Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Daftar Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Daftar Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

/
/
137 Views

Makanan yang sehat tentu menjadi perhatian penting untuk semua ibu hamil. Mengingat saat hamil maka ibu akan resah saat memilih makanan yang boleh dimakan dan yang dilarang untuk dimakan.

Terlebih saat ibu baru masuk trimester satu maka perut ibu seperti selalu menolak makanan karena terkena morning sickness. Namun saat trimester kedua ibu sudah bisa makan dengan lebih baik.

Hanya saja saat trimester ketiga maka ibu harus mencoba membatasi makanan yang masuk. Hal ini karena berat badan ibu dan janin sudah cukup sehingga terkadang harus dikontrol agar tidak obesitas.

Salah satu alternatif makanan untuk ibu hamil adalah cemilan yang menyehatkan. Cemilan bisa membuat perut ibu lebih nyaman karena bukan termasuk makanan utama.

Jadi apa saja daftar cemilan sehat untuk ibu hamil? Ikuti penjelasan kami dibawah ini.

  1. Sup buah

Buah adalah salah satu camilan yang sangat baik untuk ibu hamil. Berbagai jenis buah mengandung serat yang bisa mengatasi sembelit saat hamil.

Karena itu ibu bisa mencoba membuat sup buah dengan campuran susu, es serut dan taburan coklat. Buah yang dimasukkan bisa seperti buah pir, anggur, nangka, blewah, melon, apel, pisang, stroberi dan jenis buah yang lain.

Buah ini sangat baik dimakan saat trimester satu karena bisa mencegah morning sickness yang parah.

  1. Salad sayuran

Tidak hanya buah saja yang bisa menjadi cemilan untuk ibu hamil. Aneka sayuran juga sangat baik untuk membantu ibu mencapai kesehatan yang baik selama hamil.

Berbagai jenis sayuran bisa diolah menjadi salad dengan campuran buah dan bumbu seperti mayonese, keju dan jenis perasa sehat lainnya.

Sayuran yang bisa digunakan untuk membuat salad seperti bayam, selada, brokoli dan jenis sayuran lain.

Karena sayuran ini akan dimakan mentah maka pilih sayuran organik dan cuci sampai bersih agar ibu tidak terkena infeksi dari virus, bakteri atau kuman dari sayuran.

Cemilan sehat saat hamil muda
Cemilan sehat saat hamil muda
  1. Kacang mete

Banyak ibu hamil yang tidak mau makan kacang mete atau kacang mede karena kacang ini dianggap kaya dengan lemak.

Lemak memang berbahaya untuk tubuh ibu tapi jenis lemak yang ditemukan pada kacang mete sangat baik untuk kesehatan ibu.

Kacang mete kaya dengan vitamin B kompleks yang bisa mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Kemudian kacang mete juga mengandung protein yang bisa membantu pertumbuhan janin yang sehat.

  1. Apel

Camilan buah seperti apel juga sangat baik untuk ibu hamil. Makan satu apel setiap hari akan membuat pertumbuhan janin menjadi lebih sempurna.

Ini karena buah apel kaya dengan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Kemudian apel juga bisa membantu ibu menjadi lebih sehat karena mengandung bahan antioksidan yang bisa mencegah munculnya sel kanker.

Ada banyak pilihan apel tapi jenis apel organil lokal menjadi yang terbaik untuk ibu hamil.

  1. Salad buah dan buah kering

Jika ibu hamil menyukai banyak jenis buah maka bisa membuat salad buah yang sangat menyehatkan. Irisan dari banyak buah bisa dicampur dengan buah kering seperti kismis.

Berbagai jenis buah yang bisa menjadi cemilan salad buah seperti apel, pir, stroberi, pisang, ceri, kiwi dan buah yang lain.

Hidangan yang segar penuh dengan vitamin ini bisa dijadikan penahan lapar saat malam hari atau pagi hari.

  1. Pisang

Buah pisang bisa jadi buah yang sangat sehat untuk ibu hamil. Ada banyak hidangan yang bisa dibuat dari pisang seperti pisang goreng atau kue pisang.

