Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / 10 Penyebab Wanita Sulit Hamil

10 Penyebab Wanita Sulit Hamil

/
/
86 Views

Faktanya tidak semua wanita bisa hamil sesuai harapan. Beberapa wanita mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan. Di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahas apa saja faktor penyebab wanita sulit hamil

Kehamilan memang masa yang didambakan semua wanita dalam sebuah pernikahan. Mempunyai anak seolah menjadi sebuah kelengkapan hidup sebagai seorang wanita sejati.

Sulitnya mendapatkan anak bagi seorang wanita tentunya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Wanita Sulit Hamil

Terlalu gemuk penyebab wanita sulit hamil
Terlalu gemuk menyebabkan wanita sulit hamil

Berikut adalah beberapa faktor penyebab wanita sulit hamil meski sedang subur:

1. Obesitas

Obesitas atau kegemukan adalah satu kondisi dimana berat badan seseorang jauh melebihi berat badan ideal yang seharusnya.

Obesitas bisa disebabkan banyak hal, mulai dari kebiasaan makan yang salah, gaya hidup tidak sehat, dan malas bergerak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa 30% pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan disebabkan karena obesitas.

Obesitas menyebabkan dinding rahim dipenuhi oleh lapisan lemak sehingga setiap kali sel telur akan menempel pada dinding rahim, sel telur justru akan jatuh meluncur.

Hal inilah yang menyebabkan seorang wanita menjadi sulit hamil. Sebaiknya jaga pola makan dan hidup yang sehat serta rajin berolahraga untuk menghindari obesitas yang dapat menyebabkan sulit hamil.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan pada Wanita Hamil yang Obesitas

2. Terlalu kurus

Bukan hanya kegemukan, terlalu kurus juga adalah salah satu penyebab wanita sulit hamil.

Pembentukan sel telur dalam tubuh seorang wanita tentunya membutuhkan energi lebih.

Sayangnya, jika seorang wanita tidak memiliki lemak atau energi yang cukup, maka tubuh akan berhenti untuk memproduksi sel telur sehingga wanita ini pun menjadi sulit hamil.

Naikkan berat badan dengan memakan makanan yang bergizi tinggi, tidur yang cukup, dan rajin berolahraga akan sangat membantu menaikkan berat badan ke angka normal.

3. Penggunaan kontrasepsi

Wanita juga bisa mengalami sulit hamil jika ia mempunyai riwayat pernah menggunakan alat kontrasepsi yang mengandung hormon, apalagi jika ia belum pernah hamil sebelumnya.

Penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon seperti suntik KB akan membuat tubuh wanita jadi sulit hamil.

Zat kimia yang terkandung dalam tubuh wanita tersebut harus benar-benar hilang terlebih dahulu agar bisa hamil kembali. Sebaiknya gunakan saja alat kontrasepsi seperti spiral atau kondom jika ingin hamil dalam waktu dekat.

4. Stress

Bukan hanya faktor fisik saja yang menjadi penyebab wanita sulit hamil, ternyata stress juga dapat mempengaruhi kesuburan dari seorang wanita.

Baca juga: Bahaya Stres pada Ibu Hamil

Wanita yang mengalami stres atau bahkan depresi akan mengalami kekacauan produksi hormon dalam tubuhnya, termasuk hormon kesuburan.

Wanita  yang mengalami stres akan sulit untuk memproduksi sel telur dalam dirinya karena kurangnya hormon kesuburan yang ia butuhkan.

Sebaiknya atur tingkat stres dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan selama masa program hamil. Hindari berbagai pemicu stres yang justru akan semakin mempersulit kehamilan.

5. Endometriosis

Endometriosis adalah salah satu penyakit penyebab wanita sulit hamil. Gangguan ini terjadi ketika sel rahim justru tumbuh di luar rahim bukan di dalam rahim, misalnya saja di perbatasan antara rahim dan organ pencernaan.

Sekitar 80% pasangan yang kesulitan mempunyai keturunan disebabkan oleh endometriosis. Endometriosis menyebabkan perubahan letak organ kandungan sehingga sel telur sulit untuk dicapai oleh sel telur.

Selain itu, endometriosis juga menyebabkan munculnya zat racun yang membuat sel telur dan embrio sulit bertahan.

