27 Ciri-Ciri Orang Hamil yang Wajib Diketahui Setiap Pasutri

Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa ciri orang hamil adalah telat datang bulan. Padahal haid yang terlambat datang tidak selalu merupakan pertanda wanita hamil, meskipun memang merupakan ciri ciri kehamilan yang umum.

Mengetahui kehamilan dari seorang wanita adalah pekerjaan yang cukup susah. Bagi mereka yang tidak pernah mengalami kehamilan, perubahan kecil yang ada dalam dirinya tidak akan begitu terasa.

Ciri kehamilan pada wanita

Ciri kehamilan pada wanita

Beda halnya dengan wanita yang sudah pernah hamil, biasanya mereka sudah dapat mengenali ciri-ciri kehamilannya, baik itu secara fisik maupun psikis.

Meskipun terdapat serangkaian tanda yang bisa dirasakan, hanya dokter yang dapat memastikan kehamilan pada wanita. Jadi meskipun telah mengalami ciri-ciri seperti yang dijelaskan di bawah ini, seorang calon Ibu mesti tetap memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk memastikan kehamilannya.

Untuk lebih memahami ciri-ciri kehamilan yang muncul secara fisik dan psikis, berikut ini ulasan singkat mengenai tanda kehamilan pada wanita.

1. Ciri-Ciri Orang Hamil Secara Fisik

Setelah pembuahan berhasil dilakukan, wanita akan mengalami beberapa perubahan hormon di dalam tubuhnya, yang secara langsung mempengaruhi kondisi fisik dan psikisnya. Berikut ini beberapa ciri-ciri fisik wanita sedang hamil yang perlu diketahui.

  1. Perubahan pada Payudara

Salah satu tanda wanita hamil yang paling mudah dilihat dan dirasakan oleh wanita adalah perubahan pada payudaranya.

Pada minggu-minggu awal kehamilan, payudara seorang wanita akan mulai menggembung lebih besar. Biasanya baju dan juga baju dalam akan mulai tidak cukup menampung payudara yang sudah bersiap menghasilkan air susu.

Meski mengalami penggembungan, payudara seorang wanita tidak akan mengeras. Saat dipegang akan terasa lebih empuk dari biasanya dan sakit. Ciri fisik ini hanya muncul pada wanita yang baru pertama kali hamil atau mereka yang tidak menggunakan alat kontrasepsi berupa pil.

  1. Area Areola Payudara Menjadi Lebih Gelap

Salah satu ciri fisik orang hamil adalah areola atau puting susu berubah warna. Areola adalah area gelap di sekitar puting yang digunakan bayi untuk menghisap air susu ibu.

Saat wanita hamil, area itu juga bersiap menyambut bayi. Secara bertahap areola akan menjadi lebih gelap warnanya dan akan kembali lagi ke warna normal setelah wanita selesai melahirkan bayinya.

  1. Mengalami Spotting (Flek)

Ciri orang hamil yang paling umum dirasakan wanita adalah munculnya flek mirip haid, tepatnya pada hari ke-5 hingga 10 setelah kehamilan, wanita akan mengalami spotting.

Yang dimaksud dengan spotting adalah menstruasi yang tidak terlalu banyak. Vagina masih mengeluarkan darah, tapi jumlahnya tidak banyak seperti saat menstruasi normal setiap bulannya. Penyebab dari spotting atau pendaran kecil pada wanita adalah masuknya sel telur yang telah dibuahi ke dalam uterus.

Tanda spotting ini kerap tidak terlihat oleh wanita karena mereka menganggap hanya mengalami menstruasi ringan. Akibatnya, mereka baru tahu hamil setelah janin berusia lebih dari 4-6 minggu.

  1. Sering Buang Air Kecil dan Mengalami Sembelit

Saat mengalami kehamilan, uterus akan menekan kandung kemih secara langsung dan terus menerus. Keadaan ini memicu seorang wanita mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil meski tidak minum banyak air. Keadaan ini cukup mengganggu terutama saat malam karena waktu istirahat yang berharga akan terganggu.

