Cara Mengatasi Kandungan Lemah Agar Cepat Hamil

Kandungan lemah dapat menyebabkan keguguran dan menjadi salah satu faktor risiko bagi sang cabang bayi untuk lahir prematur.

Menurut sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Warren dkk. pada tahun 2007, ada sekitar 27% dari seluruh sampel penelitian merupakan para perempuan dengan kandungan lemah, yang memiliki ibu juga dengan keluhan serupa.

Ya, kandungan lemah ini memang cenderung diakibatkan oleh kelainan genetik. Jadi kandungan lemah bisa saja sewaktu-waktu diturunkan pada generasi selanjutnya.

Nah, apakah wanita dengan kandungan lemah bisa  memiliki buah hati yang sedarah alias bisa mengandung anaknya sendiri? Jawabannya bisa. Karena kandungan lemah ini bisa ditangani agar kelak sang wanita dapat hamil secara normal.

Lantas, apa sih sebenarnya cara mengatasi kandungan lemah agar cepat hamil? di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahasnya secara mendetail.

  1. Jangan malas minum air putih

Setiap orang memerlukan asupan air putih yang cukup. Setidaknya minumlah sebanyak 8 gelas dalam sehari. Air putih yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh guna tekanan darah normal dan stabil.

Dengan begitu, aliran darah yang membawa suplai makanan dan oksigen ke berbagai organ tubuh, termasuk ke rahim alias kandungan, pun bisa tercukupi sesuai kebutuhan.

Supaya mudah memahami, bisa Anda bayangkan seorang wanita yang memiliki kandungan lemah, dan diperparah dengan asupan makanan yang sedikit.

Tentunya kandungan akan semakin lemah. Oleh karena itu, wajib minum air putih yang cukup, serta hindari minuman berasa dan berwarna supaya wanita dengan kandungan lemah bisa cepat hamil.

  1. Perbanyak makanan sehat dan bergizi

Makanan sehat identik dengan rasa yang tak sedap di lidah. Padahal anggapan tersebut sangatlah keliru. Makanan sehat justru berkaitan dengan komposisi serta bagaimana pengolahannya.

Terkait komposisi makanan, haruslah seimbang yang meliputi sayur, buah, berbagai sumber karbohidrat dan protein.

Silahkan makan daging, asalkan porsinya sesuai dengan bagaimana aktivitas keseharian.

Tak perlu khawatir akan gemuk karena protein daging sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya organ kandungan lemah.

Ketika makan sudah tak berlebihan, maka rasa was-was akan gemuk dan tak tampil menarik pun harus dibuang jauh.

Setelah komposisi, maka lanjut dengan bagaimana pengolahan makanan. Hindarilah makanan yang diasapi maupun dipanggang, seperti sate.

Mengapa begitu? Karena makanan tersebut mengandung banyak sekali zat radikal bebas yang membahayakan tubuh, terutama bagi wanita yang memiliki kandungan lemah.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki kandungan lemah dan ingin cepat hamil, hindari juga makanan yang diolah setengah matang, misalnya makan sushi, telur setengah matang atau bahkan telur mentah.

Memang mengolah makanan juga tak baik terlalu lama dan matang karena nutrisi yang ada di dalamnya akan segera hilang.

Namun, makanan mentah maupun tanpa pengolahan apapun justru membahayakan para wanita yang ingin cepat hamil, baik dengan kandungan lemah maupun tidak.

Dalam berbagai sumber makanan, khususnya yang alami, seringkali mengandung mikroorganisme tak kasat mata, baik bakteri maupun virus.

Pada umumnya pada wanita sehat yang belum hamil, efek dari mikroorganisme tersebut tidak terlalu berbahaya.

Namun kelak ketika akhirnya hamil dan akan punya anak, maka hal tersebut membuat tumbuh dan kembang janin terganggu.

Bahkan ke depannya, kondisi bayi ketika kelak dilahirkan bisa begitu mengkhawatirkan atau malah bisa juga mengancam kondisi kesehatan dan keselamatan sang ibu.

Mengatasi kandungan lemah

Mengatasi kandungan lemah

  1. Asupan asam folat terpenuhi

Terdapat beberapa jenis makanan penyubur kandungan yang direkomendasikan dikonsumsi oleh setiap wanita, salah satunya makanan yang mengandung asam folat.

Setiap wanita yang ingin hamil dan punya anak wajib mendapat asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram (mcg).

Kebutuhan asam folat harus tercukupi, bahkan perlu disimpan dalam bentuk cadangan khusus.

Mengapa? Tentu karena asam folat berperan aktif untuk melawan zat berbahaya dalam tubuh serta mempersiapkan organ kandungan alias rahim sebagai tempat perlekatan sang janin kelak.

Bahkan sebagai vitamin yang esensial, asam folat pun juga berperan aktif dalam produksi sel darah merah (eritrosit).

Tentunya eritrosit sangat dibutuhkan sebagai pengabtar suplai makanan dan oksigen ke organ tubuh sang ibu maupun janin.

Pada poin sebelumnya, telah disinggung bahwa daging diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Selain itu, daging juga menjadi sumber asam folat yang sangat baik.