Tapi untuk cemilan yang paling menyehatkan maka pilih saja makan pisang secara langsung.

Pisang mengandung vitamin C yang bisa menjadi sumber antioksidan untuk ibu dan janin. Buah pisang juga mengandung asam folat yang akan mencegah cacat janin seperti spina bifida.

Jadi jangan ragu untuk makan pisang selama hamil.

  1. Kacang almond

Kacang almond memang dianggap sebagai kacang yang sangat eksklusif untuk ibu hamil. Kacang dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih ini mengandung vitamin E yang sangat tinggi.

Kandungan vitamin E sangat baik untuk mencegah terjadinya cacat janin dan kondisi kesehatan ibu yang menurun selama hamil.

Ibu bisa makan kacang almond karena ini juga kaya dengan lemak sehat yang mendukung proses pertumbuhan janin.

Almond tidak hanya bisa jadi camilan tapi juga bisa jadi susu almond yang sangat lezat.

  1. Alpukat

Jika ibu hamil merasa lapar saat malam hari maka cobalah untuk makan alpukat. Buah hijau kekuningan yang gurih ini mengandung asam lemak yang menyehatkan.

Alpukat juga bisa menjadi sumber asam folat yang akan menjaga pertumbuhan janin lebih sempurna saat trimester satu.

Alpukat bahkan bisa membantu ibu agar tidak mual atau muntah secara berlebihan.

Alpukat bisa dimakan langsung atau dijadikan bahan campuran sup buah atau salad buah.

Anda juga bisa makan alpukat dan selai kacang yang menyehatkan untuk ibu dan janin.

  1. Kentang

Kentang juga bisa jadi cemilan yang sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan karbohidrat dalam kentang bisa menjadi pengganti nasi untuk ibu hamil.

Kentang untuk camilan bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan seperti kentang rebus, kentang kukus atau olahan yang lain.

Hanya saja jika ibu ingin makan keripik kentang maka pilihlah rasa tawar. Karena ketika ibu makan keripik kentang dengan aneka rasa maka secara langsung tubuh ibu menerima banyak bahan perasa makanan.

  1. Jeruk

Buah jeruk juga bisa menjadi cemilan yang akan mencegah mual dan muntah saat ibu mengalami morning sickness.

Jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang bisa berfungsi sebagai bahan antioksidan alami. Kemudian jeruk juga bisa membantu ibu memiliki pencernaan yang sehat karena kaya dengan air dan serat.

Ada berbagai jenis jeruk yang bisa dimakan ibu hamil seperti jeruk sun kist, jeruk lokal atau jenis jeruk bali.

Buah jeruk bisa dimakan langsung atau dibuat menjadi jus yang menyehatkan.

  1. Roti gandum

Ketika perut ibu tidak nyaman seperti mual atau terkena gangguan diare maka bisa makan cemilan seperti roti gandum.

Roti gandum mengandung serat padat yang bisa membuat usus menjadi tenang. Roti gandum juga mengandung vitamin E yang bisa membuat tubuh ibu bisa melawan berbagai sumber infeksi.

Tapi hindari jenis roti gandum yang mengandung banyak ragi karena berbahaya untuk kesehatan janin Anda.

  1. Yogurt

Yogurt adalah sumber probiotik yang sangat menyehatkan untuk ibu hamil. Probiotik akan bekerja untuk membersihkan semua kotoran dalam usus.

Kemudian bakteri baik yang masuk ke dalam saluran pencernaan juga akan membuat ibu bisa buang air besar dengan lancar. Yogurt bahkan bisa mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk penyakit infeksi seperti influenza.

Jadi jangan ragu untuk makan yogurt tawar yang tidak mengandung bahan pemanis dan perasa makanan.

Jadi itulah berbagai isi dari daftar cemilan sehat untuk ibu hamil yang sangat menyehatkan. Ibu bisa makan cemilan ini tanpa perlu merasa khawatir karena mengandung nutrisi yang sangat menyehatkan.

Sumber:

  1. https://www.babycenter.com/0_10-healthy-snacks-for-pregnancy_10396237.bc
  2. https://www.thebump.com/a/healthy-low-calorie-snacks