Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / 15 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil dan Janin

15 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil dan Janin

/
/
4 Views

Selain karena rasanya yang enaik, air kelapa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk memberi manfaat bagi Ibu hamil.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janin sudah diketahui sejak dulu. Dan melalui artikel pengenhamil.com ini, kita akan mengulasnya secara tuntas.

Apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janin? Atau apakah itu hanya mitos saja? Berikut ini beberapa manfaat air kelapa bagi Ibu hamil dan janin dalam kandungan:

  1. Melawan morning sickness

Untuk ibu hamil yang baru masuk trimester pertama memang biasanya mengalami morning sickness.

Mual dan muntah akibat morning sickness biasanya membuat tubuh ibu hamil lemas dan lemah. Dengan minum air kelapa maka bisa membantu mengatasi cairan dan mengurangi mual.

  1. Memenuhi kebutuhan mineral

Selama hamil tubuh ibu juga membutuhkan jumlah mineral yang cukup. Kebutuhan mineral yang cukup bisa membantu pertumbuhan janin dan mengatasi semua keluhan ibu hamil seperti lelah atau lemah karena kurang zat besi.

Air kelapa mengandung berbagai jenis mineral seperti kalsium, natrium, fosfor dan kalium. Semua ini jika cukup untuk tubuh ibu maka bisa membuat tubuh ibu lebih tenang.

Minum air kelapa bermanfaat bagi Ibu hamil dan janin
Minum air kelapa bermanfaat bagi Ibu hamil dan janin
  1. Membantu memenuhi kebutuhan energi

Salah satu manfaat minum air kelapa bagi Ibu hamil adalah membantu memenuhi kebutuhan energi harian.

Mineral yang didapatkan dari air kelapa tidak hanya mencukup kebutuhan tubuh ibu hamil saja.

Mineral juga sangat penting untuk membantu tubuh ibu agar tidak lemah karena menerima energi yang cukup.

Kemudian cadangan mineral dari air kelapa juga bisa membuat keseimbangan cairan elektrolit terpenuhi sehingga otot bisa berfungsi dengan baik.

  1. Menjaga tekanan darah

Ibu hamil yang sudah melewati trimester kedua dan masuk ke trimester ketiga biasanya memang rentan dengan preeklampsia.

Preeklampsia adalah gangguan kehamilan yang bisa menyebabkan ibu mengalami tekanan darah tinggi. Ini sangat berbahaya karena bayi bisa lahir prematur.

Manfaat air kelapa dalam hal ini adalah menjaga keseimbangan pH dalam tubuh ibu hamil sehingga bisa membuat tekanan darah normal kembali.

  1. Membantu membersihkan racun

Air kelapa juga bermanfaat sebagai bahan diuretik. Saat ibu hamil baru minum air kelapa maka biasanya akan membuat ibu sering buang air kecil.

Ini adalah efek dari air kelapa yang mengandung mineral sangat banyak. manfaatnya untuk tubuh bisa membuat semua racun dalam tubuh keluar sehingga tubuh ibu lebih segar. Ini juga bisa melawan infeksi dan mengatasi penyakit batu ginjal.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Selama hamil maka kadar progesteron dalam tubuh ibu akan meningkat dengan cepat.

Efeknya untuk tubuh bisa menyebabkan ibu mengeluh gangguan pencernaan seperti maag, sembelit, diare dan perut kembung.

Air kelapa ternyata mengandung serat yang bisa mengatur kadar pH alami dan meningkatkan fungsi pencernaan.

  1. Menjaga proses metabolisme

Manfaat air kelapa yang lain bagi Ibu hamil adalah membantu proses metabolisme tubuh.

Efek terbuangnya racun setelah minum air kelapa bisa membuat proses detoksifikasi menjadi lebih lancar. Kandungan bahan asam dalam air kelapa juga bisa menjadi obat diare.

  1. Mencegah preeklampsia

Ibu hamil di trimester ketiga bisa minum air kelapa karena bahan ini sangat penting untuk mencegah preeklampsia.

Air kelapa mengandung magnesium, kalium dan asam laurat yang bisa mengatur tekanan darah.

Minum air kelapa juga bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi selama hamil sehingga sangat baik untuk mencegah efek obesitas pada janin.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa ternyata juga sangat baik untuk menjaga tubuh ibu hamil dan janin dari infeksi. Ini karena air kelapa mengandung mineral yang lengkap, bahan antioksidan dan vitamin.

Asam laurat dalam air kelapa bahkan bisa mencegah infeksi akibat virus yang berbahaya misalnya toxoplasma, flu dan juga beberapa infeksi bakteri.