Endometriosis ini ditandai dengan nyeri haid yang amat sangat serta rasa tidak nyaman saat melakukan hubungan suami istri.

Pertumbuhan sel rahim yang tidak pada tempatnya inilah yang menyebabkan seorang wanita jadi sulit hamil. Namun dengan pengobatan yang tepat dan cepat, kondisi ini dapat diatasi dengan mudah.

6. Polycystic Ovary Syndrome(PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah satu kondisi dimana sel telur yang dihasilkan akan sangat sulit untuk dibuahi karena dikelilingi oleh kista. PCOS biasanya disebabkan oleh obesitas atau kegemukan.

Untuk mengatasi PCOS tentunya adalah dengan menghindari atau mengatasi penyebabnya, misalnya jika disebabkan karena obesitas, maka dapat diatasi dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin.

Namun ada pula yang disebabkan karena kelainan hormonal, olahraga yang terlalu berat, kelainan tiroid, dan lain-lain.

Baca Juga: Penyebab Janin Meninggal di Dalam Kandungan

7. Sumbatan pada saluran telur

Penyebab lain yang menyebabkan seorang wanita sulit hamil adalah adanya sumbatan pada saluran telur.

Sumbatan pada saluran telur ini bisa diakibatkan banyak faktor, misalnya adanya riwayat pecah usus buntu, radang panggul, pernah menjalani operasi besar pada bagian perut, atau bahkan penyakit seksual menular.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan melakukan operasi kecil untuk membuka kembali sumbatan pada saluran telur agar lebih mudah hamil ke depannya.

8. Melakukan Ijma’ tidak pada masa subur

Selain karena penyebab dari dalam yang dimiliki oleh wanita itu sendiri, faktor penyebab lain wanita sulit hamil adalah karena kesalahan pada saat melakukan ijma’.

Jika ingin cepat mendapatkan kehamilan, maka lakukan ijma’ pada masa subur. Masa subur seorang wanita adalah sekitar 14 hari menjelang haid selanjutnya.

Lakukan hubungan seksual sesering mungkin pada masa itu agar bisa mendapatkan kehamilan.

9. Tumor

Keberadaan tumor yang ada di dalam rahim membuat seorang wanita jadi kesulitan unutk mempunyai keturunan.

Tumor yang berada di dalam rahim akan menyulitkan proses pembuahan sehingga harus diangkat terlebih dahulu.

Untuk tumor jinak, bisa dilakukan bedah minimal invasif, sedangkan untuk tumor yang agak besar perlu dilakukan operasi kedua.

10. Penyakit seksual menular

Faktor penyebab lain wanita sulit hamil adalah akibat adanya penyakit seksual menular. Penyakit seksual menular dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil karena infeksi yang disebarkannya.

Misalnya saja penyakit chlamidya. Chlamidya biasanya diidap oleh para wanita muda yang aktif secara seksual. Penyakit seksual menular yang satu ini menyebabkan kerusakan pada tuba falopi sehingga wanita menjadi sulit hamil.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat seorang wanita jadi sulit hamil. Sulit hamil bukanlah suatu penyakit, namun satu kondisi yang muncul akibat adanya kelainan atau penyakit.

Dokter spesialis kandungan dapat melakukan pemeriksaan kepada suami istri terlebih dahulu untuk menentukan pengobatan yang paling tepat.

Bagi wanita, pemeriksaan yang akan dilakukan berupa pemeriksaan kelainan anatomis, pemeriksaan kelainan fungsional, dan beberapa pemeriksaan lainnya.

Setelah mendapatkan hasil, dokter bisa memberikan saran pengobatan yang terdiri dari:

  • Program hamil alami. Program ini disarankan kepada pasangan yang memilki masalah kesuburan yang ringan.
  • Hal ini dilakukan jika sperma tidak berfungsi dengan baik dan terdapat kelainan ovulasi.
  • Bayi tabung. Program ini disarankan jika tuba flopi benar-benar telah tersumbat, sperma yang nihil, dan faktor berat lainnya.

Memiliki seorang anak memang merupakan dambaan bagi setiap pasangan. Dengan melakukan gaya hidup sehat, berolahraga secara teratur, serta menjaga hubungan suami istri dengan baik, maka kesehatan reproduksi pun juga akan terjaga dengan baik.

Demikianlah artikel tentang penyebab wanita sulit hamil yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.