Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Doa Agar Cepat Melahirkan Dalam Islam

Doa Agar Cepat Melahirkan Dalam Islam

/
/
91 Views

Melahirkan adalah proses yang sangat alami untuk semua perempuan. Anak adalah anugerah yang tidak terkira dari Allah SWT.

Dalam agama Islam sudah ditetapkan bahwa janin yang berkembang dalam rahim ibu bermula dari setetes air mani yang kemudian menjadi segumpal daging.

Saat kandungan berusia 120 hari maka Allah akan memerintahkan malaikat untuk meniupkan roh dimana saat itu umur, rejeki dan jodoh bayi ditetapkan.

Setelah itu selama sembilan bulan sepuluh hari maka bayi siap dilahirkan. Proses kehamilan ini yang akan menjadi perjalanan menyenangkan untuk ibu.

Meskipun ibu juga akan melewati masa sulit selama hamil akibat berbagai gangguan kehamilan. Dan sekarang saat tiba waktu melahirkan maka orang tua akan memohon agar diberi kelancaran.

Baca juga: Doa Agar Cepat Hamil Dalam Islam

Saat ibu merasa kesakitan akibat kontraksi dan proses pembukaan maka ada doa yang bisa diucapkan agar Allah senantiasa memberi kemudahan. Berikut ini adalah beberapa doa agar cepat melahirkan dalam Islam.

  1. Doa dari Surat Ar – Ra’d ayat 8

Dalam surat ke 13 dari Al Quran ini maka diterangkan bahwa “ Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, apa yang kurang sempurna dan apa yang bertambah dalam rahim. Dan segala sesuatu ada ukuran di sisi-Nya.

Doa ini menjadi gambaran bahwa Allah maha mengetahui segala apa yang dirasakan oleh ibu hamil termasuk saat akan persalinan.

Dengan memohon doa ini maka ibu bisa meminta agar semua proses persalinan berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun. Dengan keyakinan ini maka doa bisa diamalkan ketika baru masuk proses kontraksi.

Doa yang diucapkan dengan sungguh-sungguh bisa membuat ibu menerima sugesti yang baik sehingga tidak terlalu merasa sakit dan mudah dalam menerima rasa sakit persalinan.

  1. Doa dari surat Fathir ayat 11
Doa agar cepat melahirkan dalam Islam
Doa agar cepat melahirkan dalam Islam

Baca juga: Tips Cepat Hamil MenurutIslam

Kemudian ibu juga bisa malafalkan doa dari surat Fathir ayat 11 yang artinya:

“Dan Allah menciptakan kamu kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Tidak ada seorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya.

Dan tidak dipanjangkan umur seseorang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuz). Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah.

Ada banyak hal yang bisa terjadi dalam proses persalinan, termasuk kematian ibu dan bayi yang baru dilahirkan. Semua bisa terjadi karena beberapa faktor medis seperti preeklampsia, pendarahan dan masalah pada bayi.

Namun semua kejadian itu sebenarnya berdasarkan keketapan dari Allah. Umat Islam percaya bahwa yang memanjangkan umur dan memendekkan umur hanya Allah.

Karena itu doa ini bisa membuat ibu merasa tenang dan lebih mudah dalam melahirkan mengingat berbagai risiko yang bisa terjadi pada nyawa ibu dan bayi.

  1. Doa dari surat An – Nahl ayat 78

Doa lain yang juga bisa dipanjatkan oleh ibu dan suami adalah dari surat An – Nahl ayat 78.

Arti dari surat ini adalah “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”

Jika diresapi ini adalah doa yang sangat baik untuk orang tua dalam menyambut kelahiran bayi. Memang hanya Allah yang memberi semua anugerah indra untuk manusia termasuk sejak bayi baru lahir.

Kemudian orang tua harus bersyukur dalam menyambut proses persalinan ini. meskipun secara medis memang proses ini sangat menyakitkan untuk ibu.

