Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Perkembangan Janin / Perkembangan Janin Minggu Ke-17

Perkembangan Janin Minggu Ke-17

/
/
193 Views

Minggu ke-17 masa kehamilan, janin sudah mencapai panjang sekitar 12 cm. Beratnya meningkat dua kali lipat dibandingkan minggu ke-16 yang baru dilewati.

Berat badan janin 17 minggu sekitar 5 ons (kira-kira seberat lobak). Saat ini janin mulai bisa memindahkan persendiannya, dan kelenjar keringatnya mulai berkembang.

Kerangka janin berusia 17 minggu dalam kandungan berubah secara perlahan dari tulang rawan yang lunak menjadi tulang, dan tali pusat tumbuh lebih kuat dan lebih tebal.

Pada saaat ini, jika Anda bisa melihat wajah bayi Anda, Anda akan melihat bulu mata dan alis mulai tumbuh di wajahnya.

Dan jika Anda bisa meraih tangan mereka, Anda akan melihat mereka sudah memiliki sidik jari yang unik.

Pada minggu sebelumnya atau pada trimester pertama, kepala bayi tidak proporsional atau lebih besar datu tubuh mereka. Tapi di usia 17 minggu, tubuh mereka mulai mengisi, dan proporsinya mulai keluar.

Mata bayi dapat bergerak, meskipun kelopak mata mereka masih tertutup, dan tidak akan terbuka sampai usia kehamilan 26 minggu.

Jaringan tulang di kaki mereka juga mulai mengeras. Plasenta terus tumbuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

Perkembangan janin minggu ke-17
Perkembangan janin minggu ke-17

Berikut ini beberapa hal yang dialami janin usia 17 minggu dalam kandungan:

  1. Minggu ini, ternyata janin sudah mulai buang air kecil secara teratur setiap hari. Tak perlu khawatir ia akan menelan air seninya, sebab tubuh Ibu secara alami telah menyaringnya melalui plasenta.
  2. Janin sudah mulai bisa mendengar suara keras yang berasal dari dunia luar. Jadi, tidak ada salahnya jika pada usia ini dilakukan serangkaian stimulasi bersama antara ibu dengan jabang bayi, seperti mengobrol, berdo’a dan lain sebagainya.
  3. Minggu ini, janin telah menempel lebih kuat dibandingkan minggu-minggu sebelumnya, hingga bahaya pendarahan sudah diminimalkan. Meski begitu, ibu harus tetap mengontrol kesehatannya dan menjaga kesehatan janin di dalam kandungannya.
  4. Kini tempurung kepala janin yang terususun dari tulang rawan akan mulai mengeras.
  5. Selain itu, saraf dibagian tulang belakangnya mulai terselubungi oleh lapisan pelindung yang disebut dengan mielin.
  6. Kelenjar keringat janin juga mulali berkembang diseluruh tubuhnya.
  7. Wajahnya akan nampak serupa manusia dengan pertumbuhan alis dan bulu mata yang sudah mulai nampak.
  8. Pada usia kehamilan 17 minggu, tubuh si bayi belum menyimpan lemak, sehingga kulitnya akan terlihat keriput. Namun tak perlu risau, pekan-pekan berikutnya tubuh janin akan mulai terisi, dan tubuhnya akan terbentuk proporsional nantinya.

Janin yang bertambah panjang dan bertambah berat, tentu saja berpengaruh pada bentuk fisik ibunya.

Perut ibu terlihat lebih besar, dan kemungkinan kulit perut ibu mulai terasa gatal karena terjadi peregangan pada bagian perut.

Berat badan ibu semakin bertambah, seiring itu ibu juga kemungkinan akan mengalami peningkatan nafsu makan.

Dalam usia kandungan 17 minggu, pusat gravitasi akan berubah, maka sebaiknya ibu selalu memposisikan tubuhnya dengan tepat.

Ini supaya tidak memberikan beban berlebihan pada punggungnya yang bisa mengakibatkan rasa nyeri atau keseleo. Bila ibu ingin melakukan pergerakan, ada baiknya melakukan secara perlahan-lahan.

Terutama bila bergerak dari posisi berbaring ke duduk, atau dari posisi duduk ke berdiri untuk menghindari perasaan pusing ataun pingsan.

Jika merasa pusing, cobalah duduk atau menundukkan kepala atau berbaring sejenak.

Jika Anda saat ini sedang hamil 17 minggu, berarti Anda berada pada bulan ke 4 kehamilan Anda. Jadi masa kehamilan anda sisa 5 bulan lagi.

Pinggang Anda akan mulai menghilang seiring dengan perut yang semakin membesar. Jika ini adalah kehamilan kedia atau ketiga anda, perubahan tersebut biasanya terjadi lebih cepat.

Ibu hamil 17 minggu umumnya merasa lebih bahagia apalagi ketika merasakan gerakan-gerakan bayi di dalam perut.

Selain itu, pada minggu ini kemungkinan besar Anda lebih kuat dan berenergi untuk beraktifitas normal. Ambil kesempatan ini untuk melakukan babymoon atau menghabiskan waktu bersama pasangan.