Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar

/
/
4 Views

Posisi tidur yang benar pada Ibu hamil adalah posisi yang menimbulkan rasa nyaman saat tidur dan saat bangun nanti.

Kehamilan memang sering kali menimbulkan beberapa kesulitan, terutama dalam hal bergerak dan tidur. Perut yang besar membuat seorang wanita hamil jadi lebih sulit bergerak dengan leluasa dan harus penuh kehati-hatian.

Begitu pula dengan masalah tidurnya, wanita hamil harus betul-betul memperhatikan posisi tidur yang benar dan nyaman, baik bagi dirinya sendiri maupun bayi di dalam perutnya.

Posisi tidur Ibu hamil yang benar
Posisi tidur Ibu hamil yang benar

Untuk lebih memahamiya, berikut kami sampaikan beberapa posisi tidur yang benar dan tips posisi tidur bagi ibu hamil:

  1. Jangan telentang

Bagi ibu hamil, terutama yang telah memasuki usia kehamilan tua dan perut semakin membesar, sangat tidak disarankan untuk tidur dalam posisi telentang.

Hal ini disebabkan posisi tidur telentang akan menyebabkan ibu hamil bahkan janinnya menjadi kesulitan bernafas.

Tekanan pada pembuluh darah besar, aorta dan vena cava inferior, menyebabkan aliran suplai oksigen pada janin terhambat dan rasa sesak pada ibu hamil.

  1. Tidur ke arah samping kiri

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar ibu hamil tidur menyamping dalam posisi ke arah kiri.

Posisi menyamping ke arah kirin membuat tekanan pada hati di sebelah kanan tidak terlalu besar karena posisi lambung yang nyaman di sebelah kiri.

Posisi menyamping ke arah kiri juga membuat organ tubuh lain berada dalam posisi aman dan mendapatkan aliran oksigen dan darah yang lancar, baik itu jantung, rahim, ginjal, dan organ vital lainnya.

Aliran darah yang lancar pada ginjal dapat mengurangi pembengkakan kaki dan tangan yang sering dialami oleh ibu hamil dan dapat menjadi gangguan kehamilan.

Hal ini dikarenakan aliran darah pada ginjal lancar sehingga ginjal dapat bekerja secara optimal dalam membuang zat-zat racun di dalam tubuh.

  1. Gunakan banyak bantal

Posisi tidur seorang ibu hamil memang serba salah, apalagi jika bayi di dalam perut sudah sangat aktif di malam hari, berbagai posisi tidur pun berusaha dicari untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Salah satu trik untuk mengatasi posisi tidur yang sering tidak nyaman ini adalah dengan menggunakan beberapa bantal. Bantal dapat mengurangi rasa tidak nyaman ketika tidur.

Misalnya jika seorang ibu hamil merasa sesak nafas, maka letakkan bantal di samping tubuh untuk menaikkan posisi dada.

Jika ibu hamil merasakan nyeri pada bagian ulu hati, maka buat posisi tubuh bagian atas menajdi lebih tinggi dibandingkan tubuh bagian bawah dengan meletakkan bantal di kepala dan punggung.

Bahkan jika ibu hamil merasa asam lambungnya naik, maka ibu bisa saja tidur dengan posisi setengah duduk. Letakkan pula bantal di sebelah kiri bagian tubuh dan diantara kedua lutut dan tungkai.

Apapun posisi tidur yang dipilih oleh ibu hamil, yang terpenting adalah kenyamanan dalam tidurnya. Ada juga beberapa bantal khusus kehamilan yang bisa digunakan untuk membuat posisi tidur semakin nyaman.

  1. Tidur dalam jadwal yang teratur

Seorang ibu hamil memerlukan jam tidur yang cukup agar tubuhnya tidak mudah lelah. Seorang ibu hamil akan membutuhkan banyak energi dalam beraktivitas sambil membawa bayi di dalam perutnya.