Dengan kekuatan doa maka ibu diharapkan bisa melawan rasa sakit dan mengalami proses pembukaan dengan penuh rasa takjub.

  1. Doa dari surat QS. Al-Zalzalah: 1 – 8

Kemudian selama mengalami proses kontraksi dan pembukaan maka ibu juga bisa mengucapkan doa dari surat Al-Zalzalah ayat 1 sampai 8. Surat ini bisa dibaca secara terus menerus saat merasa tidak nyaman.

Mengapa doa ini sangat dianjurkan, maka kita bisa mendalami dari makna yang terkandung yaitu:

  • Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat)
  • dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya
  • dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”
  • pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
  • karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
  • Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.
  • Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
  • Dan barang siapa mengerjakan keburukan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Dari makna ayat ini maka kita manusia bisa tahu bahwa Allah yang bisa memberikan balasan kebaikan dan keburukan sesuai apa yang ditanam oleh manusia.

Karena itu semua ibu hamil diharapkan bisa berbuat baik selama sebelum hamil, selama hamil dan setelah melahirkan. Bahkan manusia diharapkan berbuat baik seumur hidup.

Ketika ibu hamil meminta proses persalinan yang mudah secara normal maka hanya Allah yang menetapkan takdirnya.

Selain membaca doa-doa tersebut maka ibu juga bisa harus berusaha agar bisa melahirkan dengan mudah dan nyaman. Karena Allah juga meminta semua umatnya untuk berusaha dan berdoa.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa melahirkan secara mudah dan normal.

  1. Bergerak aktif selama hamil

Selama hamil maka ibu tidak boleh malas dan lebih banyak diam. Hamil bukan alasan untuk bisa diam saja meskipun kondisi tubuh ibu sedang hamil.

Karena itu ibu bisa mulai jalan pagi secara aktif untuk membantu janin bisa merosot sampai ke panggul. Saat bayi sudah merosot ke panggul sesuai usia kandungan maka proses persalinan yang normal bisa terjadi dengan mudah.

  1. Rajin bersujud

Salah satu penyebab ibu tidak bisa melahirkan secara normal dengan mudah adalah ketika bayi mengalami masalah bayi sungsang.

Posisi bayi sungsang memang tidak mungkin bisa dilahirkan secara normal. Karena kepala berada di bagian atas atau terkadang di samping.

Nah tentu ibu bisa mengalami komplikasi persalinan jika memaksa persalinan normal. Karena itu sebagai umat Islam maka Allah sudah memerintahkan untuk melakukan ibadah sholat wajib 5 waktu.

Ternyata ada gerakan sujud yang bisa membuat posisi bayi normal dan kepala dibawah. Jadi ibu bisa melakukan ibadah ini sekaligus juga memohon agar persalinan lebih mudah.

  1. Bersabar saat persalinan

Proses persalinan normal memang bisa membuat ibu merasa cemas dan takut. Belum lagi adanya intervensi medis yang akan menyebabkan kondisi tubuh ibu merasa lebih sakit.

Namun ada satu cara yang bisa membuat ibu menerima proses ini yaitu dengan bersabar. Ibu harus mencoba merasakan sakit tersebut dengan rasa iklas.

Kemudian lakukan beberapa gerakan seperti menggunakan gym ball saat proses kontraksi, lebih banyak bergerak dan tidak banyak berteriak.

Bersabar dan mendapatkan dukungan dari pasangan akan membuat persalinan menjadi lebih mudah.

Nah begitulah doa agar cepat melahirkan dalam Islam dan beberapa tips saat menghadapi proses persalinan. Dengan mengikuti semua tips tersebut maka ibu bisa melahirkan normal dengan proses yang tidak terlalu menyakitkan.

Sumber:

  1. http://tuntunanshalat.info/doa-agar-cepat-melahirkan/
  2. https://www.muslimdakwah.com/2017/11/doa-agar-cepat-melahirkan.html