Karena tubuh terus membuang air secara berkala, wanita juga mengalami sembelit. Mereka akan susah buang air besar sehingga sangat disarankan banyak mengonsumsi serat setiap hari setelah mengetahui dirinya mengalami kehamilan.

  1. Gampang Lelah Setiap Saat

Ciri hamil yang umum adalah perasaan gampang lelah. Proses tumbuh dan kembang janin mulai dari telur hingga akhirnya memiliki plasenta dan organ lain membutuhkan banyak energi. Dan kebutuhan akan energi tersebut tentu disuplai dari Ibu.

Pada trimester pertama, wanita akan mengalami lelah yang berlebihan. Mereka tidak akan mampu melakukan banyak kegiatan berat. Fase ini sangat krusial sehingga begitu tahu hamil, seorang wanita harus segera meningkatkan angka kecukupan gizinya.

  1. Mudah Muntah

Mual dan muntah adalah tanda-tanda wanita hamil yang bisa terlihat secara langsung. Sekitar 80% wanita mengalami muntah di pagi hari saat trimester pertama kehamilan.

Setiap hari, setelah bangun tidur hingga menjelang siang, mereka akan terus merasa mual begitu mencium bau tertentu atau melihat sesuatu.

Gejala ini disebut morning sickness, terjadi akibat produksi hormon human chorionic gonadotrophin (hCG). Keadaan ini akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Saat wanita terus mengalami muntah, dia harus mencukupi banyak kebutuhan gizinya yang kadang ikut keluar.

  1. Hidung Berfungsi Melebihi Batas

Ciri wanita hamil lainnya adalah kemampuan daya cium hidung meningkat berkali-kali lipat. Hidung seorang wanita hamil sangat sensitif. Mereka bisa mengenali aneka bau dengan cepat dan meresponsnya dengan cepat pula.

Seorang wanita akan tahu kalau suaminya habis makan sesuatu atau habis merokok. Kadang, wanita akan meminta suaminya gosok gigi agar bau yang keluar tidak membuat mereka jadi muntah.

  1. Pusing yang Berlebih

Selain mengalami mual dan juga muntah setiap pagi, wanita yang sedang hamil juga mengalami pusing yang berlebihan.

Beberapa dari wanita yang mengalami pusing sampai tidak kuat sehingga harus minum obat agar bisa beristirahat.

Rasa pusing ini disertai dengan tubuh yang lemas dan kadang detak jantung berdetak dengan lebih cepat. Jika wanita sudah mengalami hal ini, tanda-tanda hamil sudah semakin jelas terlihat sehingga mereka tidak perlu khawatir. Pun rasa pusing akan hilang seiring dengan berkembangnya janin di dalam tubuh.

  1. Menstruasi Terlambat Datang

Telat datang bulan adalah ciri orang hamil yang paling mudah dirasakan, wanita biasanya akan langsung sadar kalau mereka telat haid dan curiga sedang hamil, apalagi jika selama ini siklus menstruasi yang dimiliki selalu datang teratur.

Biasanya wanita yang mengalami keterlambatan datang bulan selama beberapa minggu akan segera memeriksakan diri atau menggunakan alat pengecek kehamilan instan.

  1. Kram pada Perut

Ada dua penyebab mengapa wanita mengalami kram atau rasa sakit berlebihan di perutnya. Pertama adalah karena PMS dan yang kedua adalah hamil.

Gejala ini memang sulit untuk dibedakan karena rasanya sama-sama sakit. Wanita tidak akan tahu apakah rasa sakit itu terjadi karena uterus siap menerima janin atau karena akan menstruasi.

Ciri-ciri orang hamil

Tanda dan ciri orang hamil muda

2. Ciri Psikis Orang yang Sedang Hamil

Selain memiliki tanda-tanda fisik, wanita hamil juga memiliki beberapa ciri psikis yang khas saat sedang hamil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri psikis atau perubahan emosi yang dialami oleh wanita yang mengalami kehamilan.

  1. Gelisah

Wanita yang mengalami kehamilan kerap gelisah di malam hari atau saat sedang sendirian. Mereka akan mendadak merasa takut sehingga harus ditemani oleh suami atau orang tua.

Gelisah adalah salah satu ciri psikis orang hamil yang jarang diketahui. Kalau seorang istri mendadak sering merasakan hal-hal seperti ini padahal biasanya tidak, segera cek kehamilan, siapa tahu janin sudah berusia beberapa minggu.

  1. Mood Sering Berubah

Selain mengalami gelisah dan kadang berakhir seperti depresi, wanita hamil juga kerap mengalami perubahan mood atau emosi. Mereka tidak akan sadar kalau mendadak marah, sedih, atau bahkan gembira tanpa sebab.

Saat pembuahan berhasil dilakukan terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Keadaan hormon tubuh yang naik dan turun membuat wanita tidak bisa mengontrol emosinya.

  1. Terobsesi dengan Makanan Tertentu

Ciri psikis terakhir yang menjadi tanda wanita sedang hamil adalah keinginan untuk makan sesuatu yang tidak bisa ditahan.

Kejadian ini sering dinamai ngidam sehingga suami kerap rela mencarikan apa saja yang diinginkan oleh istrinya.

Ngidam adalah salah satu ciri orang hamil yang sudah umum diketahui dan dimaklumi orang. Biasanya wanita yang hamil suka dengan sesuatu yang memiliki rasa asam seperti mangga muda, kedondong, atau buah masam lainnya.

3. Tanda-Tanda Kehamilan Sebelum Telat Haid

Ciri kehamilan sebelum telat haid terakhir

Ciri kehamilan sebelum telat haid terakhir

Jika Anda melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi, maka kemungkinan Anda hamil cukup tinggi. Kehamilan bisa diketahui dengan menggunakan alat tes kehamilan, atau bisa juga dengan mengamati tanda-tandanya.

Tanda kehamilan yang paling jelas tentu saja adalah telat haid. Namun, tahukah Anda bahwa tanda awal kehamilan sebelum telat haid juga bisa dikenali? Jika Anda mengalami tanda-tanda berikut ini dalam beberapa hari setelah melakukan hubungan seksual, maka bisa jadi Anda sedang hamil.

  1. Kenaikan suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh normal seorang wanita biasanya berada antara 35,5-36OC. Setelah ovulasi, suhu tubuh naik konstan ±0,5OC.

  1. Bercak darah implantasi

Darah implantasi akan muncul seminggu sebelum menstruasi jika siklus menstruasi Anda 28 hari (hari ke 20-24 dari hari pertama terakhir haid).  Jika siklus menstruasi kurang/lebih dari 28 hari, maka darah implantasi muncul 6-12 hari dari hari ovulasi (rata-rata 9 hari).

  1. Nyeri Payudara

Nyeri payudara juga dialami wanita menjelang haid. Namun, pada wanita hamil payudara terasa membesar, lembut, nyeri, puting lebih mencuat, serta bagian areola lebih gelap.

  1. Kram Perut

Kram perut karena hamil cenderung lebih ringan dibandingkan kram perut menjelang menstruasi. Kram perut karena hamil biasanya juga disertai dengan bercak darah implantasi berwarna merah muda.

  1. Sangat kelelahan padahal melakukan aktivitas seperti biasa

Produksi darah, detak jantung, dan metabolisme saat hamil meningkat akibat perubahan hormon sehingga tubuh terasa cepat lelah.

  1. Semakin sering buang air kecil dan susah buang air besar

Peningkatan hormon progesteron menyebabkan makanan dicerna lebih lambat di usus sehingga menyebabkan susah buang air besar.

Kadar HCG pada wanita hamil meningkat 2 kali lipat setiap 2-3 hari, menyebabkan kandung kemih cepat penuh sehingga frekuensi buang air kecil meningkat.