Maka dari itu, jam tidur yang cukup dengan jadwal tidur yang tepat akan sangat membantu. Tidurlah paling tidak 6-8 jam dalam sehari untuk mendapatkan tubuh yang fit ketika beraktivitas.

Baca juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

  1. Hindari menonton televisi saat tidur

Tidur yang nyenyak dan nyaman bagi seorang ibu hamil adalah dengan suasana yang tenang. Suasana yang tenang tentunya tidak akan ada jika ibu hamil justru pergi tidur sambil menonton televisi.

Beberapa orang menganggap bahwa televisi mampu membuat tidur menjadi nyenyak, padahal sebenarnya tidur justru akan terganggu ketika ada beberapa suara.

Hal ini dikarenakan saraf pendengaran dan otak manusia tidak ikut tertidur ketika manusia tidur sehingga ketika ibu hamil tidur dengan menyalakan televisi atau ada gangguan suara lainnya, maka saraf pendengaran akan merespon dan menyampaikan ke otak.

Maka dari itu, jika ingin mendapatkan kualitas tidur yang maksimal, tidurlah dalam kondisi yang tenang dan kondusif.

  1. Tidur di atas kasur yang empuk

Tubuh ibu hamil yang seharian penuh beraktivitas sambil membawa beban bayi di dalam perutnya tentu akan membuat badan menjadi cepat lelah.

Untuk membuat badan menjadi lebih nyaman ketika tidur, maka gunakan tempat tidur yang empuk. Pilih kasur yang tidak terlalu keras namun tidak terlalu empuk pula.

Kenyamanan kasur yang digunakan sangat berpengaruh pada posisi tulang belakang ketika tidur.

Posisi tulang belakang terutama pada ibu hamil tentunya akan sangat berpengaruh pada kualitas tidur yang baik. Begitu pula dengan bantal yang digunakan untuk menopang kepala.

  1. Gunakan baju yang longgar

Bukan hanya pada saat kondisi tidak hamil saja disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar saat tidur, bahkan ketika hamil pun sangat dianjurkan untuk tidur dengan pakaian yang longgar.

Pakaian yang longgar akan memudahkan ibu hamil untuk bernafas ketika tidur, begitu pula dengan bayi yang ada di dalam perut.

Bahkan jika bra yang digunakan terasa cukup menyesakkan, sebaiknya tidak digunakan ketika tidur di malam hari untuk mendapatkan kenyamanan dalam bernafas.

Pastikan juga bahan pakaian yang digunakan tidak panas di badan sehingga tidur jadi lebih nyaman.

  1. Jangan tidur dalam keadaan lapar terus

Tidur membuat tubuh membutuhkan energi selama 8 jam tanpa diberikan asupan energi. Hal ini menunjukkan bahwa seharusnya kita tidak pergi tidur dalam kondisi lapar, terutama bagi ibu hamil yang memang lebih sering merasakan lapar.

Makanlah pada malam hari sebelum tidur agar tidak terbangun di tengah malam untuk mengganjal perut yang kelaparan.

Kebiasaan makan di tengah malam justru akan menyebabkan masalah kegemukan bahkan diabetes.

Asupan nutrisi ibu hamil memang sangat penting dan jauh lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil, namun usahakan untuk tidak makan makanan berat sebelum tidur.

Jika terlalu kenyang sebelum tidur justru akan menyebabkan ibu hamil jadi sulit tidur, bahkan jika langsung tidur akan menyebabkan naiknya asam lambung.

Ibu hamil bisa mengganti makanan berat dengan buah atau roti gandum yang lebih ringan tapi cukup mengenyangkan.

Itulah posisi tidur ibu hamil yang benar dan tips sebelum tidur pada ibu hamil. Posisi tidur yang salah pada ibu hamil dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah, mulai dari nyeri punggung, sakit kepala, pembengkakan kaki, dengkuran saat tidur, hingga masalah tekanan darah yang terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah.

Mulailah untuk tidak menyepelekan posisi tidur terutama ketika hamil karena akan berdampak langsung pada kesehatan.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

This div height required for enabling the sticky sidebar