Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Manfaat Mendengar Musik Saat Hamil

Manfaat Mendengar Musik Saat Hamil

/
/
107 Views

Masa kehamilan selalu menjadi masa paling mendebarkan dan membahagiakan bagi setiap ibu hamil. Begitu berharganya masa kehamilan, sehingga banyak sekali kegiatan positif yang sangat dianjurkan ketika seorang wanita sedang hamil.

Salah satunya adalah mendengarkan musik saat hamil. Mendengarkan musik saat hamil ternyata bukan hanya sekedar kegiatan yang menyenangkan saja, tapi juga memiliki banyak manfaat baik bagi ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya.

Bukan hanya sekedar opini masyarakat belaka, beberapa ahli kandungan memang menyarankan untuk mendengarkan musik saat hamil karena dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil maupun bayi dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan musik saat hamil:

1. Mengurangi stres bagi ibu hamil

Stres merupakan salah satu hal yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini diakibatkan adanya perubahan hormon pada ibu hamil.

Namun tingkat stres pada ibu hamil dapat dikurangi dengan mendengarkan musik. Ibu hamil yang mendengarkan musik, terutama jenis musik klasik akan merasa jauh lebih tenang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Maryland School of Medicine pada tahun 2008, mendengar musik selama 30 menit dapat membantu melepaskan hormon endorphin sehingga mengurangi stres.

Hormon endorphin adalah hormon yang mengatur kesenangan atau kebahagiaan.

2. Meningkatkan pertumbuhan otak anak

Mendengar musik ternyata juga berdampak baik bagi perkembangan otak anak. Beberapa ahli kandungan pun menyarankan pada ibu hamil untuk rutin memperdengarkan musik tertentu pada bayi.

Meskipun masih dalam kandungan, tapi bayi sudah bisa dapat mendengar pada kehamilan trimester kedua atau usia 4 bulan. Pada saat ini, ibu hamil bisa mulai memperdengarkan musik dengan meletakkan headset pada perut sehingga bayi bisa mendengar lebih jelas.

Namun perlu diingat, memperdengarkan musik pada bayi dalam kandungan bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak anak bukan untuk mencerdaskan anak.

Opini mengenai musik klasik yang mampu mencerdaskan anak tidak bisa dianggap sepenuhnya benar.

Hal ini dikarenakan hingga kini belum ada penelitian yang memastikan bahwa mendengar musik saat hamil mampu mencerdaskan otak anak.

Janin dalam kandungan mendengar musik
Janin dalam kandungan mendengar musik

3. Meningkatkan kualitas tidur

Mendengar musik selama kehamilan juga berdampak baik pada pola tidur ibu hamil dan bayi. Hal ini berkaitan dengan berkurangnya stres pada ibu hamil.

Bagi ibu hamil, sulit tidur memang merupakan hal yang biasa terjadi. Namun akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil yang kekurangan tidur akan lebih mudah terkena berbagai penyakit yang nantinya justru juga akan berdampak buruk bagi perkembangan bayi di dalam kandungan.

Mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil. Tidur ibu hamil akan jauh lebih tenang dan nyenyak dibandingkan jika tidak mendengarkan musik sebelum tidur.

Sedangkan bagi bayi dalam kandungan, manfaat musik juga akan berdampak baik pada perkembangannya setelah lahir nanti. Bayi yang telah terbiasa mendengar musik ketika masih di dalam kandungan akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak pula nantinya.

4. Bayi jadi lebih aktif

Bayi yang terbiasa mendengarkan musik saat masih dalam kandungan akan jauh lebih aktif. Alunan musik akan membuat bayi memberikan banyak respon.

Ketika mendengar musik, bayi akan membuka mata, menggerakkan tangan, dan menendang sebagai respon dari informasi yang ia terima dari luar. Setiap indranya pun menjadi lebih berkembang karena bayi mulai belajar menggunakannya.

5. Bayi jadi lebih tenang

Bukan hanya ibu hamil saja yang akan lebih tenang saat mendengarkan musik, tapi juga si bayi dalam kandungan. Hal ini tentunya akan timbul jika yang diperdengarkan adalah musik klasik atau jazz yang memiliki nada yang teratur dan lembut.

