Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Perkembangan Janin / Perkembangan Janin Minggu Ke-19

Perkembangan Janin Minggu Ke-19

/
/
111 Views

Masuk minggu ke-19, berarti kandungan sudah berada di bulan kelima kehamilan. Di minggu ini, ukuran janin semakin bertambah besar yang disebabkan karena rangka tubuhnya juga bertambah.

Periode minggu ke 19 kehamilan janin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ukuran janin juga jauh lebis besar dibanding minggu ke-18 yang telah lewat.

Ukuran janin 19 minggu sebesar buah mangga dan kakinya sekarang lebih panjang dari lengannya. Janin memiliki panjang kira-kira 20 cm dengan berat sekitar 240 gram.

Jika ini adalah kehamilan yang kedua atau ketiga, Ibu hamil mungkin sudah merasakan beberapa gerakan janin di dalam kandungan. Ibu yang baru pertama kali masih belum merasakan apa pun sampai beberapa minggu ke depan.

Gambar janin minggu ke-19
Gambar janin minggu ke-19

Apa saja perkembangan janin di minggu ke-19 ini?

  1. Ginjal janin sudah bekerja dengan baik, ginjal memproduksi urin yang menambah volume air ketuban beberapa persen. Saat melakukan USG pada minggu ini, maka ginjal janin akan terlihat
  2. Tulangnya semakin mengeras dari minggu ke minggu. Ini menunjukkan bahwa janin sudah bisa mengolah kalsium dan memakainya untuk pertumbuhan tulang.
  3. Kulit janin tembus cahaya sehingga pembuluh darahnya jelas terlihat.
  4. Menginjak pekan ke-19, janin sudah mampu melakukan gerakan spontan-spontan. Biasanya gerakan itu dipengaruhi dari apa yang didengarnya.
  5. Indera pengecapnya janin, kini sudah berkembang lebih sempurna. Janin sudah bisa merasakan rasa manis cairan amniotik dalam rahim. Sejak dalam kandungan, sebenarnya janin sudah menyukai rasa manis karena memberinya rasa nyaman dan tenang.
  6. Pendengarannya semakin peka terhadap suara-suara, bahkan suara yang terlalu rendah atau tinggi untuk didengar oleh manusia dewasa sekalipun.
  7. Tubuhnya masih terlalu dini untuk diselimuti lemak. Meski begitu minggu ini, akan diproduksi zat khusus berwarna cokelat yang dikenal sebagai lemak cokelat. Zat ini penting bagi janin dan melindungi organ penting dari suhu ekstrem ketika dilahirkan
  8. Minggu ini, tubuh janin akan diselimuti verniks kaseosa, zat berwarna putih berminyak, semacam lapisan lilin, yang menutup hampir seluruh permukaan kulit janin. Lapisan ini berfungsi melindungi kulitnya dari luka. Jika janin terlahir awal, mungkin verniks kaseosa masih terlihat.
  9. Rambut janin, telah lebih banyak di kepalanya. Terkadang ada bayi yang lahir tanpa rambut dan bertahan beberapa bulan setelah kelahiran, namun ada juga yang lahir dengan rambut yang sangat lebat. Ini semua dipengaruhi oleh gen yang berbeda untuk tiap bayi.
  10. Janin, akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Ini waktu untuk berkembang, sehingga janin menyimpan energi untuk tumbuh sempurna. Namun, terkadang beberapa waktu janini terasa aktif serta punya siklus bergerak ke sana ke mari.
  11. Perkembangan sensoris janin mencapai puncaknya minggu ini. Sel-sel sarafnya untuk setiap indera : perasa, penghirup, pendengaran, penglihatan, dan peraba, kini muncul di area-area khusus dalam otak.
  12. Pada minggu ke-19, jantung sudah memompa sekitar 25 liter setiap harinya, ditandai dengan detak jantungnya yang sudah mulai terdengar.

Ibu hamil mungkin merasakan tubuh tidak seimbang saat berjalan. Jangan khawatir ini terjadi karena pusat gravitasi tubuh anda berubah seiring dengan perut anda yang semakin membesar.

Tanpa sadar Ibu hamil akan menyesuaikan keadaan ini dengan mengubah gaya berjalan dan postur tubuh untuk mengimbangi perut yang semakin membesar.

Perubahan ini mempengaruhi keselarasan tulang belakang yang dapat memicu rasa sakit. Untuk mencegah rasa sakit tersebut, berdirilah dengan badan tegak ketika berjalan dimana pinggul dan bahu tetap sama lurus.

Demikian perkembangan janin minggu ke-19, dalam minggu-minggu ke depan semakin banyak perubahan yang akan dialami oleh Ibu hamil.