Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi dan Ibu

Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi dan Ibu

/
/
3 Views

ASI adalah makanan dan minuman khusus untuk semua bayi yang baru lahir. ASI diproduksi dalam tubuh ibu sendiri sehingga bayi yang baru lahir bisa langsung mendapatkan ASI.

Selama hamil maka tubuh ibu memproduksi hormon khusus untuk menyiapkan payudara menghasilkan ASI. Kemudian setelah melahirkan maka bayi akan mendapatkan ASI pertama yang berwarna keruh dan kekuningan.

ASI pertama inilah yang sering disebut kolostrum dan memberi manfaat yang sangat besar untuk kesehatan bayi. Kemudian selanjutnya ASI akan diberikan secara terus menerus sampai bayi berusia 2 tahun.

Tentunya memberikan ASI ekslusif secara penuh sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Berikut ini adalah beberapa manfaat meberi ASI ekslusif bagi bayi dan ibu yang perlu Anda ketahui.

Manfaat ASI (Air Susu Ibu) Bagi Bayi

Manfaat Air susu ibu bagi bayi dan janin
Manfaat Air susu ibu bagi bayi dan janin

Berikut ini beberapa manfaat ASI bagi bayi:

  1. Nutrisi yang tepat untuk bayi

ASI sudah pasti menjadi nutrisi yang sangat tepat sesuai dengan kebutuhan bayi. Bahkan menurut sebuah studi tidak ada jenis susu lain yang bisa menyamai kandungan nutrisi ASI.

Karena itulah ASI bisa dicerna dengan mudah untuk pencernaan bayi yang baru lahir. Jadi memang ASI sesuai dengan kebutuhan bayi dan tidak disarankan untuk memberikan susu formula langsung pada bayi.

Kecuali dengan alasan dari dokter yang mengijinkan Anda memberikan susu formula khusus untuk bayi.

  1. Baik untuk pencernaan bayi

Sebenarnya organ pencernaan bayi masih terus berkembang meskipun sudah lahir dan terlihat sempurna dari luar. Dengan bantuan ASI maka perut bayi bisa mencerna ASI dengan baik tanpa harus sakit perut.

ASI mengandung protein khusus yaitu lactalbumin dan lemak yang bisa membuat usus bayi menjadi lebih sehat. Kandungan nutrisi ini juga penting untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam perut bayi.

  1. Menjaga bayi dari sakit

ASI menjadi satu-satunya minuman yang sangat dibutuhkan oleh bayi. ASI bisa membantu tubuh bayi menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Hal ini karena ASI menjadi cairan yang sangat bersih dan tidak bisa terkontaminasi seperti jenis susu lain. Bandingkan dengan jenis susu formula yang memang memiliki masa kadaluarsa dan bisa basi ketika terkena udara.

  1. Bisa mengatasi alergi

Bayi yang mendapatkan ASI sejak lahir ternyata memiliki ketahanan tubuh terhadap berbagai sumber alergi. Anda mungkin pernah mendengar tentang alergi susu formula pada bayi.

Ini masalah yang sangat berat karena bayi bisa memberikan reaksi alergi yang berat seperti diare, muntah, gatal sampai anafilaksis.

Sementara ASI tidak menyebabkan alergi. Dan jika memang ada bayi yang menderita alergi maka biasanya ASI sendiri yang menjadi penawarnya.

  1. Membuat perut bayi tenang

Bayi yang sering rewel bisa karena bayi lapar dan perut mereka tidak nyaman. Jika Anda memberikan ASI maka bayi langsung tenang dan bisa tidur dengan baik.

Ternyata ASI sangat penting untuk membantu proses pencernaan. Perut bayi bisa menjadi lebih tenang karena kenyang dan tidak mengalami sembelit.

ASI membuat berbagai jenis mikroorganisme dalam perut bayi bekerja dengan baik, sehingga bisa mencegah diare dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Mencegah penyakit infeksi

ASI mengandung sumber zat khusus yang bisa menjadi antibodi. Ketika bayi mendapatkan ASI yang cukup maka mereka bisa memiliki ketahanan yang baik terhadap penyakit infeksi.

Bayi yang baru lahir sangat rentan dengan penyakit infeksi termasuk infeksi pada mata, telinga, dan bahkan flu.

Dengan memberikan ASI secara teratur maka bisa membuat kondisi tubuh bayi kuat untuk melawan berbagai penyebab infeksi tersebut.

  1. Membuat bayi tumbuh cerdas

Ingin memiliki anak yang cerdas maka juga harus memenuhi kebutuhan ASI untuk bayi. ASI dibuktikan bisa membuat tingkat kecerdasan bayi meningkat dengan baik.

Hal ini karena kandungan asam lemak dalam bayi memang sangat baik untuk merangsang otak bayi. Kandungan DHA dan AHA dalam ASI bahkan bisa melebihi kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon.

Karena itu berikan ASI secara penuh sehingga bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas.

  1. Mencegah bayi gelisah

Bayi biasanya menjadi mudah gelisah karena mereka merasa lingkungan di luar rahim menjadi kurang nyaman. Untuk mencegah bayi rewel dan mudah menangis maka Anda bisa memberikan ASI.

