Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Bolehkah Makan Buah Nanas Saat Hamil?

Bolehkah Makan Buah Nanas Saat Hamil?

/
/
4 Views

Setiap ibu hamil pasti menjauhi semua makanan pantangan yang bisa berbahaya untuk ibu dan janin. Salah satu buah yang selama ini dianggap berbahaya adalah buah nanas.

Buah nanas dipercaya bisa menyebabkan keguguran dan kematian janin. Ini karena buah nanas menyebabkan efek panas pada rahim.

Karena itu akhirnya ibu hamil tidak berani makan nenas sampai melahirkan. Ketakutan yang berlebihan ini juga sering membuat ibu tidak mau makan nanas dalam bentuk apapun, termasuk selai dalam kue kering.

Jadi sebenarnya bolehkah makan buah nenas saat hamil? Berikut ini berbagai fakta yang harus Anda ikuti.

Bolehkah Makan Nanas Saat Hamil?

Dalam berbagai pandangan medis sebenarnya nanas memiliki kedudukan seperti buah yang lain.

Buah nenas sangat aman untuk ibu hamil dan tidak menyebabkan risiko buruk seperti yang sudah sering dijadikan mitos.

Nanas mengandung nutrisi lengkap untuk pertumbuhan janin dan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu.

Tapi mengonsumsi buah yang satu ini memang harus mengikuti aturan. Sebaiknya ibu hamil cukup makan buah nenas satu sampai dua kali dalam seminggu dengan porsi 100 gram saja.

Jika nenas dimakan setiap hari selama seminggu penuh, maka tentu efeknya sangat buruk untuk ibu dan janin. Karena nanas memang mengandung bromelain yang bisa menyebabkan keguguran.

Manfaat Nanas Untuk Ibu Hamil

Buah nanas aman dimakan Ibu hamil
Buah nanas aman dimakan Ibu hamil

Berikut ini beberapa manfaat buah nanas untuk Ibu hamil dan janin dalam kandungan:

  1. Menjaga pertumbuhan kulit janin

Nenas mengandung vitamin C yang bisa menjaga produksi kolagen. Kolagen sangat penting untuk menjalankan proses pertumbuhan kulit janin, bagian tulang, tendon dan kartilago.

Kolagen juga baik untuk membuat kulit ibu hamil tetap elastis, tidak kering dan tetap cantik.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil biasanya memang mudah sakit karena kondisi kehamilan. Nanas yang mengandung vitamin C sangat penting sebagai antioksidan alami untuk tubuh.

Bahan antioksidan sendiri bisa menjaga agar sel tubuh ibu dan janin tidak rusak sehingga tubuh memiliki sistem kekebalan yang sangat alami untuk melawan virus dan sumber penyakit lain.

  1. Menjaga fungsi otot tetap sehat

Nenas selain mengandung vitamin C juga kaya dengan tiamin atau vitamin B1. Fungsi vitamin ini untuk ibu hamil adalah untuk menjaga agar otot bisa berfungsi dengan baik.

Vitamin ini juga meningkatkan sistem syaraf menjadi lebih sehat dan mengontrol fungsi jantung untuk ibu dan janin. Akhirnya nenas bisa mengurangi tubuh yang lemah saat hamil.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Nanas juga mengandung kadar mineral tertentu seperti mangan. Mangan sendiri bermanfaat untuk menjaga agar tulang tetap sehat.

Bagi ibu hamil fungsi ini sangat penting karena mangan bisa memproduksi enzim tertentu yang bisa menjaga agar tulang lebih sehat, mencegah tulang keropos dan baik untuk perkembangan tulang janin.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung janin

Organ janin menjadi organ yang sangat penting untuk kehidupan janin. Mengonsumsi buah nenas ternyata bisa mencegah cacat jantung pada janin.

Proses ini disebabkan karena nanas kaya dengan tembaga yang bisa menjaga proses produksi sel darah merah yang kemudian juga mendorong pembentukan jaringan jantung janin.

  1. Mengurangi efek morning sickness

Nenas ternyata sangat baik untuk mengatasi mual-mual dan morning sickness, terutama saat trimester pertama.

Kandungan vitamin B6 dalam nanas sangat baik untuk memproduksi zat antibodi tertentu yang menghasilkan energi untuk tubuh kemudian ibu tidak lemah meskipun terkena morning sickness.

  1. Mengatasi anemia

Ibu hamil yang terkena anemia adalah masalah yang sangat umum. Semua karena tubuh ibu membutuhkan volume darah yang lebih banyak untuk pertumbuhan janin.

Makan buah ini, bisa mencegah efek anemia karena nanas mengandung vitamin B6. Kandungan vitamin ini membantu tubuh ibu menghasilkan sel darah merah yang cukup.

  1. Mencegah sembelit

Makan nenas dengan cara yang tepat untuk ibu hamil ternyata juga bisa mencegah sembelit.

Sembelit pada ibu hamil memang hal yang umum karena produksi hormon kehamilan sering menyebabkan gerakan usus menjadi lambat.

Nanas mengandung serat yang bisa membantu membersihkan kotoran yang menumpuk pada usus besar.

