Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Perkembangan Janin / Perkembangan Janin Masa Kehamilan Trimester Ketiga

Perkembangan Janin Masa Kehamilan Trimester Ketiga

/
/
13 Views

Selamat! Kini Anda telah memasuki tahap atau periode terakhir dalam masa kehamilan Anda, yakni masa kehamilan trimester ketiga. Tentunya ini menjadi sebuah perjuangan yang panjang namun membahagiakan, bukan?

Banyak hal baru yang telah Anda rasakan pada trimester satu dan dua, tapi tunggu dulu, pada trimester terakhir ini akan jauh lebih banyak kejutan menyenangkan yang menanti Anda.

Apa-apa saja kejutan-kejutan menyenangkan itu? Apa saja yang dialami janin dalam masa kehamilan trimester ketiga?
Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas perkembangan janin pada masa kehamilan trimester pertama dan juga trimester kedua.

Di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan mengupas tuntas pengetahuan seputar ibu hamil, khususnya mengenai perkembangan janin pada masa kehamilan trimester ketiga.

Masa Kehamilan Trimester Ketiga

Kehamilan trimester ketiga adalah masa kehamilan 7 bulan hingga 9 bulan atau menjelang masa persalinan.

Tahap ini merupakan bagian akhir dari proses kehamilan manusia untuk dilanjutkan dengan proses kelahiran, pertumbuhan kanak-kanak, menjadi dewasa dan seterusnya.

Usia kehamilan sembilan bulan pada umumnya secara fisik ditandai dengan membesarnya rahim. Calon ibu memiliki kebiasaan-kebiasaan baru terkait perubahan fisik dan hormonal dalam tubuhnya.

Misalnya suka memakai baju daster, gemar berdandan rapi, mengidam atau menginginkan makan makanan tertentu, lebih peka terhadap bau tertentu dan kadang kala suka marah-marah yang tidak jelas alasannya.

Apa saja perkembangan janin dan kondisi tubuh wanita hamil pada trimester ketiga? Berikut ini penjelasannya.

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Usia 7 Bulan (Minggu ke-29 sampai ke-32)

Kehamilan trimester ketiga
Kehamilan trimester ketiga

Kehamilan wanita pada bulan ketujuh ditandai dengan melunaknya dinding rahim sebagai persiapan menanam blastosit. Akibat melunaknya mulut rahim seorang wanita hamil, maka akan terjadi penebalan lendir mulut rahim.

Proses ini akan menghasilkan sumbatan dalam saluran mulut rahim dan akan terbuka bila janin dalam kandungan mengalami kontraksi dan siap untuk dilahirkan.

Hal inilah yang oleh masyarakat umum disebut sebagai pembukaan persalinan. Jadi, jangan terburu takut mendengar kata penyumbatan mulut rahim. Hal ini normal terjadi.

Pada usia kehamilan tujuh bulan juga telah terjadi perubahan pada fisik calon bayi. Tubuh, kaki dan wajah sudah terbentuk mendekati sempurna.

Perubahan lain yang sudah terlihat saat memasuki trimester ketiga adalah pembentukan saluran pencernaan dan usus depan, tulang ekor, dan perkembangan paru-paru.

Perubahan lainnya yang tampak nyata antara lain bakal wajah, pigmentasi iris mata dan lubang mulut. Bakal kaki dan bakal lengan juga sudah dapat terlihat jelas meskipun belum bisa dibedakan antar jari-jari tangan.

Usia janin tujuh bulan adalah salah satu moment penting dalam proses kehamilan. Adat istiadat yang berlaku di masyarakat Indonesia menandai hal ini dengan upacara adat tujuh bulanan, mitoni dan beberapa istilah lainnya.

Upacara adat ini dilakukan dengan mengundang tetangga sekitar rumah untuk acara kenduri. Do’a dan harapan dipanjatkan oleh kedua orang tua dan anggota keluarga lainnya kepada Tuhan dengan harapan bayi akan terlahir dengan selamat, sehat dan tidak kurang apapun.

Berikut adalah perkembangan yang menakjubkan dari janin Anda pada usia 7 bulan di trimester ketiga.

  1. Pada usia 29 minggu, janin Anda akan memiliki berat sebesar 1.2 kg dengan panjang sekitar 37 cm. Paru-paru bayi Anda semakin kuat untuk bernafas sehingga pernafasannya jauh lebih teratur. Tulang yang terbentuk juga semakin solid.
  2. Di minggu ke 30, bayi Anda akan semakin aktif sehingga Anda akan jauh lebih sering merasakan tendangan bayi. Bahkan terkadang tangan dan kakinya akan terjiplak pada permukaan perut Anda sehingga Anda dapat melihatnya. Panjang bayi Anda di minggu ini adalah 1.4 kg dengan panjang 38 cm. Kelopak matanya juga telah bisa membuka dan menutup.
  3. Seluruh organ bayi di masa trimester ketiga telah bekerja dengan sempurna kecuali sebagian kecil paru-parunya. Ia akan mulai cegukan di usia 31 minggu ini sehingga Anda akan merasakan sentakan saat ia cegukan. Syaraf pada otak bayi juga semekin berkembang bahkan telah bisa mengolah informasi. Akan semakin baik jika Anda terus mengkonsumsi makanan yang bergizi.
  4. Di minggu ke 32, panjang bayi Anda telah mencapai 42 cm dengan berat 1.8 kg. Paru-parunya mulai berkembang dengan sempurna. Ia juga telah merespon cahaya dari luar dengan mengedipkan mata ketika dicahayai.

