Penyebab Muncul Garis Hitam di Perut Saat Hamil

Munculnya garis hitam di perut secara vertikal memang sering meresahkan ibu hamil. Hal ini karena tidak semua ibu hamil akan mengalami garis perut yang tampak memalukan tersebut.

Sebenarnya garis hitam ini tidak terlihat terlalu jelas, tapi seiring dengan usia kehamilan yang terus bertambah, maka garis tersebut menjadi lebih hitam.

Garis hitam di perut juga sering dilihat sebagai tanda kehamilan, apakah janin dalam kandungan berjenis kelamin perempuan atau laki-laki.

Tapi ada juga ibu hamil yang tidak mengalami garis hitam dan mereka tetap melahirkan bayi perempuan atau laki-laki yang sehat.

Jadi sebelum berpikir buruk mengenai hal itu, mari menyimak informasi dari web pengenhamil.com dibawah ini tentang mengapa muncul garis hitam di perut saat hamil?

Apa itu Garis Hitam di Perut Saat Hamil?

Banyak ibu yang mengira jika garis hitam di bagian perut di atas pusar saat hamil sebenarnya hanya muncul pada saat hamil.

Tapi ternyata ini salah karena garis hitam di perut sebenarnya ada pada semua wanita.

Kondisi garis hitam di perut adalah pertemuan antar jaringan ikat otot perut yang kemudian membentuk seperti garis.

Garis hitam ini kemudian akan terlihat lebih menonjol saat hamil dengan warna lebih hitam atau pucat atau terang.

Ketika tidak sedang hamil maka garis ini disebut dengan istilah linea alba.

Linea alba sendiri tidak akan terlihat karena sangat tipis. Lalu selama hamil maka garis yang terang dan tipis ini akan berubah menjadi lebih gelap dan disebut dengan linea nigra.

Panjang linea nigra yang melintang di perut ini biasanya berbentuk garis horisontal dimulai dari perut antara pusar sampai tulang kemaluan. Lebar garis beragam mulai dari 0,6 cm sampai 1,3 cm.

Garis hitam ini tidak akan terlihat sejak awal kehamilan karena biasanya warnanya mulai menjadi gelap setelah usia kehamilan masuk ke 5 bulan.

Penyebab Munculnya Garis Hitam di Perut Ibu Hamil?

Garis hitam di perut saat hamil

Garis hitam di perut saat hamil disebut linea nigra

Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya garis hitam di perut saat hamil (linea nigra):

  1. Reaksi tubuh ibu terhadap perubahan hormon

Sudah jelas bahwa ketika ibu hamil maka tubuh ibu akan membentuk beberapa hormon kehamilan.

Hormon kehamilan bermanfaat sangat penting untuk pertumbuhan janin, menyiapkan tubuh ibu untuk tempat perkembangan janin dan juga membuat tubuh ibu siap untuk menghasilkan ASI setelah melahirkan.

Lalu semakin tinggi hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh ibu hamil maka membuat garis hitam di perut menjadi lebih jelas.

Tentu saja hormon ini juga memiliki peran penting dalam pertemuan otot pada jaringan ikat di perut ibu hamil.

  1. Tingginya kadar melanin

Selama hamil maka hormon progesteron dan estrogen akan meningkat. Hormon ini yang akan membuat area aerola dalam puting payudara menjadi hitam.

Dan warna hitam ini yang bisa menjadi sensor untuk bayi sehingga secara alami bayi bisa menemukan puting payudara ketika menyusu.

Kemudian hormon ini bekerja untuk menghasilkan melanin yang sangat tinggi. Semua terpengaruh dari kadar melanosit yang cukup tinggi akibat hormon.

Ini yang akan membuat garis hitam yang awalnya terang menjadi lebih gelap. Kemudian ini juga yang memicu hiperpigmentasi pada ibu hamil.

  1. Kulit ibu hamil gelap

Jika dibandingkan, maka sebenarnya linea nigra di perut tidak muncul pada wanita hamil yang berkulit putih. Sementara ibu yang memiliki dasar kulit lebih gelap justru memilik garis hitam yang sangat jelas.

Apapun warna kulit ibu hamil sebenarnya adanya garis hitam di perut sangat terpengaruh oleh kadar hormon dalam tubuh ibu selama hamil.

  1. Peregangan otot perut

Linea nigra di perut ibu hamil juga banyak dipengaruhi oleh terbentuknya proses otot perut yang meregang kemudian berpisah.

