Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Kapan Janin Mulai Bergerak dan Cara Merasakan Gerakan Janin di Perut

Kapan Janin Mulai Bergerak dan Cara Merasakan Gerakan Janin di Perut

/
/
184 Views

Hal yang paling dinantikan oleh semua calon ibu adalah bisa merasakan janin bergerak di dalam perutnya. Adanya gerakan janin adalah pertanda bahwa janin berkembang dengan normal dan sehat di dalam perut Ibu.

Gerakan janin tersebut, baik berupa tendangan ataupun gerakan siku tangan bayi sudah cukup membuat ibu merasa bahagia.

Meski demikian tidak semua Ibu hamil dapat merasakan gerakan-gerakan halus tersebut, karena itu melalui artikel pengenhamil.com kali ini kita akan mengulas bagaimana merasakan gerakan janin di dalam perut.

Kapan Janin Mulai Bergerak

Pada dasarnya tahapan gerakan janin dalam kandungan mengikuti tahapan perkembangan janin sesuai usia kehamilan. Ketika usia kehamilan dihitung dengan tepat maka ibu sudah bisa melakukan prediksi inilah saatnya bayi bergerak.

Menurut perhitungan dan pemeriksaan medis, ada beberapa tahapan waktu janin bergerak dan gerakannya seperti apa.

Kapan gerakan janin diketahui
Kapan janin mulai bergerak dalam kandungan

Berikut ini tahapan yang bisa Anda pelajari.

  1. Saat usia janin 12 sampai 15 minggu

Setelah kehamilan masuk usia 12 minggu, maka saat itu memang janin sudah bisa bergerak. Gerakan janin memang sangat lemah karena saat itu janin belum sempurna.

Ibu mungkin hanya bisa merasakan gerakan janin melalui perasaan atau sekedar merasakan kedutan pada rahim saja. Saat perkembangan janin memasuki usia tersebut maka sistem syaraf dalam tubuh janin terus terbentuk.

Tapi bagian tubuh janin masih sangat tipis seperti bayangan saja. Nah inilah yang membuat gerakan janin juga belum terlalu kuat.

Ibu akan merasakan berbagai gerakan seperti rahim yang berkedut ini sampai selama usia kandungan mencapai 15 minggu. Gerakan ini biasanya muncul ketika ibu mulai beraktifitas ringan seperti berjalan, menyapu atau sekedar menggerakkan tubuh ringan.

  1. Saat usia janin 16 minggu sampai 17 minggu

Setelah usia janin memasuki usia 16 minggu maka biasanya perkembangan janin menjadi lebih sempurna. Sistem syaraf dan indra dikembangkan dengan baik yang kemudian menjadi lebih baik pada tahapĀ  berikutnya.

Perut ibu juga sudah mulai terlihat besar dan bentuk tubuh ibu berubah. Hal paling penting pada tahap ini adalah bahwa tangan dan kaki janin sudah mulai terbentuk dengan baik.

Janin sudah bisa mulai membuka sedikit jari-jarinya. Kemudian gerakan janin jauh lebih kuat dan sudah bisa memberikan respon dari luar lingkungan rahim.

Dalam pemeriksaan USG maka beberapa bagian wajah bayi sudah terbentuk sempurna. Meskipun bayangan seperti alis, garis halus sekitar mata dan bulu mata masih belum berwarna seperti bayi yang baru lahir.

Jika ibu ingin merasakan gerakan janin maka berikan respon dari luar dan biasanya janin mulai sedikit bergerak untuk menjawab.

  1. Saat usia janin 18 sampai 19 minggu

Saat ini ketika janin sudah mencapai usia 18 minggu sampai 19 minggu maka perkembangan janin Anda menjadi lebih sempurna lagi. Jika dilihat lagi maka bentuk telapak tangan dan kaki sudah terlihat jelasĀ  lengkap dengan pembuluh darah.

Bayi juga sudah bisa mendengar dan memberikan respon yang kuat ketika dipanggil dari luar perut. Kemudian jenis kelamin bayi sudah bisa mulai dilihat tapi tidak terlalu jelas.

Bagian yang sangat berkembang pada usia ini adlaah otak dimana sistem dalam otak bekerja dengan baik untuk merangsang berbagai indra, seperti penciuman, perasa, pendengaran dan penglihatan.

Tentu saja gerakan bayi akan jauh lebih kuat. Ibu mungkin merasa seperti digelitik ketika bagian tulang rusuk tersenggol oleh kaki atau tangan ibu.

