Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Tanda-Tanda Kehamilan / 14 Tanda-Tanda Hamil Muda Pada Perut

14 Tanda-Tanda Hamil Muda Pada Perut

/
/
12 Views

Setiap wanita yang hamil muda memiliki tanda-tanda khas pada tubuhnya. Di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan mengulas beberapa tanda kehamilan muda pada perut yang dirasakan calon Ibu.

Kehamilan pastinya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua pasangan, baik yang baru menikah atau sudah lama menikah.

Saat sudah terjadi kehamilan, maka ibu biasanya mengalami beberapa ciri kehamilan, seperti terlambat menstruasi dan morning sickness. Ini semua terjadi karena adanya peningkatkan hormon kehamilan yang sangat cepat.

Meskipun saat kehamilan trimester pertama, belum terlihat bentuk perut yang membesar, tetapi semua ibu hamil awalnya akan mengalami hal yang tidak nyaman pada perutnya

Tanda hamil muda pada perut wanita
Tanda hamil muda pada perut wanita

Berikut ini adalah informasi tentang tanda tanda hamil muda pada perut.

  1. Sakit Perut Ringan

Saat ibu baru hamil sangat awal maka ibu akan merasa sakit perut ringan yang menyerang bagian perut bawah. Rasa sakit ini sering digambarkan seperti ketika akan datang menstruasi.

Terkadang beberapa ibu yang menderita penyakit reproduksi seperti kista atau endometriosis maka akan merasa lebih sakit.

Pada saat itu juga bisa disertai dengan keluarnya darah implantasi dan sering dianggap sebagai tanda akan haid namun sebenarnya adalah tanda kehamilan.

Pada tahap ini maka ibu belum bisa melihat perubahan pada perut.

  1. Sakit Seperti Kram Perut

Kram perut juga bisa dialami ketika masih hamil muda atau setelah ibu terlambat menstruasi. Kram perut bisa terjadi karena peningkatan hormon saat sudah terjadi implantasi.

Kram perut ini biasanya juga muncul saat akan haid namun berbeda ketika sudah hamil. Saat kram perut juga bisa jadi pertanda bahwa embrio sudah menempel pada bagian dinding rahim.

Kram ini juga bisa karena tekanan otot dan dinding rahim akibat hormon dan meningkatkan aliran darah pada bagian rahim.

  1. Sembelit dan Nyeri Perut

Meningkatnya hormon kehamilan ternyata juga menyebabkan usus besar ibu hamil bergerak lebih lambat. Inilah yang bisa membuat ibu hamil sulit untuk buang air besar karena sembelit.

Biasanya saat awal kehamilan disertai dengan kram dan nyeri perut maka bisa membuat perut ibu seperti selalu ingin buang air besar.

Untuk mengatasinya maka semua ibu hamil diharapkan sering mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat tinggi sehingga ibu tidak mudah terkena sembelit dan resiko ambeien.

  1. Perut Mual

Mual adalah tanda morning sickness yang sangat jelas. Karena perut ibu selalu merasa mual maka biasanya ibu ingin muntah.

Meskipun ini disebut dengan istilah morning sebenarnya ibu tidak selalu mual pada pagi hari. Ada ibu hamil yang selalu mual sepanjang hari dan ada juga yang hanya siang atau malam hari.

Jika ibu juga menderita maag atau gangguan asam lambung maka biasanya mual akan lebih berat.

  1. Perut Kembung

Perut kembung bisa jadi tanda hamil yang masih sangat muda. Perut kembung sebenarnya disebabkan karena banyaknya gas dalam usus dan sistem pencernaan lain.

Ini sebenarnya karena hamil menyebabkan hormon meningkat dengan cepat dimana bisa memicu otot rahim dan perut menjadi lebih tegang.

Kemudian akhirnya membentuk banyak gas dan perut kembung. Untuk mengatasinya maka ibu harus cukup cairan dan jangan sampai terkena dehidrasi.

  1. Kantung Kemih Terasa Penuh

Perut bawah ibu hamil muda memang biasanya akan terasa seperti penuh. Ini tidak hanya karena terbentuknya gas tapi juga karena kantung kemih yang lebih cepat terisi.

Kondisi ini bisa membuat ibu merasa ingin buang air kecil terus menerus. Pola ini terbentuk karena hormon kehamilan membuat aliran darah dalam rahim menjadi lebih cepat dan efeknya akan membuat ginjal bekerja lebih cepat.

Air seni yang menumpuk pada kantung kemih juga lebih banyak. Efek ini akan lebih berat seiring meningkatkan usia kehamilan.

