Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Posisi Tidur Yang Baik Saat Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

Posisi Tidur Yang Baik Saat Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

/
/
9 Views

Ibu hamil memang menghadapi berbagai dilema demi bisa menjaga kehamilan sampai benar-benar siap melahirkan. Saat tubuh ibu berubah dan menjadi tidak nyaman maka ibu juga menjadi sulit tidur dengan nyenyak.

Beberapa Ibu hamil mengalami kesulitan tidur yang lebih parah dibanding Ibu yang lain. Kondisi ini bisa terjadi mulai dari trimester pertama sampai trimester ketiga.

Ada banyak alasan yang membuat ibu tidak bisa tidur dengan nyenyak, seperti karena perkembangan janin, perut yang membesar, nyeri punggung, sakit pinggang, morning sickness, mual, sesak nafas dan insomnia karena hormon.

Tapi ibu tetap harus cukup tidur untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil paling tidak harus tidur selama 7 sampai 9 jam setiap hari.

Jika ibu hamil kurang tidur maka sangat berbahaya. Agar ibu bisa tidur dengan nyenyak maka pertimbangan posisi saat tidur juga harus dipikirkan.

Berikut ini adalah informasi tentang posisi tidur yang baik saat hamil berdasarkan trimester kehamilan.

Posisi Tidur yang Benar Saat Trimester Satu

Saat baru trimester satu maka sebenarnya tubuh ibu belum banyak berubah, namun berbagai ciri kehamilan sudah semakin jelas terasa.

Contohnya adalah meningkatnya hormon kehamilan, morning sickness, mual parah, sering muntah, terus ingin buang air kecil dan gangguan insomnia karena cemas akan menyebabkan ibu sulit untuk tidur dengan nyenyak.

Perkembangan janin dalam rahim juga sering memicu kram perut sehingga ibu sangat khawatir. Lalu bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu, seperti inilah posisi yang disarankan.

  • Tidur miring kiri

Jika ibu baru saja hamil dan masuk trimester pertama maka cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Posisi ini sangat baik untuk menjaga perkembangan janin karena pembuluh dari bagian vena pada jantung akan beredar ke semua bagian tubuh ibu sehingga janin mendapatkan oksigen dan nutrisi yang tepat.

Tidur dengan posisi ini juga bisa membuat janin cukup oksigen sehingga menghindari resiko keguguran di awal kehamilan.

  • Miring kiri seperti huruf S

Jika ibu merasa lelah dengan tidur pada sisi kiri dengan posisi yang biasa maka cobalah dengan posisi berbentuk huruf S.

Posisi ini akan membantu kaki dan bagian sisi kiri ibu menjadi nyaman. Jika ibu banyak bekerja di siang hari maka posisi ini akan mengurangi rasa lelah sehingga ibu bisa tidur dengan nyenyak.

Untuk menopang tubuh maka cobalah menggunakan bantal khusus sehingga ibu bisa santai saat tidur.

  • Ganjal kaki dan tangan dengan bantal

Banyak ibu hamil yang takut untuk tidur dengan nyaman saat trimester satu karena cemas tidur akan membuat muntah dan mual.

Untuk mencegah dua masalah ini maka ibu bisa mencoba tidur dengan mengganjal kaki serta tangan menggunakan bantal yang lembut dan nyaman.

Posisi ini akan melindungi agar bagian punggung dan area perut menjadi nyaman sehingga tidak akan terpicu untuk mual dan muntah.

Posisi tidur yang baik berdasarkan trimester kehamilan
Posisi tidur berdasarkan trimester kehamilan

Posisi Tidur yang Baik Saat Trimester Kedua

Biasanya saat ibu sudah masuk ke trimester kedua maka ibu akan merasa lebih nyaman. Perkembangan janin dalam kandungan ibu sudah membuat perut lebih besar.

Tapi ini fase yang aman karena ibu tidak akan lagi mengalami morning sickness. Tubuh ibu sudah bisa menyesuaikan dengan perubahan hormon kehamilan sehingga beberapa keluhan tidak terjadi lagi.

Namun ibu sering merasa tidak nyaman karena perkembangan janin menekan kantung kemih sehingga saat tidur ibu akan terbangun untuk pergi ke kamar mandi.

Agar ibu bisa tidur lebih nyaman maka lakukan posisi ini:

  • Hindari posisi telentang

Meskipun ibu sudah merasa nyaman dengan trimester kedua maka jangan mencoba untuk tidur dengan posisi telentang.