  1. Pusing, mual, dan kembung

Perubahan hormon menyebabkan pusing, mual, dan kembung. Sayangnya, tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid ini sangat umum sehingga dianggap masuk angin saja.

  1. Tidak nafsu makan

Mulut Anda mungkin mengecap rasa logam akibat perubahan hormon saat hamil. Ditambah dengan mual dan kembung, nafsu makan menjadi rendah.

Indikasi Lain

Jika Anda melakukan tes urine sebelum telat haid dan menunjukkan hasil positif, maka kemungkinan besar Anda memang hamil.

Sayangnya, hasil positif ini bisa berindikasi lain, diantaranya cara pemakaian testpack tidak sesuai prosedur, hamil anggur, hamil kosong, dan lain-lain.

Jika Anda cukup yakin dengan tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid, lakukanlah tes ke dokter untuk mengetahui kehadiran janin dengan pasti.

4. Ciri Wanita Hamil 1 Hari

Ciri hamil 1 hari

Ciri hamil 1 hari

Setelah berhubungan badan, sperma akan segera membuahi sel telur. Jika pembuahan terjadi dengan lancar akan terjadi perubahan pada sel telur hingga akhirnya berkembang jadi janin.

Pasca pembuahan biasanya 1-2 hari, wanita akan mengalami cukup banyak perubahan pada dirinya meski gejala itu tidak tampak dengan jelas.

Ciri-ciri awal kehamilan adalah adanya kram pada perut. Kram yang terjadi 2 minggu atau lebih sebelum menstruasi adalah sesuatu yang tidak wajar. Normalnya, seseorang akan mengalami PMS sekitar satu minggu sebelum tanggal menstruasi datang.

Selain mengalami kram pada perut, tanda awal kehamilan lainnya adalah mengalami kepayahan pada tubuhnya. Perubahan energi pada tubuh akan terlihat dengan jelas sehingga wanita yang sudah berpengalaman biasanya segera paham bila tengah hamil.

Terakhir, wanita yang mengalami kehamilan di minggu awal juga mengalami rasa pusing meski belum sampai pada tahap mual dan juga muntah-muntah. Tanda ini kadang diacuhkan sebab dianggap sebagai tanda penyakit flu biasa saja.

5. Ciri Orang Hamil 1 Bulan

Perubahan tubuh pada wanita yang mengalami kehamilan akan terus berlanjut mulai dari hari pertama. Pada minggu keempat atau bulan pertama kehamilan, wanita akan mengalami hal-hal di bawah ini.

  1. Perut Terasa Membesar

Memasuki minggu keempat kehamilan, perut akan terasa sangat besar meski wanita tidak makan terlalu banyak. Meningkatnya hormon progesteron akan membuat wanita tidak nyaman dengan pakaian ketat sehingga lebih memilih pakaian yang longgar beserta celananya.

  1. Kram Kecil pada Perut

Kram pada perut adalah salah satu ciri orang hamil, kram akan terus terjadi pada wanita sejak awal kehamilan hingga minggu keempat.

Namun, frekuensi dan rasa sakitnya akan mulai berkurang. Jika rasa sakit yang dialami oleh wanita terus berlanjut hingga rasanya tidak bisa ditahan, mereka harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

  1. Mengalami Spotting

Spotting atau keluarnya sedikit darah pada vagina masih terus terjadi pada minggu keempat. Biasanya, frekuensi dan juga kuantitas cairan yang keluar akan semakin sedikit.

Wanita yang mengalami spotting tidak perlu khawatir karena hal ini sangat wajar dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama.

  1. Mual dan Muntah di Pagi Hari dan Gampang Lelah

Wanita akan kerap mengalami morning sickness pada minggu keempat kehamilan. Biasanya setelah bangun tidur, mereka akan mengalami pusing yang mual yang berlebih dan akhirnya muntah-muntah. Jangan khawatir sebab ini adalah ciri hamil yang khas dan biasa terjadi.

