Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / 5 Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

5 Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

/
/
2 Views

Setiap pasangan suami istri, terutama yang baru saja menikah, tentu memimpikan dapat segera memiliki momongan. Supaya tercapainya mendapatkan keturunan, berbagai usaha dilakukan.

Salah satu usaha tersebut adalah menyuburkan kandungan sang istri. Dengan begitu, sang istri bisa segera hamil dan calon bayi mereka dapat tumbuh dengan sehat di dalam kandungan.

Menyuburkan kandungan sangat diperlukan agar bisa mendapatkan keturunan yang kelak bisa berkembang secara normal.

Belakangan ini ada banyak pasangan yang sulit untuk mendapatkan buah hati. Berbagai program hamil pun dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tentu ada banyak cara menyuburkan kandungan dan alangkah lebih baik Anda memilih untuk menyuburkan kandungan secara alami.

Apa saja cara menyuburkan kandungan paling alami yang Anda perlu lakukan ? Berikut ini ulasan detail dari pengehamil.com:

  1. Rutin konsumsi telur

Selama ini banyak wanita menghindari konsumsi telur, terutama bagian kuning telur.

Alasan utamanya yaitu karena kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Hal tersebut pun kerap menjadi momok bagi wanita, apalagi mereka yang takut jadi gemuk karena konsumsi kuning telur.

Tingginya kandungan lemak dalam kuning telur tak bisa disangkal, yaitu sekitar 184 mg kolesterol dalam sebutir telur.

Namun, hal tersebut masih dapat ditoleransi. Menurut beberapa jurnal kedokteran internasional, total kolesterol yang bisa masuk ke tubuh kita yaitu sebanyak 300 mg per hari.

Otomatis dengan kadar kolesterol segitu, mengonsumsi sebutir telur setiap harinya, termasuk bagian kuningnya, masih terbilang aman. Jika tak ingin menambah kadar lemak, baiknya Anda mengolahnya dengan rebusan.

Jangan sampai Anda tidak mengolahnya alias memakan mentah, karena membuat Anda berisiko terkena infeksi. Infeksi tentunya akan mempersulit Anda untuk menyuburkan kandungan.

Selain protein, telur juga mengandung lemak baik, terutama omega 3. Lemak baik tersebut nantinya menjadi bahan utama untuk pembentukan berbagai hormon di tubuh.

Misalnya hormon esterogen dan progesteron. Kedua hormon ini tentunya sudah sangat familiar di telinga, khususnya terkait proses menyuburkan kandungan.

  1. Konsumsi 8 gelas air putih setiap harinya

Mengapa harus 8 gelas air putih? Angka 8 tersebut bukan sembarang sebut. Ya, 8 gelas merupakan takaran paling mudah untuk memenuhi kebutuhan cairan kita setiap harinya.

Kurang lebih 8 gelas setara dengan 2 liter air dan sesuai dengan perhitungan kebutuhan cairan orang dewasa pada umumnya berdasarkan rata-rata berat badan.

Lantas kenapa perlu minum 8 gelas air putih untuk menyuburkan menyuburkan kandungan? Tentu tujuannya agar cairan di tubuh, terutama yang ada pada sirkulasi darah, tidaklah kurang.

Darah berperan penting untuk membawa suplai nutrisi dan oksien ke semua organ tubuh.

Supaya kandungan subur maka “makanan” ke rahim pun harus banyak. Otomatis darah yang diperlukan pun harus banyak agar oksigen dan nutrisi yang diangkut bisa lebih banyak.

  1. Rajin mengonsumsi tauge
Tauge dapat menyuburkan kandungan secara alami
Tauge dapat menyuburkan kandungan secara alami

Anda tentu familiar dengan tauge yang bisa menyuburkan kandungan. Sedari dulu manfaat tauge untuk menyuburkan kandungan sudah sangat dipercayai oleh nenek moyang kita.

Tak heran jika pengetahuan ini terus diwariskan sebagai kebijakan lokal, khususnya kepada para pengantin baru.

Dalam dunia medis, manfaat tauge pun telah sering diteliti. Mayoritas penelitian tentang manfaat tauge ini dilakukan pada berbagai hewan coba.

Berbagai jurnal kedokteran telah mengakui bahwa tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang ada, kandungan yang dijumpai dalam tauge antara lain :

  • Phytoesterogen,
  • Senyawa phenolic,
  • Flavonoid,
  • Vitamin C, dan
  • berbagai senyawa antioksidan.

Dengan berbagai kandungan yang bermanfaat sesuai penelitian ilmiah, manfaat tauge untuk menyuburkan kandungan sudah tak bisa disangkal.

Apalagi kandungan-kandungan tersebut sangat diperlukan untuk menangkal berbagai radikal bebas yang bisa berbahaya.

Selain itu, senyawa phytoesterogen juga terlibat dalam sistem hormonal reproduksi sehingga hal tersebut bisa membuat kandungan subur secara alami.

