Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Rambut Rontok Setelah Melahirkan

/
/
102 Views

Rambut rontok setelah melahirkan adalah hal yang umum dialami oleh para wanita. Di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan mencari tahu penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan.

Menjaga kecantikan dan penampilan selama hamil memang sering dilakukan oleh ibu hamil. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan rambut.

Ibu hamil biasanya sangat senang merawat rambut saat hamil karena rambut menjadi lebih tebal, halus dan memiliki tekstur yang baik. Tapi kemudian ibu menjadi sedih karena setelah melahirkan semua rambut yang indah itu akan hilang.

Kejadian rambut yang menipis dan sangat mudah rontok setelah melahirkan adalah hal yang sangat lumrah.

Kondisi ini bisa terjadi pada semua ibu hamil yang kemudian melahirkan secara caesar atau normal. Hal ini tidak dipengaruhi oleh faktor luar tapi dalam tubuh ibu sendiri.

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai mengapa rambut rontok setelah melahirkan dan bagaimana cara mengatasinya. Silahkan menyimak artikel berikut.

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Berikut ini beberapa penyebab rambut wanita rontok setelah melahirkan bayinya:

  1. Menghilangnya hormon kehamilan

Selama hamil maka tubuh ibu akan menghasilkan hormon kehamilan yang sering disebut dengan hCG. Kadar hormon ini bisa terdeteksi lewat urin atau darah.

Karena itulah tes kehamilan bisa dilakukan dengan dua cara tes ini. Kemudian dalam tubuh ibu juga memiliki beberapa kadar hormon yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak sedang hamil seperti hormon estrogen, progesteron, prolaktin dan hormon oksitosin.

Kemudian saat ibu sudah melahirkan maka semua hormon ini akan menurun dengan sangat cepat. Bahkan selama satu hari setelah melahirkan maka hormon akan kembali seimbang.

Tentu saja ada hormon yang bertahan yaitu prolaktin yang berperan dalam ASI. Ketika hormon – hormon ini turun maka bisa membuat rambut ibu rontok. Semua juga dikenal dengan rambut rontok ketika menyusui.

  1. Volume darah menurun

Selama hamil maka kondisi volume darah menjadi sangat besar. Hal ini memang sangat diperlukan oleh tubuh ibu terutama untuk memasok oksigen dan nutrisi pada janin melalui plasenta.

Volume darah ini akan menjadi lebih besar menjelang persalinan. Kemudian volume darah akan menurun setelah persalinan dengan cepat.

Terlebih jika ibu juga mengalami pendarahan. Dan inilah yang kemudian membuat rambut tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga akan banyak yang rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan
Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Berikut ini cara mengatasinya:

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Setelah melahirkan maka ibu tidak perlu berkonsentrasi pada masalah rambut.

Lebih baik jika ibu mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kondisi tubuh bisa pulih dengan cepat serta bisa memberikan ASI dengan lancar.

Berbagai jenis makanan yang bergizi dan mengantung kebutuhan nutrisi untuk tubuh bisa membuat rambut kembali normal atau tidak rontok terlalu parah.

Berbagai jenis makanan yang bisa dijadikan bahan suplemen untuk rambut misalnya seperti minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, biji bunga matahari, ubi, wortel, apel, telur, ikan salmon, ikan tuna dan minyak ikan.

  1. Kurangi perawatan rambut

Setelah melahirkan mungkin ibu ingin tetap terlihat cantik. Sebenarnya ini hal yang sangat wajar tapi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan.

Jika ibu selalu menggunakan mesin pengering rambut, berbagai produk kimia untuk rambut dan berbagai jenis produk lain maka bisa membuat rambut lebih rontok.

Ibu hanya perlu merawat rambut dengan lembut dan hindari menyisir rambut dengan kasar.

  1. Konsumsi suplemen

Jika ibu memang ingin tetap menjaga penampilan rambut maka ibu bisa mencoba minum suplemen.

Beberapa jenis suplemen memang tidak khusus untuk ibu menyusui, sehingga ibu lebih memilih vitamin yang bisa menjaga kesehatan jaringan tubuh dan kulit.

Beberapa vitamin ini seperti vitamin E dan vitamin A. Kedua jenis vitamin ini bisa membuat akar rambut menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.

  1. Gunakan shampoo khusus

Ibu juga bisa mencoba perawatan sederhana dengan menggunakan produk shampoo khusus.

