Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / Obat Pelancar Buang Air Besar (BAB) Untuk Ibu Hamil

Obat Pelancar Buang Air Besar (BAB) Untuk Ibu Hamil

/
/
131 Views

Masalah sulit buang air besar selalu terjadi pada ibu hamil dan ini memang sangat meresahkan. Pada dasarnya ibu hamil bisa mengalami sembelit karena masalah hormon dalam tubuh.

Semakin banyak progesteron dalam tubuh maka akan membuat kerja usus menjadi sangat berat. Kemudian ukuran janin yang terus membesar juga menyebabkan tekanan pada usus.

Akibatnya bagian usus besar tidak bekerja normal dan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk melakukan pencernaan. Karena itulah sembelit akan terjadi pada awal kehamilan maupun akhir kehamilan.

Tentu ini sangat berbahaya karena sembelit pada ibu hamil cenderung mengembangkan wasir. Tapi tenang saja, karena ada obat pelancar bab untuk ibu hamil secara medis dan alami.

Berikut daftar obat pencahar yang aman untuk ibu hamil.

  1. Obat Microlax

Microlax adalah jenis obat pencahar yang sudah sangat dikenal. Obat ini bisa dibeli secara bebas di apotik.

Obat dikemas dalam bentuk khusus sehingga ujungnya bisa dimasukkan ke dalam saluran anus. Kemudian dengan menekan isinya maka obat akan masuk ke bagian ujung usus besar.

Obat ini akan bekerja dengan cara membuat usus besar bekerja maksimal saat melakukan gerakan peristaltik. Kemudian obat juga bisa membuat tinja yang sudah mengeras menjadi lebih lunak sehingga ibu hamil bisa BAB.

Obat yang terkandung dalam microlax ternyata sangat aman untuk ibu hamil karena tidak  berpengaruh pada rahim dan janin ibu. Bahan-bahan seperti asam sorbat, sorbitol, natrium sitrat air, PEG 400 dan natrium lauril sulfoasetat terbukti aman untuk ibu hamil.

Namun karena ibu sedang hamil maka sebaiknya obat ini didapatkan dengan resep dokter agar penggunaannya diawasi oleh dokter Anda.

Obat pelancar BAB pada ibu hamil
Obat pelancar BAB pada ibu hamil
  1. Metamuzil atau psyllium

Ibu hamil yang menderita kolesterol tinggi juga biasanya akan mengalami sembelit. Untuk ibu hamil dengan keluhan ini maka jenis obat metamuzil menjadi obat yang paling tepat.

Obat bisa diminum dengan mudah yaitu dengan cara melarutkan bubuk obat dengan air hangat. Dosis dan waktu minum tetap harus diawasi oleh dokter yang merawat.

Obat ini bisa bekerja untuk membuat proses pencernaan lebih cepat sehingga ibu tidak akan mengalami sembelit. Jika ibu sudah tidak bisa bab selama kurang lebih tiga hari, maka ini obat yang bisa jadi solusinya.

  1. Obat dengan laktulosa

Jika ibu sudah menderita sembelit sampai menunjukkan gejala wasir maka ini obat yang bisa diminum. Semua jenis obat yang mengandung bahan laktulosa bisa bekerja untuk melakukan penyerapan cairan usus.

Akhirnya beberapa menit setelah minum obat maka bisa membuat tinja menjadi lebih lunak. Ibu hamil tidak perlu lagi merasakan sakit saat buang air besar.

Obat ini memang sangat aman tapi juga bisa menyebabkan beberapa risiko efek samping seperti mual, muntah, nyeri perut, diare, kembung dan gangguan tidak nyaman lain.

Karena itu obat sebaiknya diminum dengan resep dokter.

  1. Colace atau Docusate Sodium

Ini adalah obat yang sangat manjur untuk mengatasi sembelit. Tapi sayangnya obat pencahar ini sebaiknya tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Ibu hamil yang sering menderita sembelit berulang sebaiknya tidak menggunakan obat ini. Sama seperti jenis obat yang lain maka obat ini juga akan membuat tinja menjadi lebih lunak.

Obat akan bekerja dengan membuat usus besar mendapatkan banyak cairan sehingga proses menjadi lebih cepat. Namun karena ini termasuk obat keras maka bisa menyebabkan diare.

Obat harus diminum sesuai dosis sehingga kondisi sembelit bisa segera diatasi.

