Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Perkembangan Janin / Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil 5 Bulan

Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil 5 Bulan

/
/
109 Views

Memasuki usia kehamilan 5 bulan berarti ibu sudah masuk di pertengahan trimester kedua. Kondisi ibu hamil saat ini akan lebih sehat karena sudah melewati masa masa yang berat di trimester pertama.

Sekarang ibu sudah bisa makan dan minum dengan baik dan tidak khawatir akan muntah atau mual. Meski ibu hamil masih merasakan beberapa pertanda yang lebih berat, namun tubuh ibu tetap terasa nyaman.

Bagi ibu hamil fase kehamilan 5 bulan akan menjadi masa kehamilan yang sangat menyenangkan dibandingkan saat usia kehamilan 4 bulan yang baru saja lewat.

Saat ini ibu bisa bepergian lebih bebas meskipun harus tetap merawat kehamilan dan bayi dalam kandungan. Lalu dalam pemeriksaan kehamilan maka perkembangan janin sudah lebih pesat dibandingkan bulan sebelumnya.

Jadi apa yang terjadi pada janin Anda? Berikut ini penjelasan mengenai perkembangan janin usia 5 bulan.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 5 Bulan

Perkembangan janin usia 5 bulan dalam kandungan sangat pesat. Ukuran dan berat janin bertambah dengan cepat. Berikut ini beberapa perubahan pada janin usia 5 bulan dalam kandungan:

  1. Dalam pemeriksaan maka ukuran berat badan janin akan dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya atau minggu terakhir usia kandungan 4 bulan.
  2. Semua pembuluh darah pada tubuh bayi akan terlihat pada bagian dalam kulit dan tembus dalam pemeriksaan USG.
  3. Bagian kaki bayi akan terlihat lebih panjang dari lengan sehingga seolah-olah bayi Anda memiliki kaki yang sangat panjang. Bentuk kaki biasanya akan dilipat pada lutut sehingga bayi Anda terlihat seperti meringkuk.
  4. Asupan kalsium yang cukup akan membuat tulang janin menjadi lebih kuat dan formasi pengerasan tulang akan tetap terus terjadi.
  5. Organ reproduksi pada bayi Anda akan berkembang terus. Jika Anda hamil anak perempuan maka ovarium bayi sudah terbentuk dan memiliki lebih dari tiga juta sel telur dan itu akan dikeluarkan dalam ovulasi setiap bulan saat sudah dewasa. Jika Anda hamil bayi laki-laki maka buah zakar yang berfungsi untuk menghasilkan sel sperma maka masih ada di perut dan belum turun.
  6. Pada bagian dada sudah terlihat bagian puting yang menonjol.
  7. Calon gigi akan terbentuk pada bagian gusi. Air ketuban ibu akan mengandung fluorida yang didapatkan dari air putih yang diminum ibu dan berfungsi untuk menjaga perkembangan email gigi janin.
  8. Janin dalam kandungan sudah membentuk sidik jari dan setiap janin memiliki sidik jari yang sangat unik serta tidak akan sama.
  9. Ginjal yang terbentuk beberapa bulan lalu sudah bisa berfungsi pada akhir bulan kelima. Kemudian janin sudah memproduksi air seni yang kemudian membentuk cairan ketuban.
  10. Pada saat bulan ini bagian kulit bayi akan terlihat putih karena sudah ditutupi oleh vernix caseosa yang berfungsi untuk menjaga kulit bayi yang akan hilang saat persalinan atau bahkan masih ada.
  11. Bagian sistem endokrin dan sistem syaraf sudah bisa berfungsi dan sangat penting untuk menjaga perkembangan tubuh bayi.
  12. Sistem syaraf pada otak berfungsi lebih baik dan sudah mulai melakukan tugas penting seperti mengirimkan sinyal untuk perkembangan organ tubuh.
  13. Dalam pemeriksaan USG maka bayi akan menjadi lebih aktif, bayi bisa menguap, bayi bisa membuat ekspresi wajah yang imut dan terkadang bayi bertingkah sangat lucu.
  14. Bayi sudah bisa mendengar suara dari luar, bisa mendengarkan detak jantung, bisa mendengar musik, gaya bicara dan bisa bereaksi saat diajak berkomunikasi.

Apa Yang Dirasakan Ibu Hamil 5 Bulan?

Perkembangan janin saat hamil 5 bulan
Perkembangan janin saat hamil 5 bulan

Setelah melihat perkembangan janin usia 5 bulan seperti diatas maka ibu hamil juga akan merasakan berbagai kondisi yang berbeda dibandingkan bulan sebelumnya, salah satunya adalah bentuk perut Ibu hamil 5 bulan yang semakin besar.

Berikut ini berbagai hal yang terjadi pada ibu setelah masuk usia kehamilan 5 bulan.

