Tahap Perkembangan Janin Minggu Ke-8

Minggu ke-8 kehamilan menandai akhir dari tahap embrio bayi dan merupakan periode awal perkembangan janin menjadi manusia. Periode ini melanjutkan tahap perkembangan janin minggu ke 7 yang menakjubkan.

Sel saraf di otak bayi pada minggu ke-8 mulai bercabang untuk membentuk jalur saraf awal. Bagian otak yang bertanggung jawab atas indera penciumannya juga mulai terbentuk.

Ada banyak hal yang terjadi pada tubuh bayi pada minggu ini. Lengannya cukup panjang agar tangannya bisa mencapai dadanya, dan kakinya juga mulai memanjang.

Namun, pergelangan kaki, paha, lutut dan kakinya belum berbeda. Ekor embrionya hampir hilang, tempat di mana kelak akan menjadi tulang ekornya.

Seberapa Besar Bayi usia 8 Minggu?

Ukuran janin minggu ke-8
Minggu ke-8 atau saat usia kehamilan sudah memasuki 2 bulan dari 9 bulan periode kehamilan, ukuran bayi sama besarnya dengan buah raspberry atau kira-kira seukuran kacang merah.

Berat janin usia 8 minggu sekitar 0,4 ons dengan panjang sekitar 16 mm. Bayi tumbuh sekitar satu milimeter setiap hari. Wajah polos dan kepala bulatnya sudah tampak nyata.

Perkembangan Janin Minggu ke-8 Dalam Rahim

Bagian antara dahi dan pangkal hidung tertarik ke arah dalam. Rongga mulut, cikal bakal gigi dan lidah, serta sel-sel pembentuk bulu mata mulai berkembang.

Bibir bagian atas juga sudah nampak dengan sempurna. Matanya terlihat di bawah membran kulit yang tipis. Sedangkan telinga luar sudah terbentuk sempurna. Pada akhir minggu ini, janin telah mampu mendengar.

Lengan semakin membesar dan telah memiliki siku. Lengan dan kaki terbagi menjadi komponen paha, kaki, tangan, lengan, dan bahu.

Ekor mungilnya sudah mulai menghilang. Tulangnya telah terbentuk, demikian pula jaringan kulit, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak.

Sementara itu, tubuh ringkihnya sudah bisa bergerak secara tak teratur. Jika dirata-ratakan ada 60 kali gerakan dalam sejam. Pergerakan pertama janin dapat dideteksi melalui USG.

Bila ibu menyentuh si janin, janin akan bergerak spontan. Ini terjadi karena sistem saraf sedang dalam taraf perkembangan dan siap berkomunikasi dengan semua otot yang ada.

Periode ini merupakan serangkaian dari periode penting dalam perkembangan janin dalam rahim. Kini, organ-organ vital berkembang dan mulai terbentuk sempurna.

Pada minggu ke-8, perut  dan rongga dada sudah terpisah. Brochi, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan, mulai bercabang.

Sistem percernaan janin usia 8 minggu juga terus berkembang dan pada tahap ini usus janin membuang sampah dari dalam tubuh.

Organ reproduksinya sedang berkembang, meski begitu alat kelaminnya belum bisa terlihat. Sementara itu, di dalam otaknya jaringan saraf yang berhubungan dengan penciuman di otak berkembang secara signifikan.

Jantung telah mampu memompa dengan kuat dengan irama yang teratur. Jantung berdetak dengan frekuensi cukup kencang, yaitu 150 kali/menit. Kira-kira 2 kali lebih cepat dibandingkan detak jantung ibunya.

Minggu ke-8, janin tumbuh dengan kecepatan yang menakjubkan. Seluruh organ internal janin sudah terbentuk pada minggu ini.