ASI bisa membuat perut bayi lebih nyaman dan meningkatkan kedekatan dengan ibu yang memberikan ASI. Karena itulah bayi yang rewel bisa segera diam setelah diberi ASI.

  1. Menjaga kesehatan organ tubuh bayi

Memberikan ASI secara teratur juga sangat baik untuk membuat organ tubuh bayi menjadi lebih sehat. Bahkan karena ASI mengandung bahan probiotik maka juga sangat baik untuk pencernaan bayi.

Anda bisa membuktikan bahwa bayi yang mendapatkan ASI biasanya memiliki kesehatan area organ intim yang lebih baik. Ini karena bakteri tidak menyebabkan ruam popok dibandingkan dengan jenis susu formula.

  1. Merangsang kesehatan gigi dan mulut bayi

Bayi yang menghisap ASI langsung ke payudara biasanya akan tumbuh dengan kesehatan gigi dan mulut yang sangat baik.

Hal ini karena bentuk puting payudara ibu yang bisa merangsang proses kerja rahang gigi bayi, membentuk gigi dan gusi bayi.

Berbeda dengan dot buatan manusia yang sering menyebabkan bentuk bibir berubah dan juga risiko kerusakan gigi pada anak nantinya.

Jadi dengan memberikan ASI maka bayi bisa memiliki kesehatan mulut yang cukup baik.

Manfaat Memberikan ASI Bagi Ibu

Berikut ini beberapa manfaat ASI bagi Ibu:

  1. Menurunkan lemak setelah melahirkan

Ibu yang baru saja melahirkan biasanya ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, seperti ketika belum hamil. Ternyata menyusui bisa memberikan efek tubuh yang sangat baik untuk ibu.

Hal ini karena saat menyusui maka tubuh ibu mengalami proses pembakaran lemak yang sangat tinggi. Tubuh ibu mendapatkan makanan dan disimpan sebagai cadangan untuk proses produksi ASI.

Menurut sebuah studi juga dibuktikan bahwa menyusui bisa membantu tubuh membakar kalori secara alami. Ini bahkan bisa mengurangi lemak di sekitar perut dan paha dengan lebih cepat.

Tentu saja ini sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung pada ibu menyusui.

  1. Membuat jantung ibu lebih sehat

Ibu yang memberikan ASI kepada bayinya ternyata terbukti memiliki kesehatan jantung yang lebih baik. Hal ini ternyata sangat berhubungan dengan produksi ASI dalam tubuh.

Ketika tubuh ibu menghasilkan ASI maka juga akan menurunkan kadar kolesterol. Bahkan ASI bisa menghilangkan kolesterol yang menjadi timbunan selama hamil.

Proses menyusui sendiri juga bisa membantu aliran darah dalam tubuh ibu lebih lancar dan membuat perasaan ibu menjadi sangat tenang. Akhirnya ibu tidak akan merasa cemas dan stres dimana ini sangat baik untuk jantung ibu.

  1. Sebagai KB alami

Menyusui juga menjadi salah satu car untuk mencegah kehamilan secara alami. Hal ini karena ketika ibu menyusui maka tubuh ibu menghasilkan hormon oksitosin dan prolaktin.

Prolaktin akan bekerja untuk membantu ovulasi menjadi lebih lambat sehingga ibu menyusui biasanya tidak akan menstruasi. Kondisi ini bisa bertahan selama enam bulan sampai satu tahun.

Kemudian adanya hormon oksitosin sangat baik untuk membantu ukuran rahim kembali seperti semila. Karena itulah menyusui bisa membantu mengatur hormon tubuh dan mencegah perut besar setelah melahirkan.

  1. Mencegah risiko kanker payudara

Ibu menyusui harus merasa bahagia karena ternyata menyusui bisa menurunkan risiko kanker payudara. Hal ini karena saat menyusui maka hormon dalam tubuh ibu diproduksi secara seimbang.

Akhirnya setelah melahirkan maka kadar estrogen dalam tubuh ibu menyusui akan turun secara perlahan. Nah proses inilah yang membuat ibu menyusui kecil terkena risiko penyakit kanker payudara.

  1. Menjaga kesehatan rahim

Ibu yang menyusui ternyata juga bisa memiliki kesehatan rahim yang sangat baik. Hal ini terjadi karena ketika menyusui maka tubuh ibu menghasilkan senyawa antibodi tertentu yang bisa menjaga fungsi rahim tetap normal.

Penurunan hormon secara perlahan selama menyusui juga sangat penting untuk membantu rahim ibu menjadi lebih sehat.

Jadi ternyata memang ada banyak sekali manfaat ASI bagi bayi dan ibu. Karena itulah setiap ibu yang baru saja melahirkan harus mencoba stimulasi untuk mengeluarkan ASI sehingga ibu dan bayi akan sehat.

Sumber:

  • https://www.webmd.com/parenting/baby/nursing-basics
  • https://www.parents.com/baby/breastfeeding/basics/the-benefits-of-breastfeeding/
  • https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-breastfeeding
  • https://raisingchildren.net.au/newborns/breastfeeding-bottle-feeding/about-breastfeeding/breastmilk-breastfeeding-benefits
This div height required for enabling the sticky sidebar