Perkembangan Janin Minggu Ke-11

Kehamilan minggu ke-11 adalah saat yang tepat untuk mulai merencanakan babymoon. Babymoon adalah perjalanan romantis bersama pasangan sebelum melahirkan. Jika honeymoon umumnya dilakukan setelah menikah, maka babymoon dilakukan sebelum atau sesudah melahirkan bayi.

Sebaiknya Anda melakukan perjalanan babymoon pada trimester kedua, karena di saat itulah Anda akan merasa paling berenergi, dan kemungkinan besar Anda tidak akan kuat lagi untuk melakukan perjalanan pada trimester ketiga.

Babymoon bukan hanya cara yang sangat baik untuk merayakan kehamilan, Ini adalah juga kesempatan untuk meningkatkan keintiman bersama pasangan, sebelum bayi dalam kandungan mulai menghabiskan banyak waktu dan perhatian Anda.

Di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahas beberapa perkembangan janin minggu ke-11 dan juga beberapa tanda awal kehamilan yang mungkin dialami calon Ibu pada minggu ke 11 kehamilan.

Seberapa Besarnya Bayi pada Usia 11 Minggu Dalam Kandungan

Ukuran bayi usia 11 minggu mungkin sebesar kapur, dan sedikit lebih besar daripada saat usia janin 10 minggu.

Panjang janin 11 minggu sekitar 2,5 cm dan beratnya sekitar 708 gram. Bayi usia ini memiliki rasio kepala dengan tubuh 1: 1. Mungkin perbandingan ini terlihat aneh tapi akan berubah seiring dengan berjalannya usia kehamilan.

Bila Anda sedang hamil 11 minggu, berarti Anda telah memasuki usia kehamilan dua bulan dan dua minggu lebih sedikit. Dalam beberapa minggu lagi, Anda akan memasuki trimester kedua.

Memasuki minggu ini, janin akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada minggu ke-11, calon bayi telah resmi bergelar janin, bukan embrio lagi, bisa dikatakan janin telah terbentuk sepenuhnya.

Perkembangan Janin Minggu ke-11

Perkembangan janin minggu ke-11

Perkembangan janin minggu ke-11

Setiap minggunya, janin mengalami perkembangan yang signifikan pada beberapa bagian, misalnya pada bagian tubuhnya atau dari sisi kinestetisnya.

Berikut ini beberapa hal yang terjadi pada janin saat usia kehamilan 11 minggu:

  1. Pekan ini, jari-jari tangan dan kakinya sudah mulai terpisah dan selaput yang menyelimutinya sudah tak ada lagi. Tangannya juga sudah mulai bisa membuka dan mengepal. Selain itu, tangan dan dan kaki sudah berada di depan tubuh janin.
  2. Minggu ke-11, kuku kaki dan tangan janin sudah mulai berkembang dan akan terus berlanjut di minggu-minggu berikutnya.
  3. Kupingnya sudah hampir sempurna di kehamilan 11 minggu.
  4. Periode ini, kulit terbentuk. Akan tetapi, bagian organ terluar yang melapisi tubuh si janin ini, belum terbentuk dengan sepenuhnya. Kulitnya masih sangat transparan.
  5. Pada minggu ini, tulang-tulang pada si janin mulai mengeras dan menguat. Ini menandakan perkembangan janin, akan terus berlanjut sampai terbentuk dengan sempurna dan siap untuk dilahirkan kedunia.
  6. Bagian organ luar kelamin si janin juga sudah mulai terbentuk. Jadi, pada minggu ini, sudah bisa melakukan test kehamilan guna mengetahui jenis kelamin calon buah hati.
  7. Selain di kepala, folikel-folikel rambut terbentuk di seluruh permukaan tubuhnya.
  8. Pertumbuhan janin sejak seminggu lalu dari ujung kaki hingga ujung kepala, mencapai panjang sekitar 5 cm.
  9. Kepala janin berkembang mendekati sekitar setengah panjang badannya, ini indikasi cepatnya pertumbuhan janin dalam rahim.
  10. Dalam rahim, janin sangat aktif bergerak, menendang-nendang ataupun meregang dilakukannya secara berulang-ulang. Seiring pertambahan usia perkembangannya, maka semakin sering pula janin melakukan gerakan-gerakan dalam perut Ibunya. Namun, gerakan janin baru akan dirasakan ibunya 1 atau 2 bulan ke depan.
  11. Periode ini, janin dapat mengalami cegukan, namun tentu saja belum bisa disadari oleh sang ibu.

Begitulah beberapa perkembangan janin pada minggu ke-11 secara umum. Pada masing-masing janin biasanya terdapat beberapa perbedaan.

Sedangkan untuk ibu hamil pada minggu ini, biasanya terjadi perubahan pada kulitnya. Dari kencang menjadi  mengendur, pigmen pada kulit menjadi gelap di beberapa area tertentu dan yang paling signifikan adakah kenaikan berat badan.

Tanda Kehamilan 11 Minggu

Gejala kehamilan 11 minggu

Gejala kehamilan 11 minggu

Pada usia kehamilan 11 minggu, tubuh dan pikiran mengalami beberapa perubahan. Mungkin Anda sulit merasa tenang di minggu ini, karena produksi hormon yang tak terkendali.

Ibu hamil 11 minggu juga mengalami mual dan muntah, terutama di pagi hari, yang merupakan ciri dan tanda hamil pada wanita.
Umumnya gejala-gejala tidak mengenakkan ini akan berakhir saat memasuki trimester kedua.

Berikut ini beberapa tanda kehamilan usia 11 minggu:

  1. Kelelahan. Anda mengalami rasa lelah seperti minggu-minggu sebelumnya. Banyaklah istirahat untuk menghemat energi.
  2. Mual. Para wanita hamil 11 minggu mengalami mual dan rasa jenuh akibat perasaan lelah mengalami mual dan muntah setiap hari.
  3. Buang gas. Masalah pada perut adalah salah satu hal yang umum dialami wanita hamil 11 minggu. Perhatikan baik-baik diet Anda dan cobalah untuk menghindari makanan yang membuat Anda mengeluarkan gas terus menerus seperti kacang, kol, gorengan, dan makanan pencuci mulut. Minumlah banyak cairan dan makanan kaya serat.
  4. Mood berubah. Cobalah beberapa latihan seperti yoga dan meditasi untuk mengatur masalah mood yang kadang berubah drastis saat usia kehamilan 11 minggu. Dan jika memungkinkan, hindari situasi yang penuh tekanan seperti pesta bersama keluarga yang penuh sesak.
  5. Keram kaki. Otot yang kencang dan nyeri bisa menyerang di malam hari dan mengganggu tidur Anda. Banyaklah minum air untuk mencegah kram kaki. Selain itu tingkatkan asupan potassium dan magnesium untuk mengurangi masalah pada kaki di malam hari.
  6. Kulit menjadi gelap. Satu waktu di pagi hari saat terbangun dari tidur Anda kemungkinan akan kaget melihat garis gelap yang berada di tengah perut. Ini adalah gejala kehamilan yang benar-benar normal yang disebut linea nigra. Garis gelap ini disebabkan oleh perubahan hormon dan tidak permanen.
  7. Keputihan. Saat hamil 11 minggu banyak wanita yang mengalami keputihan. Hal ini masih normal selama cairan yang keluar tidak mengeluarkan bau tidak sedap.

Demikian informasi singkat bagaimana perkembangan janin usia 11 minggu, dan apa-apa saja gejala dan tanda kehamilan yang mungkin dirasakan para wanita saat memasuki kehamilan minggu ke-11.