Jadi, rajinlah mengonsumsi tauge supaya bisa mendapatkan hasil kandungan subur secara optimal.

Setidaknya konsumsi tauge sebanyak 1 ons atau sekitar semangkuk penuh sayur tauge setiap 1 atau 2 hari sekali.

Baiknya Anda hanya mengolah tauge dengan merebus saja. Kemudian, Anda sebaiknya mengonsumsi tauge beserta air rebusannya juga agar nutrisi yang ikut larut dalam air tidak terbuang sia-sia.

  1. Biasakan bergerak aktif

Tubuh kita sangat perlu untuk aktif bergerak. Dalam 24 jam sehari, selain beraktivitas sehari-hari yang sudah membuat Anda aktif bergerak, sediakan juga waktu sejenak untuk berolah-raga.

Apalagi bagi Anda–wanita yang sedang berusaha menyuburkan kandungan secara alami.

Menurut pedoman internasional di berbagai publikasi ilmiah, Anda hanya perlu rajin berolah-raga dalam durasi 30 menit setiap harinya.

Olahraga yang disarankan pun tidak berat alias tegolong dalam intensitas sedang (moderate-intensity physical activity). Contoh olahraga yang dapat meningkatkan kesuburan antara lain berupa :

  • Jogging,
  • Bersepeda, dan
  • Berenang.

Kalau dalam keseharian hal tersebut tak mungkin dilakukan karena berbagai kesibukan, baiknya Anda menyelipkan plihan aktivutas yang bisa jadi “pengganti” olahraga.

Aktivitas yang dimaksud pun juga tidak sulit dan sangat mudah diterapkan dalam keseharian. Misalnya :

  • Berjalan cepat,
  • Berkebun, dan
  • Menari.

Penelitian telah membuktikan bahwa olaharaga sederhana yang rutin dikeejakan sangat membantu Anda untuk menyuburkan kandungan.

Hal ini berkaitan dengan metabolisme tubuh yang nantinya akan memengaruhi organ kandungan. Bahkan, olahraga secara rutin mampu menurunkan berbagai risiko yang bisa terjadi pada para wanita, seperti :

  • Gangguan ovulasi,
  • Masalah menstruasi, dan
  • Keguguran.
  1. Jauhi “junk food”

Apa sebenarnya yang dimaksud junk food? Berdasarkan istilah medis secara umum, “junk food” adalah segala makanan yang terlalu banyak kalori dan sedikit sumber nutrisi seperti serat, protein, vitamin.

Makanan junk food sangat identik dengan orang-orang yang memliliki kelebihan berat badan hingga obesitas. Nantinya masalah ini akan mempengaruhi organ tubuh yang lain, salah satunya adalah mengganggu sistem reproduksi.

Itulah mengapa anda sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan cepat saji jika ingin menyuburkan kandungan. Karena seperti penjelasan sebelumnya, jenis makanan tersebut mengandung sedikit sekali nilai manfaat.

Bahkan, “junk food” pun kerap mengandung berbagai senyawa radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut bak sebuah “bom waktu” yang lambat laun membahayakan tubuh selain mengganggu proses menyuburkan kandungan.

Berikut ini berbagai contoh “junk food” yaitu :

  1. Makanan cepat saji alias fast food  yang banyak beredar,
  2. Makanan yang diolah dengan dibakar atau diasap atau dipanggang,
  3. Makanan yang terlalu lama digoreng dan pakai minyak yang berulang-ulang,
  4. Makanan yang terlalu manis dan asin,
  5. Makanan ringan yang dikemas (snack) yang mengandung banyak “mecin” seperti MSG, pengawet dan penyedap.

Demikian beberapa cara untuk menyuburkan kandungan secara alami. Semoga bermanfaat.[]

Referensi :

  • Perk J., de Backer G., Gohlke H., Graham I., Reiner Z., Verschuren M., Albus C., Benlian P., Boysen G., Cifkova R., et al. European Guidelines on Cardiovascular Disease Prevention in Clinical Practice (version 2012). The Fifth Joint Task Force of the European Society of Cardiology and Other Societies on Cardiovascular Disease Prevention in Clinical Practice (constituted by representatives of nine societies and by invited experts) Eur. Heart J.2012;33:1635–1701. doi: 10.1093/eurheartj/ehs092.
  • Eilat-Adar S., Sinai T., Yosefy C., Henkin Y. Nutritional recommendations for cardiovascular disease prevention.Nutrients. 2013;5:3646–3683. doi: 10.3390/nu5093646.
  • https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/jf304443u#/doi/abs/10.1021/jf304443u
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320445.php
  • https://healthyeating.sfgate.com/disadvantages-consuming-eggs-daily-2693.html
  • The role of exercise in improving fertility, quality of life and emotional wellbeing (Available at  www.yourfertility.org.au)
  • http://www.imedpub.com/scholarly/junk-food-journals-articles-ppts-list.php
This div height required for enabling the sticky sidebar