  1. Saat usia janin lebih dari 20 minggu

Ketika usia janin sudah lebih dari 20 minggu maka segala perkembangan janin menjadi lebih baik dibandingkan tahap sebelumnya.

Saat ini, ketika dokter menemukan ada perkembangan yang tidak sesuai maka bisa jadi ada masalah pada janin Anda.

Gerakan dan pertumbuhan janin jauh lebih sempurna sementara tubuh janin dilindungi oleh lemak vernix yang akan menghilang sebelum lahir.

Gerakan janin menjadi sangat aktif ketika diajak berkomunikasi oleh ayah atau ibu. Kemudian bayi sudah mulai bisa mengajak bermain seperti menggoda dengan gerakan kaki atau tangan.

Ada masanya ketika masuk usia janin ini maka ibu cemas karena gerakan menjadi tidak terlalu aktif. Tapi itu tidak masalah karena sebenarnya janin Anda juga butuh waktu tidur.

Saat tidur maka janin akan lebih banyak diam dan ibu tidak bisa merasakan gerakan janin.

Cara Merasakan Gerakan Janin Dalam Perut

Setelah mengikuti usia janin berdasarkan perkembangan janin maka ibu bisa mencoba cara-cara untuk merasakan gerakan janin. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda tempuh.

  1. Memberikan rangsangan pada janin

Jika janin Anda masih berusia sangat muda maka menunggu gerakan mungkin bukan solusi yang tepat. Daripada menunggu janin bergerak maka lebih baik mencoba untuk menggoda atau merangsang gerakan janin.

Caranya adalah dengan mencoba meraba beberapa bagian perut menggunakan telapak tangan ibu. Ibu bisa sambil berkomunikasi seperti memanggil nama bayi.

Rangsangan ini bisa dilakukan ketika ibu sedang santai dan janin dalam kandungan juga terasa tidak banyak beraktifitas.

Cara memberikan rangsangan yang lain juga bisa dilakukan dengan mendengarkan stimulasi suara seperti dengan musik klasik, membacakan ayat Al Quran atau rangsangan yang lain.

  1. Cobalah mengonsumsi makanan khusus

Janin bisa mengungkapkan perasaan mereka ketika menerima sebuah zat asing yang masuk melalui plasenta. Sementara ketika ibu makan maka nutrisi dari tubuh ibu juga akan sampai ke bayi melalui plasenta.

Jadi untuk mencoba membuat bayi bergerak lebih aktif bisa dengan makan jenis makanan tertentu.

Misalnya jika ibu mencoba minum es yang cukup lezat seperti es krim atau jenis es yang lain. Katakan bahwa Anda ingin minum es ini jadi bayi bisa bersiap dalam rahim.

Atau ibu bisa mencoba minuman hangat seperti susu hangat sehingga bayi juga bisa merasa senang. Jika usia janin masih kecil biasanya memang hanya gerakan ringan, tapi itu sudah jadi kode bahwa janin sehat.

  1. Dengan USG

Saat ibu melakukan pemeriksaan ke dokter maka dokter akan melakukan USG untuk melihat kondisi perkembangan janin. Ini metode yang lebih sempurna untuk melihat dan merasakan gerakan janin.

Dari layar USG maka bisa diketahui jika bayi sedang memberikan respon terhadap alat ini. Ada beberapa bayi yang sengaja bersembunyi, malu-malu atau bahkan tertawa.

Dalam beberapa kali kejadian ada juga bayi yang memberikan tanda bahagia dengan menghisap jempolnya sendiri, melambaikan tangan dan menendang.

Dibandingkan metode yang lain maka ini metode yang paling jelas karena ibu bisa melihat dari layar secara langsung.

  1. Cobalah merasa dan menepuk perut ibu

Jika ibu merasa sangat nyaman dan kondisi bayi juga tenang di dalam rahim, maka ibu bisa menggoda gerakan janin dengan memberikan tepukan ringan.

Ibu bisa menepuk sedikit dan kemudian meraba atau mengusap. Bayangkan jika ibu memang melakukan ini secara langsung pada tubuh janin, seolah-olah tidak dibatasi oleh kulit perut.

Biasanya bayi akan merasa bahwa ibu memberikan kasih sayang sehingga akhirnya bayi membalas dengan memberikan gerakan ringan.

Jadi seperti itulah informasi tentang kapan janin mulai bergerak dan cara merasakan gerakan janin dalam perut. Setiap ibu mungkin bisa merasakan hal yang berbeda sehingga harus disesuaikan dengan kebiasaan dan kondisi ibu.

Sumber: