Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / Penyebab Ibu Hamil Muda Mengalami Ambeien

Penyebab Ibu Hamil Muda Mengalami Ambeien

/
/
359 Views

Ambeien merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil muda.

Ambeien memang merupakan sebuah kewajaran semasa kehamilan, namun ambeien juga sering kali membuat ibu hamil jadi tidak nyaman dalam melakukan aktivitas apapun.

Baca: Bahaya Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien atau wasir adalah pelebaran atau peradangan pada pembuluh balik vena yang terjadi di sekitar anus.

Pada umumnya, ambeien bisa sembuh dengan sendirinya dalam masa sekitar satu hingga dua minggu kemudian. Namun ada pula beberapa kasus yang membutuhkan penanganan medis untuk bisa sembuh dari ambeien.

Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil Muda

Berikut ini penyebab Ibu hamil muda mengalami ambeien:

1. Perubahan hormon

Selama masa kehamilan, tubuh seorang wanita akan mengalami banyak sekali perubahan, baik perubahan fisik maupun perubahan hormonal.

Perubahan fisik akan membuat ibu hamil jadi terlihat lebih gemuk karena ukuran perut yang terus membesar.

Sedangkan pada perubahan hormonal, ibu hamil akan memproduksi beberapa hormon kehamilan yang akan berperan penting untuk menjaga kehamilan hingga waktu persalinan tiba.

Salah satu hormon yang ditingkatkan produksinya selama masa kehamilan adalah hormon progesteron. Hormon progesteron yang berperan penting dalam menjaga janin ini justru memberikan efek buruk pada sistem pencernaan.

Munculnya hormon progesteron dapat menyebabkan terhambatnya kinerja pencernaan. Gerakan peristaltik pada lambung pun jadi lebih lambat.

Hal inilah yang menyebabkan sistem pencernaan jadi terganggu sehingga menyebabkan ambeien.

2. Janin yang semakin membesar

Ambeien juga bisa terjadi akibat ukuran janin yang semakin membesar. Ukuran janin yang semakin besar akan mendorong beberapa pembuluh darah termasuk pembuluh darah balik yang berada di sekitar anus.

Dorongan inilah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi ke ujung dan membesar hingga menyebabkan peradangan yang berubah menjadi ambeien.

3. Konstipasi

Kebanyakan ibu hamil juga mengalami konstipasi yang menyebabkan sulitnya buang air besar. Konstipasi sendiri bisa terjadi karena kurangnya asupan serat ketika hamil.

Konstipasi menyebabkan tinja menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Terkadang ibu hamil harus mengejan ketika buang air besar.

Hal inilah yang menyebabkan terjadinya ambeien karena anus dipaksa untuk mengejan sehingga pembuluh darah di sekitar anus menjadi lebih lebar.

Cara Mengatasi Ambeien pada Kehamilan Muda

Penyebab Ibu hamil muda ambeien
Penyebab Ibu hamil muda ambeien

Meskipun merupakan hal yang normal terjadi pada ibu hamil, namun ambeien tidak bisa disepelekan begitu saja. Ambeien sebaiknya segera diatasi sebelum semakin bertambah parah.

Untuk mengatasi ambeien pada ibu hamil, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Berendam dalam air hangat

Ibu hamil yang mengalami ambeien sangat disarankan untuk merileksasi tubuhnya agar lebih terasa nyaman. Salah satunya adalah dengan berendam dalam air hangat.

Suhu air hangat yang tepat untuk berendam ibu hamil adalah sekitar 60 derajat Celcius. Ibu hamil juga sebaiknya tidak berendam dalam waktu lama karena justru akan mengakibatkan janin dalam bahaya, sebaiknya cukup 10 hingga 15 menit saja.

Air hangat akan membantu otot-otot pada tubuh yang tadinya menegang menjadi lebih rileks, termasuk otot di sekitar anus.

2. Minum banyak air putih

Ibu hamil penderita ambeien juga harus meminum air putih setidaknya 1 hingga 2 liter dalam satu hari. Hal ini bertujuan untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga lebih mudah untuk buang air besar.

Air putih juga sangat penting dalam membuang zat-zat yang tidak penting dari tubuh ibu hamil sehingga tubuh akan menjadi jauh lebih segar.

3. Menggunakan es batu

Salah satu manfaat dari es batu adalah mampu meredakan rasa nyeri, termasuk nyeri pada gejala ambeien. Dengan menggunakan es batu, ibu hamil akan merasa jauh lebih nyaman karena berkurangnya rasa nyeri pada anus.

Caranya adalah dengan membungkus beberapa potongan kecil es batu dengan plastik, lalu lapisi dengan handuk. Cukup beri satu lapisan handuk saja agar dinginnya es batu tetap terasa.

Lalu ibu hamil duduk di atas es batu yang telah dilapisi dengan handuk. Biarkan hingga rasa nyeri berkurang.

Cara ini bisa dilakukan berkali-kali setiap kali ibu hamil merasakan nyeri pada anus. Metode es batu juga membantu menghentikan aliran darah jika ambeien yang diderita stelah mengeluarkan darah.

4. Berbaring miring

Ambeien pada ibu hamil juga bisa disiasati dengan cara berbaring dengan miring ke arah kanan maupun kiri. Cara ini disebut juga dengan metode SOS atau side on side.

Dengan berbaring ke arah kanan atau kiri, ibu hamil akan mengurangi tekanan pada bagian uterus yang menyebabkan rasa nyeri pada anus.

Selain itu, berbaring ke arah kanan atau kiri juga akan membuat tubuh terhindar dari pembengkakan. Hal ini dikarenakan posisi miring ini akan membantu melancarakan aliran darah dan membantu ginjal bekerja dengan maksimal untuk membuang kotoran dari dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan.

5. Menjaga kebersihan diri

Ketika seorang ibu hamil menderita ambeien, maka sebaiknya berikan perhatian lebih pada kebersihan diri. Kebersihan diri sangat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Selalu usahakan pula untuk menjaga kebersihan di sekitar anus. Jika tidak bisa menemukan air untuk membersihkan, gunakan tisu basah sebagai alat pembersih.

Namun pastikan untuk menggunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol maupun pewangi sehingga tidak akan terjadi iritasi.

Ingatlah bahwa ambeien akan semakin parah jika kebersihan di sekitar anus tidak dijaga. Ambeien akan mengalami infeksi jika terkena serangan bakteri atau jamur

6. Konsumsi banyak serat

Selain meminum banyak air putih, ibu hamil yang menderita ambeien juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi serat. Penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan memakan buah dan sayur sehingga metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.

Metabolisme yang lancar juga akan memperlancar saluran pencernaan sehingga ibu hamil akan lebih nyaman ketika buang air besar.

7. Hindari duduk terlalu lama

Bagi ibu hamil yang ambeien sebaiknya tidak terlalu lama duduk. Posisi duudk yang terlalu lama menyebabkan tekanan pada rektum sehingga memperparah ambeien.

Akan jauh lebih baik jika berada dalam posisi berbaring sehingga tekanan pada rektum dapat dikurangi. Jika ingin duduk, gunakan pula alas duduk yang empuk dan tidak keras untuk mengurangi tekanan pada anus.

Gunakan bantal donat yang memiliki lubang di tengahnya untuk mengurangi tekanan pada anus. Lubang di tengah bantal juga memudahkan ibu hamil untuk duduk.

8. Lakukan senam kegel

Senam kegel juga sangat membantu mengatasi ambeien. Selain itu, senam kegel juga membantu saat persalinan nanti dan membantu melancarkan aliran darah.

Itulah beberapa cara mengatasi ambeien pada ibu hamil muda yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Ambeien bisa dihindari dengan melakukan gaya hidup sehat sejak awal kehamilan. Jangan lupa pula untuk selalu memeriksakan kesehatan diri dan kandungan secara rutin.

Sumber:

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/cara-terbaik-menyembuhkan-ambeien-saat-hamil/

https://www.alodokter.com/redakan-ambeien-saat-hamil-dengan-cara-sederhana-ini