Perkembangan Janin Minggu Ke- 16

Saat usia janin masuk minggu ke 16, janin mengalami banyak perubahan signifikan. Ibu hamil 16 minggu sudah bisa merasakan perubahan yang terjadi tersebut di dalam perutnya.

Dalam beberapa minggu ke depan, perkembangan janin akan semakin pesat, baik itu berat dan ukuran tubuhnya.

Saat ini, ukuran panjang janin 16 minggu seukuran buah alpukat yakni sekitar 4 1/2 inci panjang (dari kepala ke pantat) dan 3 1/2 ons beratnya.

Kaki janin jauh lebih berkembang, dan kepalanya lebih tegak daripada minggu ke 15 kemarin.

Pola kulit kepalanya telah dimulai. Janin 16 minggu bahkan mulai menumbuhkan kuku kaki. Dan ada banyak hal yang terjadi di organ dalam juga.

Misalnya, jantungnya sekarang memompa sekitar 25 liter darah setiap hari, dan jumlah ini akan terus meningkat seiring perkembangan usia dari minggu ke minggu.

Pergerakan janin terasa lebih dibandingkan periode sebelumnya. Memasuki usia kehamilan 4 bulan, janin sudah nampak menyerupai menusia lengkap, dengan berbagai macam indera di tubuhnya.

Janin sudah bisa dikatakan telah dewasa, semua organnya telah berkembang dengan sempurna. Hanya dibutuhkan pematangan agar organ janin lebih sempurna lagi.

Perkembangan janin minggu ke-16

Perkembangan janin minggu ke-16

Memasuki pekan ke-16, beberapa perkembangan yang terjadi pada janin sebagai berikut:

  1. Organ yang mengalami pendewasaan, adalah organ bagian telinga luar, telinga luar sudah terbentuk bahkan sudah mulai mengeras.
  2. Wajah bagian luar janin sudah terbentuk, sehingga samar-samar ibu bisa melihat wajah janinnya.
  3. Sirkulasi pada si bayi dan kandung kemihnya kini telah sepenuhnya bekerja dan berfungsi.
  4. Saat ini, mungkin si bayi sudah mulai menemukan mainan barunya karena telah menyadari ada tali pusatnya yang membentang. Janin akan belajar memegangnya, namun jangan khawatir, genggamannya tidak akan mengganggu sirkulasi darah.
  5. Seiring dengan perkembangan yang begitu pesat, kini otot pada wajah janin perlahan telah terbentuk, meski belum bisa dikontrol dengan baik oleh janin.
  6. Sistem saraf pada janin sudah berkembang, sehingga otot pada anggota tubuhnya dapat melentur dengan baik.
  7. Pekan ini, janin sudah bisa melirik ke kanan-kiri, meski kelopak matanya masih tertutup untuk melindungi matanya. Otot yang mengontrol mata sudah bisa bekerja. Bayi akan memicingkan mata jika silau oleh sinar yang masuk melalui dinding perut.
  8. Janin sudah bisa membuka sedikit mulutnya dan menggerakkan bibir mungilnya. Janin terus berlatih gerakan bernapas dan menelan. Jadi air ketuban terus “didaur ulang”. Meski volumenya hanya segelas, namun air ketuban akan menjaga dan memberi janin kehangatan.
  9. Bayi melakukan banyak gerakan minggu ini. Bagi ibu yang baru mengalami kehamilan, hal ini mungkin belum terasa.
  10. Perkembangan otot-otot janin yang semakin kuat, membuatnya bisa menegakkan kepala dan leher dari posisinya yang semula meringkuk.

Kehamilan antara minggu ke-16 dan minggu ke-18,  merupakan waktu untuk berbicara dengan dokter atau perawat kesehatan tentang pro dan kontra tes AFP alpha-fetoprotein atau tes AFP.

Tes darah sederhana ini, dimaksudkan untuk memeriksa kemungkinan kerusakan di waktu kelahiran seperti Down’s syndrome dan spina bifida.

Bagi pasutri sebaiknya memanfaatkan waktu ini untuk babymoon sebab memasuki trimester ketiga kelak atau ketika bayi telah lahir, Anda dan pasangan Anda tidak akan memiliki banyak waktu yang cukup satu sama lain.

Trimester kedua adalah waktu yang ideal untuk melakukan perjalanan. Pada trimester ketiga Anda, Anda mungkin merasa terlalu lelah dan lelah untuk mencapai jalan.

Jika Anda tidak bisa keluar kota, rencanakan aktivitas lokal yang dapat Anda nikmati bersama seperti makan malam berdua atau nonton film bareng.