Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Pembukaan Persalinan

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Pembukaan Persalinan

/
/
302 Views

Rasa sakit yang muncul saat pembukaan menjelang persalinan (melahirkan) adalah hal yang normal dan pasti dialami semua Ibu hamil.

Ketika sudah melewati pembukaan sampai 10 maka bayi siap dilahirkan dengan posisi yang normal. Namun terkadang ibu hamil merasa tidak kuat untuk menghadapi rasa sakit saat pembukaan dalam persalinan.

Akibatnya ibu menyerah pada tahap proses pembukaan dan saat menunggu pembukaan. Tentu ini hal yang tidak nyaman.

Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan Ibu hamil untuk mengurangi rasa sakit tersebut, dan melalui artikel pengenhamil.com kali ini kita akan mengulasnya secara tuntas.

Teknik Untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Pembukaan Menjelang Melahirkan

Untuk mengurangi rasa sakit saat pembukaan menjelang persalinan, anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Tehnik hypnobirth

Teknik hypnobirth mengurangi rasa sakit saat melahirkan
Teknik hypnobirth mengurangi rasa sakit saat melahirkan

Saat ini banyak ibu hamil yang mencoba mendidik diri saat menjelang persalinan dengan mempelajari tehnik hypnobirth.

Tehnik ini akan diajarkan secara khusus oleh ahli terapis yang bermanfaat untuk mengurangi rasa takut dan cemas saat pembukaan.

Persalinan dengan metode ini bisa membuat ibu merasa lebih nyaman dan tidak tegang sehingga rasa sakit pembukaan juga akan berkurang.

Tehnik ini dilakukan dengan menggunakan beberapa poin penting yaitu pernafasan, visualisasi, vokalisasi, model perhitungan dan perumpamaan.

Rahasia penting untuk bisa melahirkan tanpa rasa sakit dengan tehnik hypnobirth adalah tetap santai selama proses pembukaan. Karena ketika ibu merasakan sangat takut maka akhirnya justru akan semakin sakit.

2. Terapkan tehnik lamaze

Cara lain untuk menghilangkan atau mengatasi rasa sakit saat pembukaan persalinan adalah dengan tehnik lamaze. Ini adalah salah satu tehnik yang sangat populer di Amerika Serikat.

Tehnik ini biasanya harus dipelajari jauh sebelum melahirkan sehingga bisa dimulai sejaka awal trimester ketiga. Sudah banyak instruktur di kelas kehamilan yang menawarkan metode ini.

Kunci utama bisa sukses melewati pembukaan tanpa rasa sakit adalah dengan memahami bahwa melahirkan adalah hal yang sangat alami.

Kemudian ibu akan diajari cara untuk bernafas yang baik selama persalinan, tetap santai dan menjaga tubuh ibu sehingga tidak melawan proses pembukaan. Tehnik ini juga mengajarkan tentang pikiran yang selalu bersih saat persalinan.

3. Tehnik Bradley

Lalu masih ada tehnik Bradley untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan, dimana Anda dan suami bekerjasama untuk melewati proses persalinan yang indah.

Kunci utamanya adalah peran suami yang mengawasi dan mendukung kesehatan istri selama hamil. Suami harus mengajak istri untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

Bahkan suami juga harus terlibat dengan kelas kehamilan dan olahraga bersama istri. Kemudian saat praktik melahirkan maka suami harus bisa membuat istri santai selama pembukaan.

Tehnik ini sangat alami karena dalam prosesnya juga tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit.

4. Tehnik perawatan akupuntur

Jika Anda menyukai tehnik perawatan jarum maka akupuntur bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Cara ini akan dilakukan oleh dokter atau terapis yang memang ahli untuk merawat ibu yang akan melahirkan.

Titik akupuntur tertentu akan diterapi dengan jarum sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Bahkan tehnik ini bisa mengatasi masalah posisi bayi yang sungsang.

Manfaat positif melahirkan dengan tambahan perawatan akupuntur adalah bisa mencegah perdarahan setelah melahirkan dan membuat ibu merasa tidak terlalu sakit saat pembukaan.

5. Posisi jongkok saat melahirkan

Salah satu posisi yang umum saat melahirkan adalah dengan tidur telentang sementara kaki berada dalam posisi untuk mengejan.

Namun ternyata posisi ini dianggap kurang nyaman karena bisa membuat ibu merasa sangat sakit. Untuk mengatasinya maka bisa mencoba posisi jongkok sama seperti ketika akan buang air besar.

Posisi ini sangat baik untuk membantu ibu bisa mengejan dengan baik tanpa merasa terlalu sakit. Ini juga bisa mengatasi robeknya perineum karena proses mengejan yang salah saat bayi lahir.

