Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Tanda-Tanda Kehamilan / Perbedaan Hamil Bayi Laki Laki dan Hamil Bayi Perempuan

Perbedaan Hamil Bayi Laki Laki dan Hamil Bayi Perempuan

/
/
106 Views

Mengharapkan kehamilan bayi laki-laki atau bayi perempuan memang menjadi anugerah terindah untuk semua pasangan.

Bagi yang sudah memiliki anak perempuan, umumnya ingin anak laki-laki pada kehamilan berikutnya, begitu juga sebaliknya.

Sayangnya dalam proses konsepsi memang tidak bisa ditentukan dengan pasti apakah kelaki ibu hamil anak laki-laki atau perempuan.

Pemeriksaan jenis kelamin janin bisa dilakukan setelah usia kandungan minimal 4 bulan. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter dengan menggunakan alat USG yang lebih canggih.

Ciri-ciri hamil bayi laki-laki atau perempuan
Ciri-ciri hamil bayi laki-laki atau perempuan

Namun sebenarnya ibu bisa menandai dari semua gejala saat hamil yang muncul dari awal kehamilan sampai menjelang persalinan. Jadi apa saja perbedaan hamil bayi laki laki dan hamil bayi perempuan? Simak dulu informasi berikut ini.

  1. Kondisi Morning Sickness
  • Bayi laki-laki: biasanya saat sedang memasuki gejala awal kehamilan maka janin yang akan menjadi bayi laki-laki tidak menyebabkan morning sickness yang parah. Ibu akan mengalami morning sickness yang biasa karena peningkatkan hormon kehamilan oleh tubuh terdeteksi dengan baik. Lalu juga sistem kekebalan tubuh ibu akan lebih baik.
  • Bayi perempuan: jika ibu hamil bayi perempuan maka cenderung morning sickness akan lebih parah. Ibu akan lebih sering mual dan muntah karena hormon kehamilan yang cenderung lebih tinggi. Gejala ini bahkan akan lebih sering muncul saat awal kehamilan, dan kondisi tubuh ibu cenderung lebih lemah.
  1. Kondisi Kesehatan Ibu
  • Bayi laki laki: jika ibu mengandung bayi laki-laki maka cenderung tubuh tidak terlalu lemah. Namun ibu tetap bisa merasakan hal yang kurang nyaman seperti sering menggigil, kulit yang sangat kasar, sering demam, mulut terasa pahit, telapak kaki dan tangan sering mengeluarkan keringat dingin.
  • Bayi perempuan: Ibu bisa merasa tubuh yang lebih lemah, mudah sakit, mudah berkeringat, kulit cenderung lebih lembab, kulit terkadang sangat mudah merah dan adanya rasa sakit pada area panggul dan pinggang.
  1. Perubahan Bentuk Perut
  • Bayi laki-laki: saat usia kandungan sudah lebih tua dan bentuk perut ibu sudah terlihat, maka hamil anak laki-laki akan membuat perut ibu cenderung lebih lancip, perubahan besar perut sering mengarah ke depan sehingga pada bagian samping terlihat sama dengan ukuran perut ibu yang sebenarnya. Jadi bentuk perut ibu jika dilihat dari samping akan lebih seimbang.
  • Bayi perempuan: jika ibu hamil anak perempuan maka biasanya bentuk perut ibu akan lebih melebar, bagian depan dan samping akan terlihat sama. Jadi jika dilihat maka bentuk perut ibu seperti lebih besar dan tidak terlihat ujung tonjolan yang jelas.
  1. Detak Jantung Janin
  • Bayi laki-laki: detak jantung sudah bisa didengarkan oleh dokter dengan menggunakan alat khusus saat kehamilan masuk bulan ketiga atau akhir bulan kedua kehamilan. Saat ibu mengandung bayi laki-laki maka detak jantung janin lebih santai dan lambat namun masih normal yaitu dibawah 140 detak per menit.
  • Bayi perempuan: jika ibu hamil bayi perempuan maka detak jantung janin terlihat sangat cepat sampai lebih dari 140 detak. Kondisi ini dianggap yang sangat normal karena pengaruh hormon kehamilan yang sangat tinggi sehinga aliran darah juga akan lebih banyak dan cepat kepada janin. Jika janin mengalami kelainan jantung maka dalam pemeriksaan ini sudah bisa ditemukan oleh dokter kandungan Anda.
  1. Kebiasaan Makan
  • Bayi laki-laki: kebiasaan makan atau keinginan makan atau ngidam untuk ibu hamil memang muncul pada semua ibu hamil. Termasuk ketika ibu hamil anak laki-laki atau perempuan. Jika ibu mengandung anak laki-laki maka baisanya ibu akan cenderung menyukai makanan yang memiliki rasa asam, asin, berlemak, mengandung daging dan semua makanan yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat yang lumayan tinggi.
