Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / Cara Mengatasi Sinusitis pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sinusitis pada Ibu Hamil

/
/
237 Views

Penyakit sinusitis adalah salah satu gangguan kehamilan yang sering muncul. Jika tidak diatasi sinusitis dapat mengganggu kenyamanan Ibu hamil dan menyebabkan komplikasi.

Kesehatan wanita memang bisa menurun dengan cepat saat hamil. Tubuh ibu mudah terkena beberapa penyakit infeksi yang mudah menular.

Bahkan ibu hamil tiba-tiba bisa mengalami alergi yang sebenarnya tidak pernah terjadi sebelumnya. Akhirnya ibu hamil tidak hanya mengalami morning sickness tapi juga pilek, hidung tersumbat sampai mimisan.

Batuk dan kelelahan yang buruk selama pilek bisa jadi menjadi tanda sinusitis. Penyakit ini akan menyebabkan peradangan pada bagian rongga hidung sampai ke rongga tulang wajah.

Lalu ibu akan merasa sakit kepala, hidung yang terus mengeluarkan cairan dan bersin. Jika cairan yang keluar dari hidung sudah berbau dan berwarna kehijauan, maka ibu mungkin sudah terkena sinusitis yang buruk.

Penyakit ini tidak boleh diabaikan meskipun hanya seperti pilek biasa. Jika sudah terkena sinusitis maka lakukan cara mengatasi sinusitis pada ibu hamil, seperti ini.

  1. Obat medis dengan resep dokter

Jika sinusitis ibu hamil sudah lebih buruk maka lebih baik untuk segera pergi ke dokter. Berbagai jenis obat secara medis bisa diberikan oleh dokter.

Meskipun beberapa obat bisa didapatkan tanpa resep tapi sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Ibu tetap harus minum obat medis dengan anjuran resep dari dokter.

Beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter seperti Cefzi dan amoxicilin. Jika ibu hamil juga terkena demam maka bisa mendapatkan paracetamol.

Jika ibu juga menderita batuk dan hidung tersumbat maka bisa mendapatkan obat seperti antihistamin, dekongestan, dan ekspektorant. Semua obat ini cukup aman untuk ibu hamil asalkan digunakan dalam jangka pendek.

Hanya saja semua ibu hamil sebaiknya tidak minum obat yang termasuk dalam ibuprofen dan aspirin. Dua jenis obat ini bisa menyebabkan efek samping termasuk risiko cacat janin.

Baca juga: Bahaya Minum Obat Anti Biotik Saat HamilĀ 

  1. Teh jahe hangat

Jahe juga salah satu rimpang alami yang sangat tepat untuk mengatasi sinusitis. Hanya saja karena ibu dalam keadaan hamil maka jumlah jahe yang digunakan harus terbatas atau sedikit saja.

Jahe bisa mengatasi semua masalah infeksi pada bagian hidung, rongga hidung dan bisa mengatasi sakit kepala. Jahe juga bisa menurunkan demam karena mengandung senyawa yang mengatasi peradangan akibat sinusitis.

Cara membuat teh jahe adalah dengan merendam jahe yang sudah dikupas dan digeprek dengan air panas. Kemudian biarkan larut sampai menjadi lebih hangat dan minum dengan campuran madu.

Jika ibu tidak bisa minum jahe maka masak jahe dalam air sampai mendidih. Setelah itu angkat dan gunakan uap untuk melancarkan pernafasan.

Cara mengatasi sinusitis pada Ibu hamil
Cara mengatasi sinusitis pada Ibu hamil
  1. Teh bawang putih

Bahan alami lain yang ternyata sangat ampuh untuk mengatasi sinusitis adalah bawang putih. Bawang putih yang memiliki rasa sedikit pedas dan aroma yang kuat ini mengandung senyawa alisin.

Senyawa ini bersifat sebagai penangkal infeksi dan mengatasi sumber peradangan akibat sinusitis. Cara untuk perawatan dengan bawang putih adalah merendam air putih dengan air panas, kemudian biarkan sampai hangat.

Minum teh ini saat sudah hangat dan Anda bisa mencampurnya dengan sari kurma atau madu. Bawang putih juga bisa digunakan untuk bumbu masakan dan Anda bisa melebihkan jumlahnya.

Anda juga bisa mencampur jus sayuran atau buah dengan bawang putih agar sinusitis cepat sembuh.

  1. Sup kaldu tulang

Obat alami yang sangat baik untuk mengatasi sinusitis adalah sup kaldu tulang. Anda bisa menggunakan jenis tulang sapi atau tulang ayam kampung.

Cara membuatnya juga perlu direbus dengan api rendah dalam waktu yang lebih lama. Tambahkan beberapa rempah seperti lada, jintan, pala, dan bumbu seperti bawang puting.

Sup kaldu tulang mengandung nutrisi yang bisa menyembuhkan sinusitis lebih cepat. Rasa sup yang pedas dan gurih akan membantu mencairkan lendir yang sudah menggumpal dalam rongga hidung.

Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan daun bawang yang bisa membuat sup menjadi lebih lezat.

  1. Aromaterapi dengan minyak oregano

Daun oregano selama ini memang sering digunakan untuk pelengkap memasak. Ternyata selain rasa daunnya yang segar dan gurih juga bisa menghasilkan minyak yang penuh dengan khasiat.

Minyak oregano yang dihasilkan dari proses destilasi daun oregano bisa mengobati sinusitis sampai tuntas. Hal ini karena minyak yang dihasilkan mengandung tymol dan carvacol yang bekerja untuk melawan bakteri, peradangan dan juga melancarkan proses pencairan lendir pada hidung.

Anda bisa merawat sinusitis menggunakan minyak oregano dengan cara melarutkan satu atau dua tetes minyak oregano ke dalam mangkuk yang berisi air panas.

Kemudian hadapkan hidung pada uap yang keluar dan tutup kepala dengan handuk. Lakukan pada pagi dan malam hari sehingga bisa melegakan saluran pernafasan.

  1. Aromaterapi dengan minyak eucalyptus

Lalu jika ibu hamil baru merasakan gejala sinusitis yang belum terlalu parah maka bisa menggunakan aromaterapi dengan minyak eucalyptus. Jika minyak ini digunakan dalam jumlah yang kecil maka sangat aman untuk ibu hamil.

Caranya adalah dengan memasukkan minyak aromaterapi ini ke dalam air panas yang ditempatkan dalam mangkuk besar. Kemudian hirup uap yang keluar untuk melancarkan pernafasan.

Tapi Anda harus tahu bahwa ini bukan obat untuk menyembuhkan, hanya untuk mengatasi gejala sehingga tidak terlalu parah.

  1. Terapi akupuntur

Tehnik akupuntur untuk menyembuhkan sinusitis memang sudah dikenal sejak lama. Perawatan ini juga sangat aman untuk ibu hamil asalkan dilakukan oleh terapis yang berpengalaman.

Kemudian jarum yang digunakan untuk terapi juga harus steril sehingga ibu tidak terkena penyakit yang menular lewat darah.

Akupuntur dilakukan dengan cara menusukkan jarum pada beberapa titik tubuh tertentu yang bisa merangsang aliran darah pada bagian yang terserang sinusitis.

Perawatan ini juga bisa merawat infeksi sehingga tidak terlalu parah. Namun pastikan bahwa perawatan ini sudah mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan yang merawat.

  1. Kompres dengan air hangat

Kemudian ibu hamil juga bisa mengatasi rasa nyeri akibat sinusitis dengan memberikan kompres hangat atau panas.

Caranya adalah dengan merendam handuk bersih ke dalam air panas kemudian peras handuk dan gunakan untuk mengompres area dahi.

Kemudian berikan pijatan lembut pada bagian dahi atau pelipis untuk mengurangir rasa sakit kepala. Cara ini bisa membuat ibu hamil yang terkena sinusitis bisa istirahat dengan nyaman.

  1. Minum air hangat

Terapi dengan minum air hangat juga bisa menyembuhkan sinusitis dengan cepat. Ini bisa terjadi karena air hangat akan melarutkan semua lendir yang menggumpal pada rongga hidung.

Kemudian air hangat yang melewati tenggorokan juga akan menyerang semua bakteri dan virus yang berada dalam saluran pernafasan.

Ibu bisa minum air hangat pada saat pagi hari setelah bangun tidur, siang hari dan malam hari. Kebiasaan ini juga sangat baik untuk mencegah dehidrasi selama terkena sinusitis.

  1. Teh kunyit dan jahe

Obat lain yang bisa mengatasi sinusitis dengan cepat pada ibu hamil adalah teh dari bahan jahe dan kunyit. Jahe mengandung gingerol yang akan mencegah infeksi agar tidak memburuk.

Sementara kunyit mengandung bahan anti peradangan yang bisa melawan sinusitis secara alami. Kunyit juga dipercaya bisa membantu rongga pernafasan bekerja lebih baik.

Kemudian kunyit juga bisa menjadi bahan antibiotik alami yang akan melawan bakteri dalam tubuh ibu hamil. Anda cukup membuat teh jahe dan kunyit dengan melarutkan bahan ini dengan air panas.

Kemudian saring saat sudah menjadi lebih hangat dan minum dengan madu. Minum saat malam hari menjelang tidur dan ibu hamil bisa istirahat lebih nyaman sampai sinusitis cepat sembuh.

Jadi seperti itulah beberapa cara mengatasi sinusitis pada ibu hamil. Ibu hamil bisa memilih cara yang paling tepat dan nyaman sesuai kondisi kesehatan ibu.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/pregnancy/sinus-infection#home-remedies
  2. https://www.thebump.com/a/sinusitis-during-pregnancy
  3. https://www.babycenter.com.au/a549318/natural-remedies-for-sinusitis-in-pregnancy