Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Perkembangan Janin / Perkembangan Janin Minggu Ke-15

Perkembangan Janin Minggu Ke-15

/
/
110 Views

Saat janin berusia 15 minggu ada banyak perubahan fisik yang dialami oleh Ibu, mulai dari berat badan yang bertambah sampai dengan munculnya gerakan-gerakan janin di dalam perut.

Perkembangan janin semakin pesat dan ukuran tubuh lebih besar ketimbang berusia 14 minggu kemarin

Bobot tubuh pada minggu ke-15 nya berkisar antara 0,05 sampai 0,07 kg dan berukuran panjang antara 10,4 dan 11,4 inci dari ujung kaki sampai ujung kepala.

Ukuran janin seperti ukuran sebuah apel. Kakinya tumbuh lebih panjang dari lengannya, dan dia bisa menggerakkan semua sendi dan anggota tubuhnya.

Meskipun kelopak matanya masih tertutup rapat, dia bisa merasakan cahaya. Jika Anda menyinari senter di perut Anda, misalnya, ia cenderung menjauh dari pancaran sinar

Jika Anda melakukan tes ultrasound, Anda mungkin dapat mengetahui apakah bayi Anda berjenis kelamin laki-laki atau perempuan

Tubuh janin, akan terus berkembang dan mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya usia pada si janin.

Janin masih mengalami cegukan, sebagai pertanda umum bahwa ia sedang dalam proses memahami cara untuk bernapas.

Meski begitu, si ibu belum bisa merasakan atau mendengarnya dengan baik, karena sistem pembuat suara di bagian tenggorokan (trakea) pada janin, diisi dengan cairan bukannya udara.

Nanti setelah ia lahir, kondisi cegukan terjadi bila tubuhnya terkena paparan cuaca dingin dan faktor lainnya.

Perkembangan janin minggu ke 15
Perkembangan janin minggu ke 15

Pekan ke-15, beberapa perkembangan janin sebagai berikut :

  1. Pertumbuhan bayi semakin ke bentuk badan proporsional, jika sebelumnya didominasi oleh kepala kini laki janin tumbuh lebih panjang dibandingkan dengan tangannya,
  2. Tulang dan sumsum di dalam sistem kerangka janin, terus mengalami perkembangan.
  3. Janin di dalam rahim sudah bisa mulai mendengarkan suara ibunya.
  4. Otot janin pada minggu ke-15, sudah lebih kuat dibandingkan janin berusia di bawah 15 minggu, itulah mengapa tendangan kaki dan gerakan-gerakan janin di usia ini lebih dirasakan oleh ibu.
  5. Kuku tangan dan kaki bertambah panjang, merupakan indikasi bertambah baiknya jaringan tulang pada janin.
  6. Janin sudah bisa mengepal. Ini menunjukkan bahwa janin sudah memiliki kendali atas ototnya. Ia juga sudah mulail mempelajari kesadaran motorik
  7. Di akhir minggu ke-15, pola rambut janin untuk seumur hidupnya telah terbentuk. Sejumlah rambut mungkin akan mulai tumbuh, meski belum tampak dalam beberapa minggu mendatang. Meski begitu, ini bukan jaminan janin akan lahir dengan rambut yang lebat, sebab ada bayi yang setelah lahir tetap botak hingga beberapa bulan setelah lahirnya.
  8. Di bawah lapisan kulitnya yang halu, terlihat pembuluh darah yang sudah berfungsi mengalirkan darah.
  9. Perkembangan pembentukan mulut terus berlanjut, janin mungkin sekarang mengisap ibu jari tangannya dan gerakan di wajahnya sudah lebih teratur.
  10. Alat kelamin janin sudah semakin berkembang dengan baik.

Sementara itu, memasuki kehamilan minggu ke-15, ibu mengalami kenaikan berat tubuh. Namun, tak ada yang perlu dikhawatirkan, kenaikan tubuh dalam masa kehamilan merupakan hal yang wajar.

Perubahan tubuh merupakan bentuk tubuh untuk mengimbangi perkembangan janin di dalam perut.

Ibu hamil 15 minggu juga kerap merasakan gerakan atau tendangan pertama kali dari dalam perutnya.

Meskipun Anda belum bisa melakukan obrolan secara langsung dengan janin, tetapi melakukan percakapan adalah hal yang bagus dan dianjurkan untuk memulai proses ikatan Ibu dan anak.

Ibu hamil bisa bercerita tentang aktivitas yang sedang dilakukan atau bagikan keinginan rahasia anda kepada janin dengan cara berbicara keras-keras.

Ini adalah bentuk latihan yang bagus setelah bayi lahir. Berbicara banyak kepada bayi adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan berbahasa.

Saat hamil 15 minggu, Anda dan pasangan Anda mungkin mengalami peningkatan stres.

Banyak pasangan yang merasa khawatir tentang kesehatan bayi mereka dimana hal ini dapat memicu depresi, yang umum terjadi selama kehamilan.