Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Perkembangan Janin / Perkembangan Janin Minggu Ke-20

Perkembangan Janin Minggu Ke-20

/
/
85 Views

Minggu ke-20 kehamilan, janin semakin cerdas, sebab otak yang mengontrol inderanya semakin berkembang pesat.

Janin usia 20 minggu berada di bulan kelima kehamilan dan termasuk dalam trimester kedua. Di trimester kedua kehamilan, umumnya janin berkembang lebih pesat dibanding trimester pertama.

Panjang tubuh janin 20 minggu seperti buah pisang yakni mencapai ukuran sekitar 16 cm, dengan berat sekitar 0,2 sampai 0,3 kg. Janin mungkin memiliki alis tipis dan sedikit rambut di kepalanya.

Pada pekan ini, biasanya dilakukan pemeriksaan dengan USG, yang biasa disebut dengan scan anomali. Ini dilakukan untuk memastikan apakah si kecil berkembang dengan normal dan mencari tahu posisi plasentanya.

Dari hasil pemeriksaan, dokter atau petugas sonografer akan memberitahu ibu perkembangan janinnya secara detail, seperti detak jantung janin, anggota tubuhnya dan sebagainya. Termasuk bila janin memiliki kelainan, juga akan diberitahukan.

Tak hanya minggu ini, pemeriksaan selama kehamilan, disarankan untuk memantau perkembangan janin setiap bulannya.

Selain untuk memantau kondisi si ibu, juga untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan janin, sekaligus untuk menjaga kesehatan janin.

Gambar janin usia minggu ke-20 dalam kandungan
Gambar janin minggu ke-20 dalam kandungan

Beberapa hal yang berkaitan dengan perkembangan janin minggu 20 minggu adalah:

  1. Tubuh janin minggu ini tertutup sempurna oleh cairan verniks kaseosa— cairan berminyak, yang melindunginya dari air ketuban.
  2. Pada bagian kepala, tulang bagian dalam telinga sepenuhnya terbentuk, dan hidungpun mulai terbentuk.
  3. Tulang rusuk janin mulai terbentuk, namun belum terlalu sempurna.
  4. Tengkoraknya semakin kokoh dan solid.
  5. Pergerakan si janin semakin aktif yang akan membuat perut ibu bergerak-gerak dan terasa geli.
  6. Kulit janin semakin menebal sehingga transparansinya juga semakin berkurang.
  7. Sementara itu, sumsum tulang belakang janin mulai memproduksi sel darah.
  8. Janin sudah bisa mencerna gula yang berasal dari cairan amniotik
  9. Tubuh janin akan menyerap lebih banyak air dalam cairan ketubannya, dan memasukkannya ke dalam usus besar.
  10. Di dalam usus janin, ada cairan lengket yang berasal dari sistem pencernaan disebut mekonium yang terakumulasi. Cairan ini nantinya akan muncul sebagai buang air besar pertamanya ketika si janin lahir.
  11. Janin akan semakin membutuhkan zat besi untuk pembuatan sel darah merah. Oleh sebab itu, ibu harus memastikan dirinya mendapatkan asupan makanan bergizi yang cukup, termasuk zat besi. Beberapa jenins makanan yang merupakan penyumbang zat besi yang banyak dalam tubuh adalah, daging merah tanpa lemak, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, bayam dan juga oat yang dipercaya memiliki kandungan zat besi yang begitu tinggi.

Meskipun alat kelamin eksternal pada janin pria dan wanita masih mungkin untuk tumbuh, Anda akan dapat mengetahui jenis kelamin bayi Anda melalui ultrasound trimester kedua, biasanya ini dijadwalkan kapan saja diantara minggu ke 18 sampai ke 20 kehamilan.

Jika janin Anda adalah perempuan, maka rahimnya sepenuhnya terbentuk di minggu ini dan saluran vagina mulai berkembang.

Janin perempuan memiliki telur primitif di indung telur kecil sekarang, jumlahnya sekitar tujuh juta. Saat lahir, jumlah itu akan menjadi dua juta.

Jika janin Anda berjenis kelamin laki-laki, testikel telah mulai muncul minggu ini, meskipun mereka masih berada di perut menunggu skrotum selesai tumbuh.

Tak hanya janin, pada minggu ini ibu juga mengalami perkembangan fisik yang signifikan.

Minggu ke-20 kehamilan adalah separuh jalan dari kehamilan. Di saat ini ukuran perut semakin besar dan nampak jelas oleh orang-orang di sekitar.

Ibu hamil 20 minggu kemungkinan sering mengalami mimpi-mimpi yang aneh, menakutkan, dan mengganggu. Hal tersebut normal dialami selama kehamilan. Mimpi-mimpi ini mungkin didorong oleh kecemasan yang dimiliki tentang apa saja termasuk pekerjaan.