  • Bayi perempuan: jika ibu sedang hamil bayi perempuan maka biasanya ibu cenderung menyukai makanan dengan tampilan yang lucu, segar, manis, mengandung susu dan menyukai semua jenis produk susu.
  1. Tampilan Wajah
  • Bayi laki-laki: Jika ibu mengandung bayi laki laki maka biasanya ibu biasanya tidak suka berdandan, mengabaikan tampilan wajah dan penampilan keseluruhan. Akhirnya ibu terlihat lebih sederhana, kusut, dan terkadang juga banyak jerawat.
  • Bayi perempuan: karena ibu mengandung bayi perempuan maka hormon kehamilan sering membuat ibu ingin tampil cantik, menawan dan segar. Ibu memiliki kebiasaan yang baik untuk merawat wajah sehingga terlihat lebih segar, bersih dan cantik.
  1. Suhu Tubuh Ibu
  • Bayi laki-laki: karena detak jantung janin pada bayi laki-laki juga lebih lambat maka ini bisa menyebabkan telapak tangan dan kaki ibu menjadi lebih dingin. Biasanya ibu akan lebih sering menggigil pada waktu tertentu dan menjadi seperti sakit.
  • Bayi perempuan: jika ibu hamil bayi perempuan maka biasanya ibu memiliki suhu tubuh yang lebih hangat. Ibu jarang menggigil tapi efeknya terkadang juga lebih sering merasa panas.
  1. Kebiasaan Tidur Ibu
  • Bayi laki-laki: ibu yang hamil bayi laki-laki memang memiliki bentuk perut yang lebih menonjol. Saat usia kandungan sudah cukup besar maka biasanya ibu lebih senang atau nyaman tidur dengan posisi pada sisi kiri.
  • Bayi perempuan: Jika ibu hamil bayi perempuan maka biasanya ibu akan lebih sering miring ke kanan. Kondisi ini biasanya tidak selalu terjadi sehingga terkadang ibu hanya mencari posisi yang paling nyaman saja.
  1. Perubahan Emosi Ibu Hamil
  • Bayi laki-laki: jika ibu sedang hamil bayi laki-laki maka sebenarnya kondisi emosi ibu tidak sering terpengaruh oleh hormon tubuh. Akhirnya ibu akan terlihat biasa saja, cenderung tidak mau tahu, cenderung tidak pemarah dan lebih menikmati.
  • Bayi perempuan: jika ibu hamil bayi perempuan maka biasanya ibu cenderung lebih emosi, mudah menangis, mudah tersinggung dan sangat manja. Itu semua karena hormon kehamilan sering memicu perubahan emosi yang sangat cepat.
  1. Aktifitas Janin
  • Bayi laki-laki: meskipun janin sudah memiliki otot dan syaraf yang kuat saat kehamilan mencapai usia 3 bulan namun gerakan janin sebenarnya masih lembut. Setelah usia kehamilan meningkat maka ibu baru bisa merasakan gerakan janin. Jika hamil bayi laki-laki maka biasanya gerakan janin dalam kandungan akan lebih kuat, terkadang ibu bisa merasakan tendangan dan gerakan tangan yang berusaha seperti meninju keluar.
  • Bayi perempuan: Jika ibu hamil bayi perempuan maka cenderung aktifitas janin tidak terlalu banyak. Bayi perempuan sudah memiliki aktifitas yang lebih lembut sejak janin berkembang, sehingga ibu tidak merasakan banyak gerakan.
  1. Perubahan Bentuk Payudara Ibu
  • Bayi laki-laki: payudara mulai mempersiapkan kelahiran bayi sejak awal kehamilan. Sejak awal kehamilan maka kelenjar susu mulai bekerja keras, banyak pembuluh darah yang membesar dan semua itu untuk membantu proses keluarnya ASI setelah melahirkan. Jika ibu hamil bayi laki-laki maka biasanya payudara yang terlihat lebih besar pada bagian kanan, sehingga ukuran sebelah kiri terlihat lebih kecil.
  • Bayi perempuan: Jika ibu hamil bayi perempuan maka biasanya payudara yang sebelah kiri akan lebih besar dibandingkan sebelah kanan. Tapi karena terkadang ukuran payudara sudah tidak sinkron sejak sebelum hamil maka perubahan ini tidak terlihat menonjol.

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan jika anda ingin hamil anak laki-laki atau perempuan. Meski tidak akurat, anda bisa merencakan dari awal potensi jenis kelamin bayi anda kelak.

Itulah perbedaan hamil bayi laki laki dan hamil bayi perempuan. Semua ibu hamil bisa melihat semua perubahan dan perbedaan ini. Namun untuk hasil pastinya tetap harus dilakukan pemeriksaan dengan alat seperti dengan alat USG agar lebih jelas.