Baca juga: Bagaimana Mempersiapkan Kehamilan Kedua

Fakta menarik tentang bayi Anda di minggu ke 8

  • Jari tangan dan jari kaki bayi 8 minggu mulai tumbuh
  • Panjang bayi 8 minggu hampir satu inci yakni sebesar kacang merah
  • Diafragma bayi mulai berkembang yang memungkinkan bayi bernafas dan cegukan
  • Untuk mempersiapkan tubuh untuk kelahiran, Ibu hamil menghasilkan hormon yang disebut relaxin yang melembutkan ligamen sendi.
  • Hanya 7% wanita yang mengidam saat usia kehamilan 8 minggu

Ciri-Ciri Hamil 8 Minggu

Aktivitas hormon yang meningkat menyebabkan panca indera ibu semakin sensitif. Misalnya, indera penciuman yang super sensitif membuat perut semakin bergejolak.

Minggu ke-8, ibu kerap dilanda rasa lapar atau kelelahan melebihi biasanya, kemungkinan sulit tidur nyenyak pada malam hari, merasakan kram di seputar perut akibat rahim membesar, kontipasi, gangguan pencernaan, kembung atau mulas.

Pada usia kehamilan delapan minggu, terdapat sejumlah ciri kehamilan yang bisa dialami, yaitu:

  • Sakit pada payudara. Payudara mungkin terasa lebih besar, lebih berat, dan pegal. Itu karena lobulus yang memproduksi susu di payudara mulai berkembang. Rasa sakit pada payudara di usia kehamilan 8 minggu adalah pertanda baik.
  • Kelelahan. Rasa lelah yang sangat kadang sampai mengganggu waktu istirahat dan waktu tidur. Mengapa? Seiring dengan fluktuasi hormon, tubuh Ibu hamil juga menghasilkan lebih banyak darah untuk bayi, akibatnya tekanan darah dan kadar gula darah menurun.
  • Morning sickness. Rasa mual yang dirasakan bisa sangat kuat saat memasuki usia kehamilan 8 minggu, lagi-lagi ini berhubungan dengan hormon kehamilan. Perbanyak minum air putih dan nikmati makanan ringan yang sehat sepanjang hari. Beberapa ibu mengonsumsi jahe, Vitamin B-6, dan gelang akupresur untuk membantu meringankan gejala morning sickness.
  • Indera penciuman lebih tajam. Seiring dengan gejala morning sickness, muncul juga gejala lainnya yakni indera penciuman yang luar biasa tajam. Terkadang Ibu hamil mencium suatu aroma yang tidak pernah mengganggu sebelumnya, yang akhirnya memicu timbulnya rasa mual.
  • Kram. Mengalami keram saat hamil 8 minggu adalah normal. Itu karena ligamen di dalam perut mengembang. Jika kram Anda parah atau Anda khawatir terjadi apa-apa, segera beritahu dokter.
  • Sembelit. Jika Anda mengalami sembelit saat hamil 8 mingu, Anda tidak sendiri. Konstipasi selama kehamilan terjadi pada sekitar 50 persen wanita hamil. Perbanyak minum air putih, makan buah dan sayuran yang kaya serat, dan banyak jalan.
  • Mengalami mimpi-mimpi yang aneh. Jika Anda memiliki mimpi yang tidak jelas dan aneh, maka hal tersebut adalah normal selama kehamilan. Tidak jelas apa yang menyebabkan mimpi-mimpi itu tapi kemungkinan disebabkan oleh kecemasan terhadap diri dan bayi dalam kandungan.
  • Bercak. Banyak wanita hamil 8 minggu yang khawatir dengan munculnya bercak, karena bercak bisa jadi merupakan tanda keguguran. Tapi ada beberapa penyebab lain munculnya bercak pada trimester pertama, termasuk hubungan seks saat hamil (karena leher rahim Anda mungkin saja menjadi lebih sensitif daripada biasanya). Hubungi dokter jika gejala ini terus berlanjut.

Baca juga:

Jika Anda merasa mual, sering lapar, atau sering lelah, itu semua karena pertumbuhan bayi yang sangat signifikan ditambah dengan perubahan hormon dalam tubuh.

Demikian beberapa perkembangan janin minggu ke-8 dan ciri-ciri kehamilan yang menyertainya, semoga bermanfaat.