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Usia 8 Bulan (Minggu ke-33 sampai ke-36)

Kondisi yang dialami oleh ibu hamil pada usia kandungan 8 bulan adalah pembesaran rahim. Membesarnya rahim ini mengakibatkan wanita merasa melar pada bagian pinggang sehingga baju yang dipakai mengetat.

Pada sebagian wanita, pembesaran rahim ini tidak terlihat secara kasat mata, hanya dokter yang bisa melakukan pemeriksaan sehingga bisa dipastikan usia kehamilan seorang janin. Tetapi secara normalnya, pembesaran perut wanita sudah terjadi sejak trimester ketiga.

Janin yang telah berusia delapan bulan ditandai dengan terbentuknya bakal telinga luar, bakal jari kaki, bakal jari tangan, bakal mata dan usus halus. Pembentukan bakal jari kaki dan lengan mengalami pembengkokan pada bagian siku dan pergelangan tangan.

Sementara itu, pembentukan wajah pada janin berusia 8 bulan ditandai dengan terbentuknya ujung hidung dan bibir atas.

Sedangkan bakal kelopak mata dan mata telah terbentuk meski posisinya masih berjauhan. Wajah janin akan terus berkembang hingga mendekati sempurna dan siap dilahirkan.

Usia janin delapan bulan juga ditandai dengan terbentuknya usus halus yang panjangnya melebihi rongga perut. Akibat kondisi fisiologis ini adalah perut janin tidak bisa menampung panjang usus halus yang terburai.

Bila kita amati melalui tes USG maka usus halus ini akan membentuk tonjolan menuju tali pusat calon bayi.

Wanita hamil tidak perlu khawatir bila melihat dalam hasil USG terdapat tonjolan dalam perut janin. Kondisi ini sifatnya normal dan akan terus berkembang sampai menuju masa persalinan.

Berikut ini beberapa perkembangan janin di masa kehamilan trimester ketiga bulan ke-8:

  1. Jari-jari bayi Anda telah terbentuk dengan sempurna. Lemak di tubuh juga semakin banyak dengan berat badan mencapai 2 kg. Pada minggu ke 33 ini, panjang bayi Anda telah mencapai 43 cm.
  2. Minggu selanjutnya, bayi Anda sudah pintar mengedip-kedipkan mata. Jika ia laki-laki, testikelnya juga sudah mulai terbentuk. Di usia kehamilan ini, Anda juga akan merasakan kontraksi palsu yang jauh lebih sering karena pergerakan bayi yang semakin sempit di dalam rahim.
  3. Di usia 35 minggu, bayi Anda telah mencapai 2.4 kg dengan panjang 45 cm. ia telah pandai mengisap dan belajar menyusui untuk nantinya. Di minggu ini, bayi Anda akan berputar ke bawah tempat jalan lahir secara alami. Ia akan terus berputar hingga tiba waktunya keluar nanti.

Perkembangan Janin Pada Kehamilan Usia 9 Bulan Trimester Ketiga (Minggu ke-37 sampai ke-40)

Perkembangan janin pada usia sembilan bulan dari masa kehamilan seorang wanita ditandai dengan telah terbentuknya anggota-anggota tubuh janin dengan lengkap meski fungsinya belum sempurna.

Mata sudah terbentuk dengan baik walaupun masih tertutupi oleh membran kelopak. Jari tangan, jari kaki, telapak tangan dan telapak kaki juga telah dapat dilihat dengan jelas di bawah pemeriksaan menggunakan USG. Denyut jantung janin telah menunjukkan aktivitas kehidupan.

Secara umum, janin telah berkembang mendekati bentuk bayi dengan kondisi fisik kepala lebih besar daripada tubuh.

Menjelang masa persalinan adalah waktu yang kritis bagi wanita hamil. Aktivitas sehari-hari yang menguras tenaga sebaiknya dihentikan dan perhatian difokuskan kepada keselamatan ibu dan calon bayi pada masa persalinan.

Gejala mual-mual dan ingin muntah di pagi hari biasanya telah berkurang menjelang masa persalinan. Meski demikian, asupan makanan bergizi harus tetap diberikan kepada ibu dan calon bayi agar ibu tetap sehat dan bayi lahir selamat.

Usia kehamilan sembilan bulan adalah masa-masa terakhir wanita mengandung dan memerlukan perhatian ekstra. Lama masa kehamilan manusia normal adalah 9 bulan 10 hari.

Beberapa wanita memiliki masa kehamilan yang lebih singkat atau bahkan lebih lama namun bayi yang dilahirkan tetap normal.

Hal ini dipengaruhi oleh kondisi fisik, psikologis, asupan gizi, aktivitas sehari-hari maupun riwayat keturunan keluarga.

Meski demikian, secara umum kita berpatokan bahwa masa usia kehamilan adalah 9 bulan oleh karena itu wanita hamil dan calon ayah harus bersiap-siap menghadapi persalinan.

  1. Tepat di minggu ke 37, bayi Anda akan mulai berkurang gerakannya akibat keterbatasan ruang gerak. Ia juga telah memproduksi hormon cortisone yang akan membantunya menyempurnakan organ pernafasannya nanti. Panjang bayi Anda kini telah mencapai 47 cm dengan berat badan 3 kg.
  2. Bayi Anda telah siap lahir ke dunia. Seluruh organnya telah terbentuk dan bekerja dengan sempurna. Bulu di tubuhnya juga mulai berkurang dan sistem imunnya telah sempurna dalam menghadapi bakteri dan kuman di dunia luar rahim nanti. Bersiaplah untuk melahirkan penerus Anda.

Demikian perkembangan janin pada masa kehamilan trimester ketiga yang dimulai pada bulan ketujuh sampai bulan ke sembilan, semoga bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar