Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / 7 Jenis Makanan Penyubur Kandungan

7 Jenis Makanan Penyubur Kandungan

/
/
586 Views
Makanan penyubur kandungan
Makanan penyubur kandungan

Bagi para wanita yang sulit hamil, sebaiknya memerlukan beberapa asupan gizi yang diperuntukkan menyuburkan kandungan. Lebih jelasnya, mari kita simak beberapa jenis makanan yang wajib disajikan untuk membantu menyuburkan kandungan Anda.

Berikut ini beberapa vitamin dan makanan penyubur kandungan yang sebaiknya anda perhatikan:

  1. Siapa  bilang daging tidak baik bagi kandungan? Asalkan pemilihannya berupa daging sapi berkualitas maupun daging ayam yang nutrisi lemaknya rendah. Ada baiknya tidak mengonsumsi daging lebih dari 3 porsi setiap harinya. Berdasarkan penelitian yang ada, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani malah dapat menurunkan kesuburan, ada baiknya porsi diseimbangkan.
  2. Poin di atas pengecualian bagi Anda yang adalah vegetarian. Anda bisa menemukan alternatif pilihan makanan dengan kandungan protein lainnya berupa tumbuhan. Contohnya antara lain kacang polong, kedelai yang diolah menjadi tahu atau tempe, maupun kacang tanah. Selain harganya lebih terjangkau, jenis makanan ini rendah kalori dan lemak daripada daging sehingga bobot badan lebih terjaga. Protein nabati ini bisa meningkatkan kesuburan Anda.
  3. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan mampu mengoptimalkan kerja organ reproduksi. Contoh ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 adalah salmon, lele, dan sarden. Untuk menghindari ikan yang terkontaminasi merkuri, disarankan tidak mengonsumsinya lebih dari 12 ons dalam satu minggu. Selain ikan, ada alternatif lainnya seperti kenari, almond, serta telur.
  4. Produk olahan seperti susu, yoghurt, dan keju  selain berguna untuk kesehatan tulang, bagus juga bagi kesuburan kandungan.
  5. Selama ini karbohidrat yang dikonsumsi sehari-hari hanya jenis padi-padian saja yang sudah disuling contohnya roti tawar putih dan nasi putih. Untuk selanjutnya Anda bisa mengganti produk biji-bijian atau karbohidrat kompleks contohnya nasi merah, sereal biji-bijian, serta roti tawar gandum. Kandungan vitamin B, zat besi, dan antioksidan di dalamnya sangat penting bagi kesuburan. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah yang nantinya mengganggu hormon organ reproduksi, serta mengacaukan siklus dari menstruasi. Padahal berdasarkan penelitian, kedua poin tersebut harus berjalan normal apabila ingin hamil.
  6. Makanan dengan kandungan zinc dapat melancarkan siklus menstruasi serta meningkatkan produksi sel telur berkualitas. Sumber terbaik kaya akan zinc dapat diperoleh dari tiram. Sumber zinc lainnya yang harganya lebih terjangkau seperti telur, susu, biji-bijian, daging ayam dan sapi.
  7. Ubi kaya vitamin baik bagi kesuburan karena zat di dalamnya mampu merangsang ovulasi.

Selain pilihan makanan di atas, sebagai asupan tambahan didapatkan dari multivitamin maupun vitamin khusus yang tidak dapat Anda peroleh. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau para ahli kesehatan seperti bidan agar mendapatkan nutrisi yang tepat.

Salah satu ciri orang hamil yang paling utama adalah telat haid. Untuk meningkatkan kesuburan tingkatkan konsumsi makanan penyubur kandungan di atas setelah haid. Supaya lebih optimal, konsumsi makanan tersebut antara 3 sampai 12 bulan agar memperoleh hasil maksimal. Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.