Ada beberapa jenis produk yang bisa mengatasi rambut rontok dan membuat rambut menjadi lebih tebal.

Shampoo ini biasanya cukup aman untuk ibu menyusui dan tidak menyebabkan efek samping. Namun jangan menggunakan produk secara berlebihan agar rambut tidak rusak.

  1. Ganti gaya rambut

Jika rambut ibu sangat rontok maka cobalah untuk mengganti gaya rambut Anda.

Jangan mengikat rambut setiap hari karena itu bisa merusak akar rambut sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Cobalah untuk membuat rambut tergerai sehingga akar rambut menjadi lebih sehat dan mendapatkan udara yang cukup. Kemudian jaga agar kulit kepala selalu sehat sehingga tidak berketombe atau terkena jamur.

  1. Potong rambut menjadi pendek

Jika sebelumnya ibu memiliki rambut yang sangat panjang, maka juga bisa mencoba memotong rambut menjadi lebih pendek.

Gaya rambut pendek bisa membuat kondisi kulit kepala menjadi lebih sehat, akar rambut tidak rusak karena menahan beban rambut dan membuat ibu tampak lebih segar.

Karena saat menyusui setelah melahirkan biasanya tubuh ibu lebih mudah berkeringat sehingga gaya rambut pendek memang lebih sesuai.

  1. Coba ganti belahan rambut

Jika selama ini ibu selalu memiliki belahan rambut yang sama dari waktu ke waktu maka bisa mencoba belahan rambut yang berbeda.

Pilihan yang lebih tepat adalah gaya belahan rambut tengah yang bisa membuat bagian akar rambut antara bagian kanan dan kiri menjadi lebih seimbang. Dengan cara ini juga bisa membuat kondisi rambut ibu lebih nyaman.

  1. Konsumsi ikan

Kemudian untuk mengatasi rambut rontok yang sangat parah maka ibu bisa mencoba untuk mengkonsumsi ikan.

Ikan banyak mengandung asam lemak omega 3, vitamin E dan jenis vitamin lain yang diperlukan oleh rambut.

Efek nutrisi pada ikan juga sangat baik untuk menjaga akar rambut agar tidak terlalu lemah meskipun terkena dampak perubahan hormon yang sangat cepat.

  1. Gunakan aksesori yang nyaman

Jika ibu merasa malu karena rambut rontok yang sangat banyak maka cobalah untuk menggunakan aksesori yang nyaman.

Pilih hiasan rambut yang tidak mengikat terlalu kencang misalnya bandana dan pita kecil. Jangan mengikat rambut berlebihan karena pasti akan membuat rambut justru rusak dan mudah rontok.

  1. Tidak selalu memakai penutup kepala

Jika Anda menggunakan hijab maka jangan selalu memakai hijab selama 24 jam. Sesekali jika Anda di dalam ruangan atau di rumah sendiri maka biarkan rambut terkena angin.

Ketika memakai hijab terus maka rambut tidak terkena udara dan ini bisa membuat rambut mudah rontok.

Jadi biarkan rambut terkena angin karena kulit kepala dan akar rambut bisa lebih sehat.

  1. Konsumsi makanan tinggi mineral

Beberapa jenis makanan yang mengandung mineral yang tinggi ternyata sangat baik untuk menjaga agar rambut tidak mudah rontok setelah melahirkan.

Ibu bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang mengandung seng dan biotin, seperti misalnya makanan laut dan telur.

Tentu saja jika ibu menyusui dan kemungkinan bayi menderita alergi maka jangan mengkonsumsi makanan ini terlalu banyak.

  1. Cukup air putih dan istirahat

Perawatan lain yang bisa ibu lakukan adalah dengan selalu mengkonsumsi air putih yang cukup. Air putih sangat penting untuk ibu yang baru melahirkan karena bisa membantu mengatasi dehidrasi.

Perubahan hormon sering memicu tubuh ibu menghasilkan banyak keringat sehingga ibu mudah kehilangan cairan. Jadi lebih baik untuk selalu minum air putih yang cukup.

Cara lain adalah juga dengan banyak istirahat agar peredaran darah kembali lancar setelah melahirkan.

Inilah berbagai penyebab mengapa rambut rontok setelah melahirkan dan cara mengatasinya. Kondisi ini bisa terjadi pada semua ibu yang baru melahirkan. Namun ibu tidak perlu khawatir karena semua bisa diselesaikan secara alami.