Posisi ini mungkin dianggap normal untuk ibu hamil tapi ternyata justru bisa berbahaya. Saat telentang maka tubuh ibu tidak akan bisa memiliki peredaran darah yang sempurna.

Dampaknya janin bisa mengalami kekurangan oksigen dan memicu keguguran. Kemudian jika ibu tidur dengan posisi ini maka bisa menyebabkan bagian punggung bawah dan atas ibu terasa sakit.

Jika ibu ingin mencoba tidur dengan posisi yang lebih tegak, maka cobalah untuk tidur sambil bersandar atau setengah duduk.

  • Tetap miring ke kiri

Sama seperti ketika ibu masuk trimester satu maka ibu bisa mencoba untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Posisi yang ibu lakukan ini sangat baik untuk membantu agar janin mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup.

Kemudian posisi ini juga bisa membuat ibu tidak terlalu lelah, bisa bernafas dengan baik, tekanan darah tetap normal dan janin bisa lebih nyaman di dalam rahim.

Jika ibu merasa lelah dengan posisi ini maka cobalah menempatkan bantal yang lebih besar di belakang punggung sehingga tubuh ibu menjadi sangat nyaman.

Posisi Tidur yang Benar Saat Trimester Tiga

Menginjak usia kehamilan trimester ketiga maka ini adalah tahap-tahap yang paling mendebarkan. Janin sudah berkembang lebih banyak sehingga perut ibu akan lebih besar.

Namun ibu merasa sangat cemas dengan proses persalinan sehingga sering terkena insomnia.

Kemudian juga disebabkan karena tubuh sangat lelah dengan kondisi perut yang besar. Untuk mengatasinya maka cobalah posisi tidur dibawah ini.

  • Tidur dengan bantal hamil

Karena usia kandungan yang semakin bertambah dan perut ibu juga menjadi lebih besar maka cobalah untuk tidur dengan menggunakan bantal khusus ibu hamil.

BentukĀ  bantal ini bisa menopang tubuh ibu sehingga ibu tidak akan merasa sakit punggung ketika tidur.

Bagian bantal lengkap dengan area untuk kepala yang bisa diatur dengan nyaman. Kemudian dengan posisi tidur miring juga bisa membuat ibu tidak lelah.

  • Tidur dengan posisi ke kiri

Jika ibu ingin miring maka posisi yang bisa diambil adalah dengan miring ke kiri. Posisi ini sangat baik untuk membantu mengatasi kesemutan saat tidur karena peredaran darah yang tidak sempurna.

Kemudian tempatkan bantal kecil di area kaki dan tangan. Posisi ini memang sangat nyaman sehingga bisa mengatasi kecemasan pada ibu hamil.

Tips Tidur untuk Ibu Hamil

Untuk Ibu hamil yang mengalami sulit tidur atau insomnia, berikut ini beberapa tips cara mengatasi susah tidur:

  1. Cobalah menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar saat tidur. Tidak perduli usia kehamilan ibu maka tetaplah menggunakan pakaian yang longgar. Jenis pakaian seperti daster sangat baik terutama yang menyerap keringat, tidak gatal dan nyaman seperti daster dari kain katun.
  2. Untuk menopang tubuh yang nyaman maka pilihlah kasur pegas yang bisa mengurangi sakit punggung untuk ibu. Jika bosan maka ibu bisa berbaring di sofa atau kursin santai serta jangan lupa menambah bantal untuk kaki, tangan dan punggung.
  3. Atur waktu makan yang tepat sehingga saat malam tidak akan kelaparan. Ibu harus mencoba menghindari makan terlalu malam, jika lapar maka cukup makan buah saja.
  4. Agar tubuh nyaman maka jangan lupa untuk olahraga ringan seperti renang atau jalan kaki. ini bisa membuat peredaran darah lancar sehingga ibu tidak akan terkena anemia.
  5. Saat akan tidur maka terapkan pikiran positif sehingga ibu tidak akan cemas dan khawatir. Cobalah ajak bayi dalam kandungan berbicara sehingga ibu merasa ikatan yang sangat kuat.

Itulah berbagai posisi tidur yang baik saat hamil berdasarkan trimester kehamilan dan juga tipsnya. Setiap ibu hamil bisa mencoba posisi tidur yang disarankan demi mendapatkan kenyamanan dan kualitas tidur yang baik.

This div height required for enabling the sticky sidebar