Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / 3 Penyebab Utama Mengapa Terjadi Keguguran

3 Penyebab Utama Mengapa Terjadi Keguguran

/
/
193 Views

Mengalami keguguran tentu saja adalah hal yang paling dikhawatirkan oleh semua Ibu hamil sebab keinginan untuk memiliki anak akhirnya menjadi kandas.

Keguguran bisa didefinisikan sebagai keluarnya janin dari rahim sebelum waktu normal. Karena itu di masa kehamilan para calon Ibu perlu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga.

Setiap ibu pasti memiliki perasaan khawatir jikalau saat mengandung nanti akan mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan, seperti keguguran.

Biasanya, orang-orang yang lebih berpengalaman akan memberikan anda beberapa tips untuk mengkonsumsi makanan sehat atau menyuruh anda menghindari beberapa aktivitas berat.

Namun sebelum menerapkan tips yang diberikan orang-orang terdekat anda, sebaiknya anda mengetahui dulu penyebab mengapa terjadi keguguran, agar anda bisa menemukan sendiri solusi terbaik yang sesuai dengan karakter dan kehidupan anda.

Penyebab Terjadinya Keguguran

Berikut ini beberapa penyebab keguguran pada Ibu hamil:

Penyebab keguguran hamil

1. Blighted Ovum

Adalah sebuah kondisi di mana kromosom ovum atau sperma memiliki jumlah yang tidak sesuai. Hal ini berakibat pada proses pembuahan yang tidak maksimal, sehingga embrio yang dihasilkan juga tidak akan berkembang secara normal.

Akibat paling fatal dari hal ini adalah tidak adanya janin karena embrio berhenti berkembang sebelum janin terbentuk.

Bahkan jika janin berhasil terbentuk pun, biasanya embrio akan berhenti berkembang sebelum jantung terbentuk sempurna.

2. Usia Di Atas 40 Tahun

Seiring dengan bertambahnya usia, wanita akan mengalami penurunan produksi hormon.

Pada wanita yang berusia di atas 40 tahun kualitas hormon dan alat reproduksinya akan menurun drastis. Jika produksi hormon berkurang, perkembangan alat reproduksi juga tidak akan berjalan maksimal.

Misalnya dalam kasus dinding rahim. Dinding rahim meruapakan tempat menempelnya ovum selama masa perkembangan.

Jika pertumbuhan dinding rahim tidak tebal, maka bisa jadi ovum yang menempel akan jatuh. Dan terjadilah keguguran.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Mungkin anda tidak yakin mengapa terjadi keguguran pada wanita yang banyak mengkonsumsi alkohol, kopi, dan rokok. Namun hal ini benar adanya.

Karena alkohol, kopi, dan rokok mengandung zat kimia yang bisa membahayakan janin. Akibat yang paling sering terjadi dari konsumsi produk-produk itu saat terjadinya pembuahan adalah tidak normalnya jumlah kromosom ovum atau sperma.

Demikian 3 hal yang menjadi penyebab utama terjadinya keguguran pada wanita. Perlu juga diperhatikan bahwa risiko keguguran akan meningkat jika kehamilan terjadi pada waktu tiga bulan setelah melahirkan.