Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Perkembangan Janin / Perkembangan Janin Minggu Ke-21

Perkembangan Janin Minggu Ke-21

/
/
127 Views

Memasuki minggu ke-21 kehamilan, bayi telah mencapai ukuran sekitar 22, 8 hingga 26 cm dengan berat antara 0,3 hingga 0,4 kg.

Berat dan ukuran janin, kira-kira mirip berat dan panjang sebuah pisang. Minggu ini, janin telah tumbuh dan berkembang menjadi seorang bayi.

Masa kehamilan ini, pada sebagian ibu rasa mual telah usai. Ibu sudah bisa menyesuaikan diri beraktivitas dengan perut yang membesar.

Namun, ibu hamil biasanya mulai merasakan nyeri punggung, terutama punggung bagian bawah. Ini karena rahim terus berkembang, mengangkat pusat gravitasi ibu dan menarik bagian bawah punggungnya ke arah depan.

Ibu bisa berendam dengan air mandi hangat untuk mengatasi nyeri punggung, namun bila tidak juga lenyap, hubungi dokter.

Gambar perkembangan janin minggu ke-21
Gambar perkembangan janin minggu ke-21

Sementara itu, bayi mengalami perkembangan yang cukup pesat di minggu ke-21 kehamilan.

Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut :

  1. Rupa bayi dalam rahim, kini telah menyerupai bayi yang siap untuk dilahirkan, namun dalam ukuran yang begitu kecil.
  2. Degup jantung bayi kini semakin keras, dan sudah bisa terdengar melalui stetoskop sederhana. Degup jantung bayi, sekitar 120 – 160 kali permenit atau sekitar dua kali lebih cepat dari ibunya.
  3. Otak dan otot bayi sedang melakukan sinkronisasi. Bila ibu berbaring dan bayi tidak menyukainya, ia akan bergerak mencari posisi yang nyaman.
  4. Pada bayi perempuan, vagina telah terbentuk dan akan terus berkembang hingga masa kelahirannya. Sedangkan pada bayi laki-laki, pada minggu-minggu mendatang testisnya akan mulai turun dari bagian panggul ke dalam skrotum.
  5. Iris atau bagian dalam bola mata bayi pada usia ini masih membutuhkan lebih banyak pigmen.
  6. Bayi dalam rahim mendapatkan suplai oksigen melalui plasenta. Paru-parunya, belum berfungsi sempurna, akan tetapi ia sedang berlatih untuk bernafas guna mempersiapkan diri hidup di luar rahim.
  7. Kini, bayi sudah mulai mendapatkan energi dan nutrisi lebih melalui air ketuban yang ditelannya. Meskipun nutrisi utama masih disokong dari plasenta yang terhubung lewat tali pusar.
  8. Meski semakin membesar, bayi masih memiliki ruang yang cukup untuk bergerak bebas di dalam rahim, bahkan berjungkir balik sekalipun.
  9. Bayi telah mulai tidur dan terbangun dalam siklus yang tidak jelas.
  10. Otak janin yang sedang dalam masa perkembangan, sangat membutuhkan asam lemak omega 3 untuk terus tumbuh. Oleh karena itu, ibu disarankan membantu suplai omega melalui makanan seperti ikan, atau sumber omega 3 lainnya.

Jika anda sedang hamil 21 minggu, itu berarti anda berada di bulan kelima kehamilan pada trimester kedua.

Ibu hamil 21 minggu mungkin mengalami stres, jadi luangkan waktu untuk bersantai, cukup tidur dan sesuaikan rutinitas dengan jadwal Anda.

Tingkat stres yang tinggi dan kecemasan yang kronis memiliki efek buruk pada kehamilan seperti menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Jangan terlalu khawatir tentang hal-hal sepele seperti bentuk tubuh yang semakin besar. Demikian perkembangan janin di minggu ke-21 kehamilan.