  1. Menjaga usus tetap sehat

Berbagai gangguan pencernaan memang sering mengancam ibu hamil. Semua memang karena hormon kehamilan dan kondisi pertumbuhan janin dalam rahim yang membuat organ pencernaan tertekan.

Mengonsumsi nenas saat hamil bisa membuat usus tetap sehat karena bromelain dalam nenas bisa mencegah infeksi bakteri dalam usus dan menjaga agar usus bekerja normal.

  1. Mencegah kekurangan asam folat

Asam folat untuk ibu hamil sebenarnya sangat penting untuk mencegah cacat tabung syaraf. Nanas mengandung asam folat yang cukup untuk membuat pertumbuhan janin sehat.

Nanas juga mengandung zat besi yang mendorong produksi sel darah merah dimana ini penting untuk menyampaikan asam folat ke janin.

  1. Mencegah varises

Varises atau mengembangnya varises vena saat hamil memang sering terjadi. Ini akan menyebabkan bagian belakang lutut ibu hamil memiliki banyak varises.

Nenas yang kaya dengan bromelain akan mencegah pembentukan varises karena bekerja dengan mengurangi pembentukan serat pada pembuluh vena di kaki.

  1. Mengurangi potensi pembengkakan

Kaki dan tangan bengkak pada ibu hamil biasanya mulai terjadi sejak awal trimester ketiga. Semua ini bisa terjadi karena efek garam berlebihan dan juga kelebihan cairan tubuh.

Nenas mengandung efek diuretik yang bisa membantu membuang kelebihan cairan. Dengan makan nenas teratur bisa mengatasi risiko bengkak saat hamil.

  1. Mencegah hipertensi

Bagi ibu hamil yang menderita hipertensi bisa menurunkan tekanan darah dengan minum jus nanas. Buah nenas bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga agar tekanan darah tetap seimbang.

Ini semua karena kandungan bromelain yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih santai dan mengurangi risiko penggumpalan darah.

  1. Menjaga suasana hati

Nenas sangat baik diminum oleh ibu hamil yang sering merasa stress, tertekan dan depresi. Ketiga masalah ini mungkin disebabkan oleh hormon kehamilan.

Buah ini bisa membantu ibu dalam mengatur emosi. Hal ini terjadi karena aroma buah nanas yang wangi dan menyegarkan sering membuat ibu merasa lebih tenang.

Bahaya Makan Buah Nenas Berlebihan Saat Hamil

Meski memiliki banyak manfaat, buah babas juga berbahaya bahkan bisa menyebabkan keguguran jika dimakan berlebihan. Berikut ini beberapa bahaya makan nanas saat hamil:

  1. Keguguran

Makan buah nenas dalam jumlah yang sangat banyak atau terlalu sering untuk ibu hamil bisa menyebabkan keguguran.

Kandungan bromelain dalam nanas yang sangat tinggi bisa menyebabkan leher rahim membuka dengan cepat sehingga menyebabkan kontraksi.

Masalah keguguran bisa terjadi di semua trimester karena kelebihan nanas.

  1. Diabetes gestasional

Ibu hamil yang sering makan nenas berlebihan bisa menyebabkan terkena diabetes. Ini disebabkan karena nanas memang mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

Meksipun itu gula alami tapi bisa membuat gula darah ibu meningkat dengan cepat.

  1. Gangguan pencernaan

Nenas yang mengandung bromelain dan kandungan asam alami ternyata juga bisa memicu masalah pencernaan.

Biasanya masalah ini ditandai dengan mual dan muntah, kemudian menjadi naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  1. Obesitas

Nenas sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit untuk ibu hamil. Ini karena nanas mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

Akibatnya kandungan kalori juga sangat tinggi yang membuat ibu hamil bisa kegemukan atau obesitas.

Bagaimana Cara Memilih Nanas yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Nenas menawarkan beberapa manfaat apabila dikonsumsi saat masih segar dan sudah matang. Cara-cara sederhana di bawah ini akan membantu Anda dalam memilih buah nenas terbaik untuk dikonsumsi.

  • Buah yang sudah matang memiliki warna kuning-coklat yang halus.
  • Bagian kulit terasa lembut dan elastis.
  • Daun di bagian ekor buah berwarna hijau.
  • Jika Anda menepuk-nepuk permukaan buah akan menimbulkan┬ásuara yang kuat.
  • Buah-buahan segar dan matang memiliki aroma yang menyenangkan.

Tips Aman Makan Nanas Untuk Ibu Hamil

  1. Untuk menghindari risiko keguguran awal maka jangan makan nenas saat hamil di trimester pertama, kecuali kondisi ibu dan janin kuat.
  2. Konsumsi selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu di trimester kedua, untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat.
  3. Konsumsi nenas dalam jumlah yang sangat sedikit selama dua hari sekali di trimester ketiga. Ini untuk menjaga agar tubuh ibu bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Nah bolehkah makan buah nanas saat hamil? Ternyata memang tidak ada salahnya jika makan nenas sat hamil. Namun sebaiknya ibu hamil tetap mempertimbangkan efek buruknya dan makan nanas dengan cara yang bijak saat hamil.

Sumber:

This div height required for enabling the sticky sidebar