya.

Bebeapa wanita lain mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu, payudara juga akan terasa nyeri saat ditekan, hal ini disebabkan karena payudara yang mengencang sebagai persiapan untuk menyusui.

Suami perlu mempersiapkan diri saat istri berada di minggu-minggu terakhir kehamilan. Persiapan yang penting yaitu fisik, mental dan tentu saja biaya.

Para suami juga tidak perlu panik apabila istri berubah atau berkelakukan aneh. Sebab itu adalah akibat produksi hormon yang mencapai puncaknya. Perubahan-perubahan tersebut akan kembali normal setelah bayi terlahir.

Baik istri maupun suami, dalam hal ini perlu memahami bagaimana menangani kelahiran agar bayi bisa lahir dengan selamat dan tentu saja sehat.

Setiap Ibu hamil wajib memeriksakan diri ke posyandu, konsultasi dengan bidan atau dokter, mengikuti senam ibu hamil, dan pelatihan menyusui bayi sebaiknya diikuti oleh wanita hamil pada trimester ketiga.

Proses Persiapan Persalinan

Tanda seminggu sebelum melahirkan

Tanda seminggu sebelum melahirkan

Dalam menjalani trimester ketiga, bukan hanya bayi Anda saja yang mengalami perkembangan, tapi juga tubuh Anda sendiri. Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan dalam menyambut kedatangan sang buah hati, diantaranya adalah:

  1. Persiapkan diri untuk berbagai tes

Semakin dekat hari kelahiran bayi Anda maka akan semakin banyak pula tes yang akan Anda jalani. Berbagai tes pemeriksaan fisik dan diskusi tentang proses melahirkan akan Anda jalani.

Biasanyaa dokter atau bidan akan memberitahukan informasi mengenai cara mengejan saat persalinan normal, cara mengatasi tegang menjelang persalinan hingga cara mengatasi nyeri pasca persalinan.

Semua itu bisa Anda tanyakan langsung pada dokter jika ia tidak memberitahukan sebelumnya pada Anda.



  1. Waspada pada tanda kehamilan yang tidak biasa

Banyak tanda persalinan yang akan muncul pada akhir trimester ini, tapi jika gejala tersebut terasa aneh dan muncul pada hari yang masih jauh dari HPL, maka sebaiknya Anda waspada.

Yang paling sering ditemukan adalah kasus preeclampsia. Preeclampsia adalah suatu kondisi dimana plasenta tidka bekerja dengan baik sehingga mengganggu pertumbuhan si janin.

Bahkan komplikasi yang ditimbulkan dapat menyebabkan si ibu meninggal. Preeclampsia biasanya ditandai dengan kaki yang membengkak, sakit kepala parah, dan penglihatan yang kabur.

  1. Perbanyak nutrisi

Semakin besar dan pesat perkembangan bayi Anda, maka semakin wajib pula Anda menyuplai asupan nutrisi yang diperlukan bayi Anda.

Perbanyak makanan yang mengandung serat, zat besi, kalsium, dan asam folat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan si bayi.

Kekurangan asupan nutrisi bukan hanya mengganggu perkembangan bayi, tapi juga membuat tubuh Anda semakin lemah karena bayi dalam rahim memaksa menyedot nutrisi yang tidak ia dapatkan dari tubuh Anda. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan Anda di masa tua nanti.

  1. Kemasi tas

Persiapkan tas untuk ke rumah sakit setidaknya 2 minggu sebelum HPL karena perkiraan HPL bekum tentu tepat. Siapkan pakaian bayi Anda, pakaian Anda dan juga suami.

Pilihlah kemeja agar Anda lebih mudah berganti baju karena tangan Anda nantinya akan terpasang infus.

Pastikan Anda mengetahui perlengkapan bayi apa yang disediakan rumah sakit ketika bayi Anda lahir sehingga Anda tidak perlu membawa perlengkapan yang tidak digunakan nantinya.

  1. Persiapan menyusui

Biasanya ASI akan keluar dengan sendirinya pada usia kehamilan 7 bulan. Anda bisa mulai mempelajari cara dan posisi menyusui yang benar. Cari tahu pula makanan yang bisa membuat jumlah ASI menjadi lebih banyak.

  1. Perawatan bayi

Pelajari cara merawat bayi sejak sekarang agar Anda tidak terlalu gagap nantinya. Biasanya rumah sakit tempat Anda melahirkan juga menghadirkan kelas perawatan bayi lahir yang bisa Anda ikuti.

Disitu Anda akan diajarkan cara menyusui, cara memandikan bayi, hingga cara menenangkan bayi yang menangis. Jika Anda kesulitan mendapatkan fasilitas ini, Anda juga bisa mempelajarinya dari internet.

Anda cukup mengetik cara perawatan bayi baru lahir pada kotak searching, kemudian akan muncul banyak hasil penelusuran yang bisa Anda pelajari.

Minta juga pendapat dari orang tua ataupun orang sekitar Anda yang lebih memahami tentang perawatan bayi.

  1. Sering berlatih peregangan

Dengan semakin dekatnya hari persalinan, tentunya Anda juga akan semakin tegang. Lakukan peregangan ringan untuk merilekskan tubuh Anda.

Latihan peregangan ini juga sekaligus untuk mempersiapkan tubuh Anda menyambut persalinan. Latihan ini mampu menghilangkan rasa kram pada kaki dan bagian tubuh lainnya.

Demikianlah artikel mengenai tanda-tanda yang muncul seminggu sebelum kelahiran pada trimester ketiga. Kebahagiaan yang Anda dan keluarga rasakan tentunya akan semakin bertambah dengan kedatangan si buah hati.

Selalu bahagia dan jaga kesehatan diri Anda agar bayi Anda dapat lahir dengan sehat dan selamat nantinya. Selamat menjadi ibu, semuanya.

Leave a Reply