Garis hitam ini kemudian bisa menjadi tanda antara titik tengah pada bagian otot perut bagian kiri dan kanan, kemudian otot ini akan bertemu pada bagian pusat.

Jika dilihat lagi maka otot yang terpisah ini akan tampak seperti garis yang terpisah.

Apakah Garis Linea Nigra Hitam Menentukan Jenis Kelamin Bayi ?

Selama ini memang munculnya linea nigra di perut ibu hamil dilihat sebagai pertanda jenis kelamin bayi.

Beberapa mitos dipercaya bahwa garis bermula dari tulang kemaluan sampai ke pusar, maka akan melahirkan bayi perempuan. Kemudian jika garis dari bawah tulang rusuk maka akan melahirkan bayi laki-laki.

Namun ternyata menurut pendapat medis, semua ini memang hanya mitos saja. Sebab tidak semua Ibu hamil memiliki tanda linea nigra seperti itu.

Jadi tidak ada hubungan antara linea nigra di perut dan jenis kelamin bayi Anda.

Apakah Garis Hitam Di Perut Ibu Hamil Berbahaya?

Banyak ibu hamil yang khawatir jika linea nigra di perut bisa berbahaya untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Tapi menurut pendapat medis ternyata itu salah dan linea nigra memang tidak berbahaya untuk siapapun.

Linea nigra hanya akan membuat ibu cemas karena membuat perut saat hamil menjadi tidak cantik lagi. Kemudian ini juga membuat ibu khawatir jika garis hitam tersebut tidak akan hilang setelah melahirkan.

Jadi sebenarnya ibu tidak perlu khawatir karena garis hitam ini sangat alami dan tidak berbahaya untuk ibu dan janin.

Perawatan Garis Perut Linea Nigra

Bagaimana merawat Linea Nigra

Bagaimana merawat Linea Nigra

Jika mengalami linea nigra yang pekat pada perut saat hamil, apakah perlu dirawat? begini penjelasannya:

  1. Tidak perlu perawatan

Selama ibu hamil dan menderita linea nigra di perut maka ibu sebenarnya tidak perlu menjalani perawatan apapun.

Ibu tidak perlu menggunakan tindakan kosmetik untuk menghilangkan garis perut ini. Pada dasarnya jika ibu memiliki kulit yang lebih gelap, maka memang akan terlihat jelas, tapi jika tidak maka juga tidak akan terlihat.

Ketika terkena sinar matahari maka garis ini juga akan semakin jelas sehingga ibu bisa melindungi perut dari sinar matahari secara langsung.

  1. Jangan menggunakan kosmetik pemutih

Jika ibu ingin menghilangkan garis hitam ini selama hamil, maka itu tidak mungkin. Garis ini sangat alami dan tidak perlu dikhawatirkan.

Ibu sebaiknya juga tidak menggunakan krim atau bahan kosmetik apapun yang bisa memutihkan kulit.

Ini karena bahan krim kimia tertentu bisa menyebabkan efek bahaya untuk ibu dan janin, akibat bahan kimia yang masuk ke dalam kulit, darah dan kemudian mengalir melalui plasenta.

  1. Menerapkan krim pelembab

Jika ibu khawatir dengan garis hitam yang semakin gelap, maka bisa mencoba untuk menerapkan krim pelembab pada kulit.

Jenis krim yang sangat disarankan juga krim khusus yang aman untuk ibu hamil. Hindari krim pelembab yang mengandung bahan pemutih kimia karena itu tidak aman untuk ibu dan janin.

Jadi lebih baik ibu bertanya pada dokter jenis krim pelembab yang aman untuk ibu dan janin.

Cara Mencegah Garis Hitam di Perut Saat Hamil

Sebelum hamil mungkin ibu sudah bersiap untuk menghadapi kondisi ini. Namun ini adalah kondisi yang sangat alami sehingga tidak ada cara untuk mencegahnya.

Semua ibu hamil bisa mengalami garis hitam dan sama sekali tidak berbahaya.

Ibu hanya perlu menjalani kehamilan dengan baik dan sehat karena linea nigra di perut ini pasti akan menghilang secara perlahan setelah melahirkan.

Inilah penjelasan tentang mengapa muncul garis hitam di perut saat hamil. Meskipun ibu merasa khawatir tapi karena ini hal yang sangat alami maka ibu tidak perlu banyak cemas. Cukup menjalani kehamilan dengan sehat sehingga bayi juga lahir sehat.