Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

/
/
113 Views

Susah tidur dan insomnia adalah salah satu gangguan kehamilan yang sering dialami calon Ibu. Ada banyak penyebabnya dan di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi susah tidur saat hamil.

Ibu hamil memang sering merasakan berbagai keluhan yang membuatnya susah tidur dengan nyenyak. Keluhan ini bisa mulai sejak awal trimester pertama dan akan semakin berat saat sudah menjelang persalinan.

Tubuh ibu hamil sebenarnya membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup agar kondisi janin tetap sehat. Tapi ketika ibu tidak bisa menemukan posisi tidur yang nyaman, maka tidur juga akan sulit.

Kemudian karena kurang tidur, Ibu hamil jadi sering bangun malam untuk buang air kecil. Kaki juga terasa panas dan mengalami kram.

Semua masalah ini bisa menjadi pemicu insomnia pada ibu hamil. Berbagai cara untuk bisa tidur dengan nyenyak harus dilakukan agar ibu tetap sehat.

Cara mengatasi susah tidur saat hamil
Cara mengatasi susah tidur saat hamil

Bagaimana cara mengatasi susah tidur saat hamil? Ikuti saja panduan dibawah ini.

  1. Hindari kafein

Selama hamil maka ibu sebaiknya memang tidak makan atau minum semua yang mengandung kafein.

Kafein bisa ditemukan dengan kadar yang berbeda-beda pada minum teh, kopi, soda, minuman berenergi, dan semua minuman atau makanan dari coklat.

Kafein akan menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat karena aliran darah yang sangat cepat.

Kafein akan membuat Ibu hamil susah tidur karena meningkatkan hormon yang membuat rasa kantung menghilang. Jadi hindari kafein selama hamil agar ibu dan janin sehat.

  1. Tidur secara teratur

Selama hamil maka ibu juga sebaiknya mengatur waktu tidur yang baik dan cukup. Hindari semua kebiasaan begadang karena itu bisa membuat tubuh tidak mau tidur di jam yang tepat.

Ibu bisa mencoba untuk tidur lebih cepat kemudian bangun lebih cepat. Ibu juga bisa mengatur jadwal tidur sesuai dengan kegiatan ibu sehari-hari. Hal yang paling penting adalah menjaga agar waktu tidur ibu cukup.

  1. Hindari makanan pedas dan asam menjelang tidur

Saat akan tidur maka ibu sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang pedas dan asam.

Makanan ini bisa menyebabkan asam lambung naik sehingga bisa menyebabkan mual dan muntah saat tidur.

Konsumsi makanan yang pedas dan asam juga bisa menyebabkan penyakit maag sehingga ibu menderita komplikasi masalah pencernaan.

  1. Buat kamar menjadi nyaman

Susah tidur juga kadang disebabkan oleh suasana kamar yang tidak kondusif.

Tempat tidur dan ruangan tidur sebaiknya juga harus dibuat senyaman mungkin. Semakin nyaman maka semakin nyaman pula tubuh ibu.

Bersihkan semua ranjang dan ganti sarung bantal secara rutin. Jika ibu menyukai wewangian maka bisa meletakkan aroma terapi khusus agar bisa lebih nyaman.

Pastikan suhu ruangan diatur yang paling sesuai dengan kebutuhan ibu. Hindari meletakkan jam dinding karena bunyinya bisa mengganggu.

  1. Santai sebelum tidur

Jika ibu merasa sangat lelah maka cobalah untuk bersantai-santai terlebih dahulu sebelum tidur.

Ibu bisa mencoba untuk mandi air hangat dan minta pasangan untuk mengusap atau memijat tubuh sehingga ibu merasa lebih santai dan tidak terlalu lelah.

Ketika tubuh ibu santai maka tubuh ibu menghasilkan hormon yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga ibu bisa tidur nyenyak.

  1. Pertimbangkan posisi yang nyaman

Salah satu hal yang sering membuat ibu susah tidur dengan nyenyak adalah karena posisi tidur yang memang sulit untuk ibu hamil.

Namun sekarang sudah banyak fasilitas yang tersedia khusus untuk membuat ibu hamil bisa tidur dengan nyaman.

Salah satunya adalah bantal atau kasur khusus yang bisa membuat tubuh ibu bisa memiliki posisi yang tepat dan nyaman saat tidur.

Posisi yang nyaman akan membuat ibu bisa tidur sehingga akan mengurangi insomnia.

  1. Minum air yang cukup

Salah satu penyebab sulit tidur untuk ibu hamil adalah ketika ibu merasakan haus dan tidak nyaman.

