Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / 5 Penyakit Penyebab Wanita Sulit Hamil

5 Penyakit Penyebab Wanita Sulit Hamil

/
/
201 Views

Hamil dan memiliki anak tentu saja adalah keinginan semua pasangan suami istri, terutama oleh mereka yang baru saja menikah.

Tapi kadang kala pada pasangan tertentu, meski sudah menikah bertahun-tahun lamanya tapi anak yang dinanti tak kunjung hadir.

Jika ini yang terjadi, maka langkah terbaik yang perlu segera dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter spesialis untuk mengetahui apa penyebab sehingga istri tidak kunjung hamil.

Penyebab wanita tidak hamil bisa terjadi karena sperma suami yang tidak sehat dan bisa juga karena adanya penyakit pada pihak istri.

Di dalam artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahas beberapa penyakit yang menjadi penyebab wanita sulit hamil. Di dunia medis, dikenal 5 penyakit yang paling sering menjadi penyebab gagal hamil pada wanita, yaitu:

1. Polycystic Ovaries Syndrome (PCOS)

Penyebab wanita sulit hamil
5 Penyebab wanita sulit hamil

Sebuah penyakit akibat produksi hormon androgen yang berlebihan. Gejala umumnya adalah badan yang terlalu gemuk atau obesitas. Produksi insulin yang berlebih membuat hormon seksual tidak berkembang dengan baik sehingga tingkat kesuburan menjadi terganggu.

2. Kerusakan Pada Tuba Falopi

Menurut Wikipedia, Tuba fallopi adalah dua buah saluran yang menjadi penghubung antara rahim dengan ovarium. Tuba Falopi merupakan saluran sel telur, jika saluran ini tersumbat, maka sperma tidak akan bisa bertemu dengan ovum, dan pembuahan otomatis tidak akan bisa terjadi.

Kerusakan pada tuba fallopi adalah salah satu penyakit yang menyebabkan wanita sulit hamil. Penyumbatan atau penyempitan tersebut bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

3. Menopause Dini

Menopause umumnya terjadi ketika wanita telah memasuki usia 40 tahun. Seorang wanita disebut mengalami menopause dini jika siklus menstruasinya berhenti padahal usia masih sangat muda.

Jika tidak mengalami menstruasi, artinya ovulasi tidak lagi terjadi pada dirinya. Jika tidak ada ovulasi, maka tidak ada ovum yang bisa dibuahi oleh sperma, akibatnya kehamilan tidak mungkin lagi terjadi.

4. Gangguan Tiroid

Wanita yang memiliki hormon tiroid dalam jumlah yang berlebihan, biasanya memiliki berat badan yang berlebihan juga. Hormon tiroid dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh. Maka dari itu, hormon ini dapat membahayakan embrio. Akibat fatal yang ditimbulkannya adalah terjadinya keguguran.

5. Endometriosis

Adalah sel-sel rahim yang harusnya terdapat di dalam rahim, malah berada di luar rahim. Ini merupakan penyakit penyebab wanita sulit hamil karena semua fungsi reproduksi otomatis akan terganggu juga.

Demikian lima penyakit penyebab wanita sulit hamil. Untuk mengetahui kondisi tersebut perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis. Setelah mengetahui jenis penyakitnya maka langkah pengobatan dapat segera dilakukan.