  1. Sakit Perut Seperti Ditusuk

Terkadang ibu hamil juga bisa merasa sakit perut pada beberapa sisi perut dengan rasa sakit yang lebih kuat. Banyak ibu yang mengatakan jika rasanya seperti tertusuk.

Hal ini sebenarnya adalah karena tekanan pada ligament perut ibu ketika perkembangan pada rahim terus terjadi akibat adanya janin. Namun sebenarnya tanda ini hanya dialami oleh beberapa ibu hamil saja.

Sakit perut adalah tanda hamil muda
Sakit perut seperti ditusuk tusuk adalah tanda hamil muda
  1. Sakit Perut Sepanjang Hari

Beberapa ibu hamil juga bisa merasakan sakit perut sepanjang hari. Rasa sakit perut ini sering dikatakan sebagai sakit perut yang menyiksa, karena akan terasa seperti tertusuk dan terjadi terus menerus.

Jika ibu berdiri maka rasa sakit akan bertambah kuat, jika tidur maka juga tidak nyaman. Ini bisa jadi salah satu tanda komplikasi kehamilan seperti kehamilan ektopik.

Jika ibu merasakan tanda ini maka segera hubungi dokter kandungan Anda.

  1. Perut Terasa Penuh Setelah Makan

Masalah pada perut lain yang sering menjadi tanda kehamilan adalah saat setelah makan,maka ibu bisa merasakan perut yang sangat penuh.

Tanda ini tidak selalu muncul sehingga terkadang juga bisa menjadi masalah bahwa perut ibu tidak bisa menerima makanan tertentu.

Seperti misalnya tiba-tiba ibu merasa perut sangat penuh setelah makan kacang. Maka ini bisa menjadi reaksi sensitif karena kehamilan mungkin menyebabkan alergi tertentu.

  1. Sakit Perut Setelah Berhubungan Intim

Jika awalnya ibu belum tahu kalau hamil maka banyak ibu yang tetap melakukan hubungan intim seperti biasanya.

Namun saat sudah terjadi kehamilan maka bisa membuat ibu merasa sakit perut setelah berhubungan intim.

Sebenarnya ini hal yang sangat wajar dan janin dalam kandungan tetap aman karena dilindungi oleh kantung janin.

Sakit perut ini juga bisa terjadi karena kehamilan membuat aliran darah pada panggul menjadi lebih banyak dari biasanya.

  1. Bisa Diare

Terkadang ada beberapa ibu hamil yang mengalami awal tanda kehamilan dengan diare. Kondisi ini bisa terjadi karena hormon kehamilan memainkan peran dalam kerja usus.

Hormon kehamilan yang sangat tinggi membuat proses metabolisme menjadi lebih cepat dari biasanya. Kemudian juga memicu banyaknya cairan dalam usus sehingga membuat ibu terkena diare.

  1. Sakit Perut Sampai Sesak Nafas

Sakit perut pada ibu hamil muda seringkali juga bisa menyebabkan ibu mengalami sesak nafas.

Sesak nafas ini sebenarnya karena perkembangan janin dalam rahim membuat ibu membutuhkan oksigen yang lebih banyak.

Kondisi ini juga bisa dipicu oleh tekanan pada bagian tulang rusuk yang bisa membuat ibu merasa tidak nyaman saat duduk atau berdiri.

  1. Perih dan Muntah

Hormon kehamilan memang salah satu faktor yang bisa disalahkan dari semua perubahan pada perut ibu hamil.

Beberapa ibu bisa merasa selalu muntah setelah makan sehingga menyebabkan perut menjadi sangat perih.

Kondisi ini yang membuat ibu terkadang kurang nutrisi sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

  1. Ukuran Perut

Saat baru masuk kehamilan muda maka sebenarnya ukuran perut tidak berubah secara jelas. Perubahan ukuran perut biasanya akan terdeteksi saat kehamilan sudah masuk ke trimester kedua.

Sehingga sejak awal kehamilan sampai masuk ke trimester kedua maka hanya ada sedikit perubahan pada perut bawah yang kemudian terlihat lebih besar karena ukuran pantat, paha dan lingkar pinggang ibu juga membesar.

Jadi itulah semua tanda tanda hamil muda pada perut. Karena beberapa tanda pada perut ini juga terkadang tidak muncul atau setiap ibu hamil bisa mengalami kondisi yang berbeda, maka disarankan ibu tetap melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan terdekat.

This div height required for enabling the sticky sidebar