Tubuh wanita juga akan mudah lelah tanpa melakukan apa-apa. Penyakit yang muncul di pagi hari ini akan hilang menjelang siang dan tidak akan muncul lagi sejalan dengan umur dari janin.

  1. Emosi Sering Berubah

Emosi seorang wanita yang mengalami kehamilan empat minggu akan terus berubah. Mereka akan kerap mendadak marah, senang, atau sedih dengan cepat.

Hal ini wajar dan orang di sekelilingnya seperti suami harus sadar dengan keadaan ini karena merupakan tanda kehamilan normal yang patut disyukuri.

  1. Rasa Sakit pada Payudara

Ciri orang hamil 1 bulan adalah payudara akan membesar, tidak terlalu keras, dan sakit ketika dipegang. Hal ini wajar pada awal kehamilan karena tubuh sedang bersiap menyambut bayi yang akan mendapatkan air susu.

6. Bagaimana Memastikan Kehamilan?

Memastikan kehamilan dengan tes urin

Memastikan kehamilan dengan tes urin

Kalau tubuh sudah memiliki tanda dan ciri-ciri khas seperti payudara yang mendadak sakit serta membesar, sering terjadi kram perut, mudah lelah, dan menstruasi terlambat, wanita harus memastikan dirinya apakah hamil atau hanya masalah kesehatan biasa.

Untuk memastikan kehamilan, wanita bisa melakukannya dengan dua cara di bawah ini.

  1. Alat Tes Kehamilan

Apotek sudah banyak menjual aneka alat tes kehamilan yang biasanya berupa kertas atau stik yang akan berubah warna atau menunjukkan setrip satu atau dua. Cara pengetesan kehamilan dengan alat ini dilakukan dengan mencelupkan alat itu ke dalam urine yang mengandung HCG.

Kandungan HCG muncul saat wanita hamil dan bisa dideteksi dengan alat tes kehamilan secara instan. Setelah mencelupkan alat itu, wanita akan tahu apakah dirinya hamil atau tidak dari setrip yang dimunculkan stik.

  1. Dibawa ke Dokter

Untuk lebih memastikan lagi apakah seorang wanita hamil atau tidak, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Di sana akan ada banyak alat untuk memeriksa kehamilan dengan sangat detail. Bahkan, dokter bisa memperkirakan umur dari janin dan kapan akan melahirkan jika usia janin sudah dewasa.

Dokter yang memeriksa biasanya akan menggunakan metode USG (Ultrasonografi). Metode ini sangat efektif untuk mengetahui apakah ada janin dalam kandungan wanita atau tidak.

Inilah ciri-ciri kehamilan yang dialami oleh wanita sejak hari pertama kehamilan hingga akhirnya melahirkan. Semoga bisa membantu Anda untuk memahami tanda kehamilan.

7. Kuis Kehamilan

Meskipun telah mengetahui ciri-ciri orang hamil seperti dijelaskan di atas, kebanyakan wanita masih ragu, Apakah sedang hamil atau tidak? Sebelum anda melakukan tes kehamilan, ada baiknya anda menjawab kuisioner kehamilan yang telah kami siapkan untuk Anda.

Silahkan download kuisioner tersebut disini. Lalu jawab dengan jujur sesuai dengan apa yang Anda rasakan setiap pertanyaan dalam kuisioner tersebut.

Untuk memastikan kehamilan anda tetap perlu melakukan tes kehamilan, baik itu dilakukan sendiri maupun dengan bantuan dokter atau bidan. Sangat disarankan untuk mengunjungi dokter spesialis yang dapat memeriksa kesehatan anda dan janin dalam kandungan.

Ciri-ciri orang hamil seperti dijelaskan di atas bersifat kasustik, artinya ciri tersebut tidak selalu sama pada semua wanita. Jadi satu wanita tidak memiliki ciri dan tanda kehamilan yang sama dengan wanita lainnya.

Tapi meskipun demikian, ciri-ciri orang hamil di atas adalah gambaran umum yang paling sering dialami kaum wanita saat sedang hamil.