Jika Anda seorang vegetarian, maka Anda bisa menganti asupan asam folat yang alami dari sumber lain, seperti:

  • Brokoli
  • Kol
  • Bayam
  • Asparagus, dan
  • Kacang-kacangan

Selain bersumber dari bahan alami, asupan asam folat pun bisa didapatkan dari tablet suplemen. Pada umumnya, sediaan suplemen asam folat di pasaran telah diukur sesuai takaran kebuthan, yaitu 400 mcg/tablet.

Oleh karena itu, para wanita, terutama yang memiliki masalah kandungan lemah, disarankan mengonsumsi suplemen asam folat sebanyak 1 tablet per hari.

  1. Jangan banyak pikiran alias stress

Stress adalah hal jahat yang tak kasat mata. Tak jarang orang pun mengaku tak stress, meskipun alam bawah sadarnya merasa tertekan akan berbagai hal.

Stres tanpa disadari akan mengganggu kondisi tubuh, terutama karena melibatkan hormon kortisol serta norepinefrin.

Stress berlebihan, apalagi yang terjadi terus menerus, memicu ketidakseimbangan hormonal.

Ada berbagai jenis hormon yang membentuk sistem, termasuk hormon reproduksi seperti progesteron. Hormon progesteron berkaitan erat dengan fungsi rahim.

Selain itu, stress berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pematangan sel telur. Tentunya hal tersebut akan semakin mempersulit wanita dengan kandungan lemah agar cepat hamil.

Oleh karena itu, para wanita yang ingin cepat hamil, apalagi dengan kandungan lemah, sangat disarankan untuk jangan stress berlebihan.

Perbanyak rasa syukur pada Sang Pencipta atas segala nikmat dan karunia yang kita rasa dan belum tentu orang lain miliki.

Bersyukur karena bahagia itu baik dan alangkah lebih baik lagi kalau kota bisa bahagia karena bersyukur.

  1. Terapi hormonal

Cara yang satu ini berbeda dengan cara lain yang telah dibahas sebelumnya.

Ketiga cara sebelumnya bisa dengan mudah didapatkan, namun untuk terapi hormonal haruslah didapatkan berdasarkan anjuran dokter spesialis kandungan alias dokter obstetri dan ginekologi (Sp.OG).

Terapi hormonal pun tak selalu diberikan pada semua wanita dengan kandungan lemah. Cara ini diberikan hanya pada kondisi khusus dan tentunya diberikan setelah berbagai pemeriksaan yang dilakukan.

Terapi yang diberikan mengandung hormon progesteron. Dalam kondisi normal, sejatinya hormon progesteron ada di dalam tubuh wanita.

Pada siklus menstruasi dan proses pembuahan hingga seseorang hamil, progesteron berperan untuk menguatkan rahim sebagai persiapan ketika terjadi pembuahan antara sel telur dan sperma.

Pada wanita yang memiliki organ kandungan lemah, maka perlu diberikan lagi hormon progesteron tambahan.

  1. Atasi pengentalan darah

Pada kondisi tertentu, seseorang bisa mengalami darah yang mudah menggumpal akibat terjadi pengentalan yang berlebihan.

Biasanya dipicu oleh adanya kelainan genetik yang menyebabkan faktor pembekuan darah maupun keping darah jauh lebih banyak dari kondisi normal.

Gumpalan darah yang terbantuk nantinya akan mengendap dan menempel di bernagai organ di seluruh tubuh, termasuk di dinding rahim.

Selain itu, sirkulasi darah pun terganggu sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai Anti Phospholipid Syndrome (APS).

Pengentalan darah yang akan membentuk gumpalan akan melekat di sela-sela serabut otot rahim.

Hal tersebut menyebabkan hasil pembuahan antara sel telur dan sperma tidak dapat melekat dengan baik di “rumahnya”, yaitu rahim. Itulah yang membuat seorang wanita dengan APS cenderung memiliki kandungan lemah.

Selain kandungan lemah, pengentalan darah juga menyebabkan gangguan pada proses pembentukan plasenta.

Oleh karena itu, hasil pembuahan sulit berkembang menjadi janin. Kalau pun akhirnya dapat terbentuk janin, kondisi tumbuh dan kembang janin dapat terancam. Terutama jika pengentalan darah tak segera diatasi.

Bagaimana sebenarnya mendeteksi mengatasi pengentalan darah? Sama seperti terapi hormon, Anda harus berkonsultasi lebih dulu dengan dokter spesialis kandungan.

Setelah serangkaian tanya jawab (anamnesis) dan pemeriksaan, kalau memang terbukti menderita APS, maka dokter akan memberikan terapi untuk atasi pengentalan darah.

Terapi tersebut umumnya mengandung kortikosteroid dengan dosis yang disesuaikan. Jika diperlukan, dokter spesialis kandungan akan bekerja sama dengan dokter spesialis dari bidang lain.

Misalnya, dokter penyakit dalam. Dengan penatalaksanaan yabg komprehensif alias lengkap, diharaplan kandungan lemah dapat diatasi agar bisa cepat hamil.

Referensi:

  • Warren JE, Silver RM, Dalton J, Nelson LT, Branch DW, Porter TF. Collagen 1Alpha1 and transforming growth factor-beta polymorphisms in women with cervical insufficiency. Obstet Gynecol.2007;110:619–624.
  • https://fertilomat.com/folic-acid-pregnancy-fertility
  • https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/incompetent-cervix/diagnosis-treatment/drc-20373842
  • https://doi.org/10.1016/S0015-0282(16)46455-1
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4812655/