Posisi yang lain bisa dilakukan sambil duduk sementara badan ke depan dan kaki menekuk. Posisi ini akan membuka jalan lahir secara alami sehingga proses pembukaan lebih lancar.

6. Senam dengan bola khusus

Senam hamil yoga ball
Senam hamil yoga ball

Selama sudah melewati proses pembukaan awal maka ibu bisa mencoba melakukan senam dengan menggunakan bola khusus.

Senam ini sangat baik untuk mendorong agar pembukaan bisa berjalan lebih cepat dan lancar. (Baca juga: Senam Untuk Mempermudah Persalinan)

Ada beberapa gerakan seperti dengan duduk di bola sambil relaksasi pada punggung. Atau dengan membuat area punggung bawah bergoyang dengan santai.

Cara ini sangat penting untuk mendorong agar bayi bisa turun lebih cepat sehingga pembukaan juga lebih cepat. Gaya gravitasi menjadi hal paling utama untuk mendapatkan proses pembukaan yang sempurna.

7. Terapi dengan musik

Banyak ibu hamil yang mencoba menghilangkan rasa sakit selama pembukaan persalinan dengan terapi musik. Cara ini dilakukan dengan mendengarkan musik yang indah dan volume yang rendah.

Kemudian lampu kamar sebaiknya dibuat redup dan ibu harus ditemani oleh pasangan. Cara ini bisa membuat ibu mengendalikan rasa sakit.

Pernafasan yang santai dan nyaman sangat diperlukan dalam tehnik ini. Ibu juga harus berusaha untuk menerima kondisi bayi yang akan lahir.

Pemikiran yang positif akan membuat persalinan menjadi lebih cepat.

8. Kompres dan pijatan

Ketika ibu sudah merasa sangat sakit karena pembukaan maka ibu bisa kehilangan daya tubuh. Akibatnya ibu bisa menjadi sangat emosi dan kehilangan kontrol.

Untuk mengatasi rasa sakit ini maka ibu bisa mencoba untuk mendapatkan kompres dingin atau hangat pada area kepala, punggung dan sekitar panggul. Kemudian berikan pijatan yang sangat lembut pada bagian punggung bawah.

Dengan kompres dan pijatan maka bisa membuat otot tubuh ibu menjadi lebih santai dan sangat nyaman. Akhirnya ibu bisa melewati pembukaan persalinan tanpa rasa sakit.

9. Berendam dalam air hangat

Jika ibu memilih proses persalinan di dalam air, maka saat pembukaan ibu bisa mencoba untuk berendam dalam air. Proses ini akan membuat pembukaan menjadi tidak terlaku menyakitkan karena tekanan air membuat jalan lahir lebih nyaman.

Biasanya ketika sudah ada pembukaan maka ibu bisa masuk ke dalam kolam. Suhu air akan disesuaikan dengan suhu yang paling nyaman untuk ibu.

Bidan dan pasangan bisa sambil memberikan pijatan dan tekanan pada bagian punggung bawah ibu.

Lalu jika ibu merasa lelah maka bisa berpindah ke tempat tidur. Dengan cara ini maka pembukaan menjadi sangat lancar dan mudah.

10. Pernafasan yang tepat

Senam duduk bersila memudahkan persalinan
Senam duduk bersila memudahkan persalinan

Cara lain untuk mengurangi rasa sakit saat pembukaan persalinan dengan melakukan latihan pernapasan.

Anda bisa melewati pembukaan yang nyaman adalah proses pernafasan yang tepat. Jika ibu mengikuti senam hamil maka tehnik ini akan diajarkan menjadi beberapa tahap.

Pada dasarnya ketika mulai pembukaan maka ibu harus mengatur nafas dan jarak nafas yang teratur. Ketika sudah muncul kontraksi maka pahami pernafasan seperti apa yang paling nyaman.

Jangan bernafas dengan cara yang terburu-buru karena tubuh ibu bisa kehilangan banyak oksigen. Atur kapan harus menarik nafas dari hidung dan menghembuskan nafas dari mulut.

Cara ini sangat baik untuk membantu mengatur pembukaan lebih cepat dan mengurangi risiko robeknya perineum.

Melahirkan secara normal tentu sudah menjadi kodrat setiap wanita. Karena itulah semua ibu hamil pasti menginginkan persalinan normal yang aman dan nyaman.

Namun untuk bisa melewati persalinan normal maka ibu harus siap dengan proses yang paling menyakitkan yaitu pembukaan. Pembukaan normal membutuhkan waktu dari mulai beberapa jam sampai bisa penuh sempurna.

Nah seperti itulah berbagai cara mengurangi rasa sakit saat pembukaan persalinan. Semua ibu hamil bisa mempelajari tehnik ini sebelum melahirkan sehingga ketika sudah menghadapi kontraksi tidak perlu panik lagi dan ilmu bisa diterapkan.

Sumber: