Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Daftar Musik Klasik Untuk Ibu Hamil

Daftar Musik Klasik Untuk Ibu Hamil

/
/
239 Views

Mendengar musik saat hamil memang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Bukan hanya menyenangkan bagi diri sendiri, tapi juga bagi bayi di dalam kandungan.

Mendengar musik memberikan banyak sekali manfaat bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Bayi dalam kandungan telah dapat mendengar dan memberikan respon ketika mendengar suara dari luar perut sang ibu

Maka dari itu, sangat penting untuk memberikan musim yang memang bermanfaat besar bagi sang buah hati. Salah satu jenis musik yang sangat baik diperdengarkan ketika hamil adalah musim klasik.

Musik klasik mampu memberikan ketenangan bagi yang mendengarkan, termasuk bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa contoh daftar musik klasik yang sangat baik untuk didengarkan selama masa kehamilan:

1. Symphony No. 9 In E Minor, Op. 95, “From the New World”: II. Largo

Musik ini diciptakan oleh seorang komposer asal Ceko bernama Antonín Dvorák. Alunan musik yang lembut ini terinspirasi dari musik suku Indian.

2. Slavonic Dance No. 2, Op. 72

Masih dari komposer yang sama, yakni Dvorák, musik Slavonic Dance No. 2, Op. 72 menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil. Slavonic Dance No. 2, Op. 72 merupakan salah satu set karya Dvorák yang diterbitkan dari rangkaian 16 orkestra.

Daftar judul musik klasik untuk Ibu hamil
Daftar judul musik klasik untuk Ibu hamil

3. The Four Seasons, Op. 8, “Spring”: Allegro

The Four Seasons, Op. 8, “Spring”: Allegro diciptakan pada tahun 1724 oleh Antonio Vivaldi. The Four Seasons, Op. 8, “Spring”: Allegro merupakan salah satu karya Vivaldi yang paling terkenal bahkan menjadi masuk favorit King Louis XV.

4. Concerto Grosso No. 8 In G Minor, Op. 6, “Christmas Concerto”: Allegro

Komposer yang menciptakan Concerto Grosso No. 8 In G Minor, Op. 6, “Christmas Concerto”: Allegro adalah Arcangelo Corelli yang memang ditugaskan oleh Kardinal Pietro Ottoboni untuk menciptakan orkestra yang indah saat natal.

Lantunan musiknya yang memadukan tempo lambat dan cepat secara harmonis menciptakan rangkaian nada yang indah dan sangat tepat didengarkan ketika hamil.

5. Má Vlast (My Fatherland): Vltava (The Moldau River)

Kedua musim ini diciptakan oleh komposer asal Ceko, Bedrich Smetana. Kedua rangkaian musik ini menceritakan tentang keindahan Ceko.

Meskipun memiliki tempo yang cepat, namun perpaduan setiap nada dari tuts piano menghasilkan keharmonisan yang indah. Mendengarkan lagu ini ketika santai akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

6. Carmina Burana: O Fortuna

Diciptakan oleh seorang komposer asal Jerman, Carl Orff. Carmina Burana: O Fortuna adalah salah satu rangkaian puisi yang menceritakan tentang Dewi Fortuna yang menentukan nasib baik atau buruk seorang manusia dalam mitologi Yunani.

Alunan musik yang terasa dramatis ini membuat Carmina Burana: O Fortuna Banyak digunakan dalam berbagai pertunjukan sebagai background suasana yang dramatis atau tragedi. Dentuman drum yang keras lalu diikuti nada yang semakin turun membuat suasana menjadi semakin dramatis.

7. Ave Maria (after J.S. Bach)

Musik Ave Maria (after J.S. Bach) merupakan salah satu musik yang paling sering diperdengarkan. Ave Maria (after J.S. Bach) sendiri bercerita tentang lantunan doa yang dipanjatkan kepada Bunda Maria.

Komposer dari rangkaian orkestra yang hebat ini adalah komposer asal Prancis, Charles Gounod. Karyanya ini sering digunakan sebagai backsound dari acara pernikahan, pemakaman, dan misa Natal.

8. Suite Bergamasque, L 75: Clair de Lune

Karya Claude Debussy ini disusun pada tahun 1890. Lantunan nada dari piano yang menenangkan menjadi ciri khas karyanya yang hebat ini.

Clair de Lune sendiri memiliki arti cahaya bulan dengan artian yang menenangkan.