Kekurangan cairan pada ibu hamil memang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Karena itu saat siang atau malam maka ibu bisa minum air yang cukup. menjelang tidur malam asupan air harus dikurangi agar ibu tidak ingin buang air kecil terus saat tidur.

  1. Jangan menunda tidur ketika mengantuk

Salah satu penyebab ibu hamil tidak bisa tidur dengan baik adalah kebiasaan sering menunda waktu tidur.

Sebenarnya ketika ibu merasa sangat mengantuk maka saat itu hormon yang mengatur rasa lelah dalam tubuh sedang bekerja.

Menunda waktu tidur hanya akan membuat kerja hormon tersebut menjadi tidak maksimal. Jadi sebaiknya saat ibu merasa mengantuk maka langsung saja tidur.

  1. Ikut senam hamil

Senam hamil bisa jadi solusi untuk mengatasi susah tidur saat hamil. Beberapa gerakan senam tidak hanya untuk membuat ibu bisa melahirkan dengan lancar, tapi juga untuk mengolah tubuh.

Tubuh ibu hamil bisa memiliki sistem peredaran darah yang lancar sehingga akan bisa tidur dengan nyaman. Kemudian senam hamil juga akan mengatasi berbagai gangguan tidak nyaman seperti tubuh yang terlalu lelah.

  1. Buat tubuh menjadi aktif

Ibu hamil juga harus memberdayakan tubuhnya sehingga ibu tidak perlu hanya istirahat saja. Jika ibu sedang mempersiapkan persalinan maka ibu bisa membuat tubuh menjadi banyak bergerak.

Tidak perlu gerakan yang berat tapi sekedar menyapu rumah atau mencuci piring saja sudah cukup.

Gerakan ringan akan membuat menjadi sedikit lelah kemudian hormon mengantuk akan diproduksi. Akhirnya ibu tidak akan mengalami insomnia lagi.

  1. Minum suplemen ibu hamil

Beberapa suplemen tambahan sangat baik dikonsumsi oleh Ibu yang mengalami insomina atau susah tidur di malam hari.

Terkadang tubuh bisa menjadi tidak respon terhadap rasa mengantuk karena kekurangan vitamin tertentu.

Jika ibu hamil melakukan pemeriksaan ke dokter maka ibu biasanya akan mendapatkan suplemen kehamilan. Jadi ibu bisa mencoba untuk tetap minum suplemen sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter yang merawat.

Jenis suplemen khusus yang biasanya mengatasi rasa lelah, cemas dan depresi adalah vitamin B12.

  1. Jangan makan sebelum tidur

Jika ibu masih memiliki kebiasaan makan sebelum tidur maka kebiasaan ini memang harus dihilangkan. Hal ini bisa menyebabkan perut ibu menjadi tidak nyaman.

Jika ibu baru masuk trimester pertama maka kebiasaan ini bisa membuat ibu mual atau muntah sehingga rasa mengantuk pasti akan hilang.

Untuk mengatasinya maka cobalah untuk mengatur jarak waktu makan dan waktu tidur sehingga bisa tidur nyenyak.

  1. Minum susu ibu hamil

Susu ibu hamil adalah jenis susu khusus untuk ibu hamil yang dibuat dengan formulasi khusus untuk kebutuhan nutrisi ibu dan janin.

Susu ibu hamil ternyata juga bisa mengatasi sulit tidur dan membuat ibu bisa tidur dengan nyenyak.

Kandungan susu yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini termasuk seperti triptofan yang bisa meningkatkan produksi hormon melatonin agar ibu bisa mengantuk.

  1. Cobalah yoha khusus hamil

Ibu juga bisa mencoba untuk melakukan yoga khusus hamil. Yoga ini bisa membuat tubuh ibu lebih nyaman dan tidak terlalu lelah.

Yoga juga bisa mengatasi rasa cemas dan depresi terutama ketika ibu membayangkan proses persalinan dan cara untuk mengasuh bayi yang baru lahir.

Yoga bahkan bisa membuat ibu melewati proses persalinan dengan lebih nyaman dan tidak terlalu sakit.

Berbagai cara mengatasi susah tidur saat hamil bisa dilakukan oleh semua ibu hamil di berbagai usia kehamilan.

Langkah ini juga bisa menguntungkan untuk ibu hamil termasuk menjaga kondisi kehamilan sampai mempersiapkan proses persalinan yang nyaman.

Sumber: https://www.alodokter.com/tips-mengatasi-susah-tidur-saat-hamil-tua