  1. Air putih

Salah satu obat yang sangat alami untuk mengatasi sulit bab pada ibu hamil adalah air putih. Jangan diremehkan, ternyata air putih yang cukup untuk tubuh bisa membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Air putih tidak hanya diserap oleh organ tubuh tapi juga bisa masuk ke dalam saluran pencernaan. Inilah yang bisa membuat feces menjadi lebih lunak secara alami.

Kondisi ibu hamil yang sering sembelit juga bisa karena tubuh ibu kurang cairan. Jadi pastikan minum air putih yang cukup sehingga tidak mengalami sembelit dan dehidrasi.

  1. Makan ubi jalar

Ubi jalar ternyata tidak hanya bergizi untuk ibu hamil tapi juga bisa menjadi obat sembelit. Ubi jalar ternyata mengandung sejumlah serat yang bisa masuk ke dalam usus.

Usus akan mencerna serat sehingga feces menjadi tidak terlalu keras. Awalnya setelah makan ubi jalar yang direbus atau dipanggang maka bisa membuat ibu selalu ingin buang gas.

Kemudian perut ibu mulai merasa mulas sedikit sampai akhirnya bisa buang air besar dengan normal.

  1. Obat dari jus buah prune

Buah prune sering digunakan untuk mengatasi sembelit pada anak-anak dan balita. Tapi ternyata buah prune yang sudah dibuat menjadi jus juga bisa mengatasi masalah ibu hamil sulit BAB.

Buah prune bisa mengatasi sembelit karena mengandung bahan alami dari sorbitol. Ketika bahan ini sudah masuk ke saluran pencernaan  maka bahan akan diserap oleh usus.

Kemudian ibu hanya perlu menunggu beberapa menit sebelum terasa ingin baba.

  1. Biji gandum

Obat yang sangat alami untuk mengatasi sulit bab pada ibu hamil juga bisa didapatkan dari biji gandum utuh.

Gandum termasuk biji-bijian yang mengandung serat tinggi. kandungan serat dari gandum bisa menjadi agen pencahar yang sangat baik. Dalam sebuah penelitian juga terbukti jika gandum mengandung senyawa arabinoxylan.

Senyawa ini sangat penting untuk mendukung fungsi serat yang kemudian bekerja lebih efektif lagi setelah sampai di usus.

  1. Biji rami

Ibu hamil juga bisa merebus biji rami kemudian saring dan minum airnya saat masih hangat. Biji rami adalah perawatan sembelit yang sangat alami dan tidak menyebabkan efek samping.

Ini karena biji rami juga jaya dengan sumber asam lemak esensial sehingga bisa membuat usus bekerja lebih baik.

Gerakan peristaltik usus besar ternyata menjadi lebih aktif setelah mendapatkan bahan teh dari biji rami.

Jika ibu tidak bisa minum teh biji rami secara langsung maka bisa membiasakan makan biji ramu dengan sereal atau salad sayur dan buah.

  1. Jus buah plum

Kemudian jika ibu menjauhi semua jenis obat pencahar medis maka bisa minum jus buah plum. Jus buah plum sangat baik untuk sembelit karena mengandung serat yang sangat tinggi.

Kemudian senyawa warna ungu dan merah pada buah plum juga terbukti mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Selain sebagai agen pembersih maka jus buah plum juga sangat baik untuk mengatur tekanan darah agar normal.

Namun karena jus buah ini mengandung rasa asam maka minum dengan campuran madu.

  1. Makanan berserat tinggi

Tidak semua sakit pada ibu hamil harus diobati dengan obat medis. Ada beberapa jenis obat alami yang sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit seperti sembelit.

Untuk melancarkan BAB maka ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Beberapa jenis makanan seperti sayuran hijau brololi, bayam, kale, sawi dan lobak bisa membuat ibu terhindar dari sembelit.

Kemudian ibu juga bisa aktif makan buah setiap pagi agar bab bisa lancar. Buah yang sangat disarankan seperti kiwi, pepaya, pir, apel, buah naga, jeruk dan jenis buah lainnya.

Jadi itu semua daftar obat pelancar bab untuk ibu hamil secara medis dan alami. Obat medis bisa jadi alternatif terakhir ketika obat alami sudah tidak bekerja aktif.

Namun selalu lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter kandungan Anda agar bisa menerima dosis obat yang tepat.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/constipation-remedies
  2. http://americanpregnancy.org/is-it-safe/laxatives-during-pregnancy/
  3. https://momlovesbest.com/constipation-during-pregnancy