Bayi bukan hanya akan lebih tenang di dalam kandungan tapi juga setelah lahir. Ibu akan jauh lebih mudah membuat bayi menjadi lebih tenang saat ia rewel nantinya.

6. Membentuk kepribadian bayi

Mendengar musik ketika hamil juga akan membantu ibu hamil untuk membentuk kepribadian bayi. Meskipun terdengar terlalu awal, namun ternyata hal ini memang memberikan dampak baik bagi perkembangan kepribadian bayi nantinya.

Bayi akan memiliki kepribadian yang sesuai dengan musik yang diperdengarkan ketika masih di dalam kandungan. Bayi yang terbiasa mendengarkan musik yang lembut akan memiliki kepribadian yang lembut pula dan sebaliknya dengan bayi yang diperdengarkan musik yang keras, maka akan memiliki kepribadian yang keras pula.

7. Mengoptimalkan pertumbuhan bayi

Mendengarkan musik bukan hanya kegiatan yang menyenangkan bagi ibu hamil. Selain mampu memberikan ketenangan bagi ibu hamil, mendengarkan musik juga akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si bayi dalam kandungan.

Bayi yang mendapatkan stimulasi dari luar akan jauh lebih cepat dan baik dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Stimulasi berupa alunan musik akan mengaktifkan sel-sel saraf pada otak bayi sehingga seluruh sel pada tubuh bayi juga akan lebih aktif lagi.

Itulah 7 manfaat besar mendengarkan musik saat hamil. Kegiatan mendengarkan musik bisa menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikan untuk dilakukan di waktu luang.

Selain sebagai kegiatan ‘me time’ dalam memanjakan diri sendiri, mendengarkan musik kesukaan juga memberikan dampak baik bagi si kecil. Namun pastikan untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini ketika mendengarkan musik:

1. Volume yang pas

Ingatlah bahwa indra pendengaran bayi Anda masih dalam tahap perkembangan sehingga jangan sampai menggunakan volume yang keras ketika memperdengarkan musik pada bayi di dalam kandungan.

Hindari pula berada di tempat yang memiliki dentuman musik yang keras seperti studio, bioskop, atau acara musik. Dentuman musik yang keras dapat menyebabkan bayi menjadi gelisah dan gampang stres.

2. Pilih musik yang tenang

Meskipun Anda adalah penikmat musik keras seperti rock atau metal, ada baiknya untuk tidak mendengarkan musik jenis tersebut ketika hamil. Pilihlah musik yang jauh lebih tenang agar pikiran juga menjadi lebih tenang.

Musik yang lembut juga akan sangat baik bagi bayi dibandingkan dengan musik yang keras yang justru dapat membuat bayi menjadi gelisah.

3. Putar musik offline

Ada baiknya untuk menghindari radiasi sebisa mungkin ketika hamil, termasuk radiasi dari sinyal internet. Gunakan musik yang diputar secara offline sehingga aman untuk didengarkan dalam waktu yang cukup lama.

Mendengarkan musik dengan pemutar musik online yang terhubung dengan internet, seperti ponsel, akan memberikan dampak yang buruk bagi kandungan, apalagi jika dilakukan dalam waktu cukup lama atau intensitas yang terlalu sering.

Radiasi yang dikeluarkan melalui sinyal ponsel dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan bayi secara tidak langsung. Maka dari itu, hindari berbagai perangkat yang mempunyai radiasi yang cukup tinggi selama masa kehamilan.

Demikianlah artikel tentang mendengar musik saat hamil yang singkat ini. Masa kehamilan merupakan masa paling indah dalam hidup seorang wanita, maka lewatilah masa terindah tersebut dengan baik.

Sumber:

  1. https://www.laksani.com/lagu-klasik-untuk-ibu-hamil/
  2. https://manfaat.co.id/5-manfaat-mendengarkan-musik-klasik-untuk-bayi-ibu-hamil
  3. https://hellosehat.com/kehamilan/perkembangan-janin/manfaat-mendengarkan-musik-saat-hamil-bagi-ibu-dan-bayi/
  4. https://bidanku.com/pengaruh-musik-klasik-terhadap-janin-anda