  1. Otot punggung lebih tegang

Saat kehamilan 5 bulan maka bentuk perut ibu akan menjadi lebih besar. Perubahan dan perkembangan perut ini bisa membuat ibu merasakan punggung yang tegang.

Semua karena pusat gravitasi tubuh ibu berpindah ke bawah terutama kaki, karena itu saat duduk atau berdiri maka ibu harus menjaga postur tubuh dengan baik.

  1. Tekanan pada syaraf skiatik

Ibu hamil juga akan merasakan beberapa tekanan pada sistem syaraf skiatik. Syaraf yang terletak pada bagian tulang belakang dan melewati pantat menuju ke kaki, sehingga rasanya memang lebih berat.

Semua ini karena perkembangan janin yang semakin besar dimana ini bisa menyebabkan tekanan pada area syaraf tersebut.

Jika ibu merasakan tekanan yang berat maka bisa mencoba memilih posisi tidur yang baik.

  1. Perut terasa berat

Karena ukuran janin yang lebih besar maka ibu akan merasa bentuk perut menjadi lebih besar. Terkadang ini yang membuat ibu kurang nyaman karena ada beberapa area perut yang terasa lebih longgar.

Untuk mengatasinya maka cobalah menggunakan korset kehamilan yang khusus.

  1. Perbedaan warna kulit

Ibu hamil biasanya juga akan mengalami hiperpigmentasi dimana ini bisa membuat warna kulit menjadi tidak merata.

Perubahan warna kulit disebabkan kadar melanin yang berkurang namun biasanya hanya terjadi selama kehamilan saja. Ini bisa membuat wajah memiliki bintik bintik hitam namun bisa hilang sendiri setelah bayi lahir.

  1. Payudara lebih besar

Ukuran payudara akan menjadi lebih besar dan semua ini terjadi karena kelenjar payudara bekerja untuk mulai memproduksi ASI.

Payudara terkadang juga akan terlihat bengkak dan tidak nyaman sehingga ibu sebaiknya menggunakan bra khusus untuk ibu hamil agar payudara lebih nyaman.

  1. Gatal pada perut

Ibu hamil juga akan merasakan gatal pada bagian perut. Hal ini sebenarnya terjadi karena kulit pada bagian perut akan menjadi lebih renggang dan kencang.

Kulit mengalami peregangan untuk membantu janin berkembang sempurna di dalam rahim. Untuk mengatasinya maka cobalah menggunakan pelembab yang ringan dan aman untuk ibu hamil.

  1. Muncul stretch mark

Ibu juga bisa memiliki banyak stretch mark yang sebelumnya belum muncul. Ini akan membuat bagian kulit pada paha dan perut menunjukkan garis kulit yang meregang.

Terkadang garis menjadi merah, ungu dan gelap sehingga tidak nyaman. Jika sangat parah maka stretch mark bisa muncul pada payudara, perut dan lengan.

  1. Mulai muncul varises

Ibu hamil lima bulan biasanya juga sudah mulai tidak nyaman pada bagian kaki, karena mulai adanya varises.

Keluhan yang sering dirasakan seperti kaki yang sakit dan lelah saat untuk berdiri, duduk atau berjalan.

Hal ini terjadi karena volume aliran darah yang meningkat dengan cepat ke area kaki. Untuk mengatasinya maka cobalah untuk tidak berdiri terlalu lama dan hindari melipat lutut saat duduk.

Tips Hamil 5 Bulan

Jika saat ini anda sedang hamil 5 bulan, berikut ini beberapa tips untuk anda:

  1. Jika ibu merasakan ruam merah pada payudara, ketiak dan selangkangan maka cobalah untuk menjaga kebersihan area tersebut. Hindari mandi dengan air hangat terus menerus karena ruam bisa sangat parah.
  2. Pilihlah posisi tidur yang nyaman untuk usia kehamilan ini. Posisi yang paling baik adalah pada sisi kiri tubuh agar aliran darah berfungsi dengan baik. Jika masih sangat lelah maka cobalah menggunakan bantal khusus ibu hamil.
  3. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Hindari pakaian yang ketat karena bisa membuat kulit tidak nyaman, gatal dan berkeringat. Pilih saja pakaian longgar dan nyaman dengan bahan lembut seperti katun.
  4. Untuk mengatasi sembelit maka cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Karena usia kehamilan yang sudah 5 bulan maka sangat rentan sembelit saat gerakan usus menjadi lambat. Jadi pastikan ibu mendapatkan sayuran dan buah-buahan.
  5. Tetaplah berpikir positif sehingga kehamilan Anda menjadi lebih sehat. Hindari stres dan tekanan karena ini bisa membuat ibu dan janin merasa stres yang sangat fatal dampaknya.

Itulah semua perkembangan janin usia 5 bulan dan kondisi ibu hamil 5 bulan. Agar ibu tetap sehat maka cobalah untuk melakukan semua tips yang sesuai dengan kondisi kehamilan 5 bulan.