9. Peer Gynt Suite No. 1, Op. 46: Morning Mood

Musik klasik selanjutnya yang tepat didengarkan oleh ibu hamil adalah Peer Gynt Suite No. 1, Op. 46: Morning Mood. Karya dari komposer terkenal, Edvard Grieg ini memiliki keunikan dibandingkan dengan musik klasik lainnya.

Grieg memberikan sentuhan semangat pada awal pembukaan rangakaian musik sebagai pertanda terbitnya matahari. Maka dari itu ia menamakannya Morning Mood.

10. Peer Gynt Suite No. 1, Op. 46: In the Hall of the Mountain King

Masih dari komposer yang sama, yakni Edvard Grieg, Peer Gynt Suite No. 1, Op. 46: In the Hall of the Mountain King merupakan salah satu musik klasik yang wajib masuk dalam daftar. Peer Gynt Suite No. 1, Op. 46: In the Hall of the Mountain King merupakan karya Grieg yang banyak digunakan sebagai pendramatisasi adegan dalam berbagai film maupun animasi.

Rangkaian nada yang menunjukkan kearifan seorang pemimpin membuat musik klasik ini memiliki semangat tersendiri bagi penikmatnya.

11. Pomp and Circumstance, Op. 39: Land of Hope and Glory

Pomp and Circumstance, Op. 39: Land of Hope and Glory adalah salah satu karya dari Edward Elgar. Pomp and Circumstance, Op. 39: Land of Hope and Glory dibuka dengan nada yang diatur sedemikian rupa hingga mencapai suasana khidmat yang begitu menenangkan.

12. Gymnopédie No. 1

Diciptakan oleh Erik Satie asal Prancis, Gymnopédie No. 1 menjadi salah satu karya musik klasik terbaik sepanjang masa. Memiliki alunan lembut yang menenangkan hati dan pikiran, Gymnopédie No. 1 sangat disarankan bagi ibu hamil.

13. Nocturne No. 2 In E-Flat Major, Op. 9

Karya klasik lain yang cocok bagi ibu hamil adalah Nocturne No. 2 In E-Flat Major, Op. 9. Nocturne No. 2 In E-Flat Major, Op. 9 diciptakan oleh Frederick Chopin di tahun 1832.

Alunan musik yang lembut dari tuts piano membuat suasana hati ikut menjadi lebih tenang dan damai. Tempo yang digunakan juga cukup lambat sehingga menambah kesan tenang.

14. Pavane

Ditulis oleh komposer asal Prancis yang bernama Gabriel Faure. Keunikan dari hasil karya Gabriel Faure ini adalah ia membawakan dengan tempo ya g lebih cepat dibandingkan dengan susunan orkestra pada umumnya.

15. The Messiah, HWV 56: Hallelujah Chorus

The Messiah, HWV 56: Hallelujah Chorus diciptakan oleh George Frideric Handel. Karya besar Frideric ini merupakan sebuah karya yang menceritakan tentang kebangkitan Yesus setelah mati.

Hingga kini, The Messiah, HWV 56: Hallelujah Chorus Masih sering dimainkan, terutama ketika Natal telah tiba.

16. Carmen Suite No. 2: Habanera

Carmen Suite No. 2: Habanera disusun oleh komposer bernama Georges Bizet. Kepopuleran musik klasik yang satu ini membuat banyak komposer lain ikut membawakan musik ini, seperti Ernest Guiraud.

17. Double Concerto In D Minor for Two Violins, BWV 1043: Vivace

Disusun oleh seorang komposer terkenal, Johan Sebastian Bach, Double Concerto In D Minor for Two Violins, BWV 1043: Vivace menjadi musik klasik yang paling terkenal kala itu.

Double Concerto In D Minor for Two Violins, BWV 1043: Vivace disebut juga Double Violin Concerto karena perpaduan bunyi violin di dalamnya yang begitu harmonis.

Itulah 17 daftar musik klasik yang sangat baik didengarkan oleh ibu hamil. Mendengarkan musik klasik bagi ibu hamil akan jadi sangat menyenangkan jika ditemani dengan segelas teh hangat dan biskuit sebagai cemilan.

Demikianlah artikel tentang musik klasik yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:

  1. http://komukote.id/2018/07/19/daftar-musik-klasik-untuk-ibu-hamil/
  2. https://www.laksani.com/download-lagu-untuk-ibu-hamil-dan-janin/
  3. http://www.blog.aqiqahbunayyamadiun.com/2016/06/50-lagu-musik-klasik-terbaik-untuk-ibu.html
  4. https://babyorchestra.wordpress.com/tag/daftar-musik-klasik-untuk-kecerdasan-anak/