  1. Aman untuk tubuh ibu

Biasanya saat hamil memang ibu membutuhkan minuman segar. Minuman yang paling menyehatkan termasuk seperti air putih.

Tapi minum air putih bisa membuat ibu bosan sehingga juga mengkonsumsi minuman dalam kemasan lain. Dan yang paling aman untuk tubuh ibu hamil adalah minum air kelapa.

Air kelapa tidak mengandung pengawet dan bahan pewarna sehingga sangat alami untuk tubuh ibu.

  1. Mencegah obesitas

Manfaat air kelapa bagi Ibu hamil berikutnya adalah mencegah obesitas. Jadi setiap ibu hamil memang harus mencegah agar berat badannya tidak naik sinifikan agar tubuh semakin sehat.

Air kelapa tidak mengandung lemak dan kalori yang berlebihan. Minum air kelapa yang manis juga tidak perlu gula tambahan. Sehingga minum air kelapa tidak akan menyebabkan obesitas.

Selain itu janin juga tidak akan tumbuh terlalu besar akibat kelebihan gula.

  1. Minuman rendah gula yang aman

Jika ibu hamil sering mengonsumsi makanan manis maka bisa menyebabkan tubuh kelebihan gula. Minuman air kelapa memang sangat aman dan tidak menyebabkan obesitas.

Air kelapa yang rendah gula tapi mengandung gula alami ini juga bisa mencegah diabetes gestasional.

  1. Meredakan nyeri tubuh

Saat hamil maka ibu bisa merasakan nyeri yang sangat sakit. Rasa nyeri bisa berkembang dari mulai panggul sampai pinggang dan kemudian ke kaki atau tangan.

Air kelapa ternyata bisa membuat otot panggul menjadi lebih kuat kemudian bisa lebih elastis saat persalinan. Air kelapa sangat penting untuk mengatasi tubuh yang tidak nyaman akibat nyeri saat hamil.

  1. Menjaga keseimbangan cairan ketuban

Air ketuban sangat penting untuk ibu hamil dan pertumbuhan janin. Minum air kelapa secara rutin bisa membuat air ketuban menjadi lebih seimbang terutama saat trimester ketiga.

Ini karena air kelapa bisa menjaga proses aliran darah yang lebih sehat dan aman untuk janin.

  1. Menjaga pertumbuhan janin

Air kelapa ternyata sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan janin dalam rahim ibu.

Air kelapa bisa membuat janin sehat karena memberikan nutrisi yang seimbang sehingga pertumbuhan janin sesuai dengan usia kehamilan. Ini juga penting untuk membantu agar tidak ada masalah cacat janin.

Tips Minum Air Kelapa Saat Hamil

Jika saat ini anda sedang hamil, berikut ini beberapa tips minum air kelapa untuk memaksimalkan manfaatnya:

  1. Jika ibu sudah rajin minum air kelapa maka kurangi makanan yang mengandung santan. Ini karena santan bisa menyebabkan efek yang buruk untuk ibu dan janin karena kandungan natrium yang sangat tinggi. Kelebihan natrium bisa menyebabkan preeklampsia.
  2. Berlebihan minum air kelapa dari kelapa yang sudah tua bisa memicu sembelit. Karena itu jenis air kelapa sebaiknya diambil dari kelapa muda.
  3. Jumlah terbaik air kelapa untuk ibu hamil adalah satu hingga dua gelas setiap hari atau dua hari sekali.
  4. Air kelapa yang diminum sebaiknya air kelapa segar atau dari kelapa yang baru saja dibuka.
  5. Hindari minum air kelapa dari jenis minuman olahan atau air kelapa kaleng, karena sudah tidak segar dan biasanya mengandung bahan pengawet.
  6. Jika ibu merasakan efek seperti mual, muntah atau sakit kepala setelah minum air kelapa sebaiknya tidak minum lagi karena mungkin alergi.
  7. Hindari minum air kelapa yang sudah disimpan lebih dari 12 jam meskipun disimpan dalam kulkas. Ini untuk mencegah air kelapa yang sudah mengandung kuman dan bakteri.

Itulah uraian tentang manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan janin. Meskipun air kelapa memang sangat bermanfaat, tapi ternyata harus diminum dengan cara yang tepat.

Sumber:

  • https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-drinking-coconut-water-while-pregnant_00377645/#gref
  • https://www.momtricks.com/pregnancy/coconut-water-when-pregnant/
This div height required for enabling the sticky sidebar