Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / Cara Cepat Hamil Setelah Memakai KB Pil

Cara Cepat Hamil Setelah Memakai KB Pil

/
/
182 Views

Setelah sebelumnya kita sudah membahas cara cepat hamil setelah menggunakan KB spiral dan KB suntik, di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara cepat hamil setelah memakai KB pil.

Pil KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang banyak digunakan oleh ibu muda. Biasanya ibu yang sudah melahirkan anak pertama akan minum pil KB ini untuk mencegah kehamilan.

Ada beberapa alasan mengapa pil KB cukup banyak dipilih. Misalnya karena pil KB mudah didapatkan di apotik atau dokter dan bidan langganan. Pil KB juga bisa diminum dengan mudah sehingga tidak harus selalu datang ke rumah sakit.

Namun ada yang beberapa hal yang harus disadari bahwa pil KB bisa menyebabkan dampak serius pada hormon tubuh. Tubuh ibu akan menghasilkan hormon androgen yang bisa membuat menstruasi tidak teratur.

Dan ini yang akan membuat ibu sulit hamil lagi setelah tidak minum pil KB. Tapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara cepat hamil setelah memakai KB pil seperti dibawah ini.

  1. Program kapan berhenti dari KB pil

Ketika ibu dan ayah sudah siap untuk memiliki anak lagi maka siapkan kapan harus berhenti minum pil KB. Ini langkah yang sangat penting agar ibu bisa melacak siklus reproduksi pada masa setelah berhenti minum pil KB.

Pil KB mengandung hormon yang bisa menyebabkan ibu tidak mengalami haid atau haid yang tidak teratur. Jika ibu tidak melacak sejak dini maka akan sulit untuk menemukan siklus menstruasi selanjutnya.

Pil KB biasanya terdiri dari 26 atau 30 hari dimana 5 hari sebagai pil plazebo. Jadi berhenti minum pil KB setelah pil plazebo habis.

Setelah berhenti maka jangan mulai lagi untuk minum pil KB meskipun itu baru berhenti selama lebih dari satu minggu.

Tips cepat hamil setelah menggunakan pil KB
Tips cepat hamil setelah menggunakan pil KB
  1. Melacak siklus haid

Setelah ibu berhenti minum pil KB maka ibu harus menandai tanggal berhenti. Kemudian ibu bisa melacak kapan haid terakhir dan kapan haid lagi setelah berhenti minum pil KB.

Jika ibu bisa memiliki siklus haid yang teratur maka biasanya periode dimulai antara 28 sampai 35 hari. Waktu haid yang normal adalah selama 4 sampai 6 hari.

Haid yang normal juga tidak disertai dengan rasa sakit berlebihan dan darah yang keluar cukup normal. Ibu harus melihat semua tanda ini untuk mengetahui bahwa kondisi reproduksi ibu sudah kembali normal setelah lepas dari pil KB.

  1. Menemukan tanggal ovulasi

Setelah ibu melacak siklus haid yang teratur maka ibu bisa menemukan waktu ovulasi yang tepat. Biasanya waktu yang normal adalah pada hari ke 14 sejak tanggal menstruasi hari pertama.

Ovulasi menjadi hal yang sangat penting dalam program kehamilan alami. Saat ovulasi maka ada sel telur yang matang dan siap untuk bertemu dengan sel sperma.

Kemudian saat itu tubuh ibu sudah siap untuk hamil lagi karena hormon dan semua reaksi kimia dalam tubuh ibu kembali normal.

Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk berhubungan seksual dengan pasangan agar bisa terjadi pembuahan.

  1. Hubungan intim secara rutin

Langkah selanjutnya adalah berhubungan secara rutin dan tepat. Waktu yang paling tepat adalah ketika ibu sudah masuk ke masa ovulasi.

Saat itu maka ibu dan pasangan bisa berhubungan selama dua hari sekali. Waktunya yaitu ketika dua hari menjelang ovulasi, saat masuk ovulasi dan dua hari setelah ovulasi.

Mengapa harus diwaktu ini? Karena saat itu sebenarnya sel telur sudah berukuran sempurna dan kualitasnya sangat baik. Sementara sel sperma bisa bertahan selama dua hari.

Jadi sangat mungkin untuk bisa terjadi pembuahan. Dan pasangan sebaiknya tidak berhubungan intim setelah masa ovulasi lewat.

  1. Siapkan fisik dengan olahraga

Setelah menggunakan pil KB maka biasanya tubuh ibu menjadi lebih gemuk. Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh pola makan yang salah tapi juga pengaruh hormon yang menyebabkan tubuh menyerap lemak lebih banyak.

Jika ibu terlalu gemuk maka ibu bisa mengalami gangguan keseimbangan hormon seperti PCOS. Masalah ini yang akan membuat ibu sulit hamil lagi.

Jadi alangkah lebih baik jika ibu menurunkan berat badan dan mengembalikan berat badan sampai ideal. Caranya adalah dengan olahraga secara teratur.

Hindari olahraga berat karena itu juga bisa merusak keseimbangan hormon dalam tubuh.

  1. Seimbangkan kebutuhan gizi

Seringkali pil KB bisa mempengaruhi nafsu makan. Tubuh ibu terkena pengaruh hormon yang membuat ibu sering mendapatkan makanan berlemak.

Untuk itu ketika ingin hamil lagi maka pertimbangkan untuk kebutuhan gizi. Ibu tidak hanya harus mengurangi lemak tapi juga harus melihat kebutuhan gizi yang lain.

Jadi setiap kali makan maka cobalah untuk memenuhi beberapa unsur gizi seperti lemak sehat, protein nabati, protein hewani, mineral, vitamin, serat dan air.

Berbagai unsur ini yang akhirnya bisa meningkatkan kesuburan secara alami.

  1. Perbaiki waktu tidur Anda

Saat ibu ingin cepat hamil maka tubuh membutuhkan hal yang sangat normal yaitu pola istirahat yang teratur. Hindari terlalu banyak begadang karena itu bisa memicu insomnia.

Kurang tidur sangat buruk untuk hormon karena bisa merusak siklus menstruasi dan mengurangi kesuburan. Jadi usahakan untuk bisa tidur dengan normal dan berkualitas selama paling tidak 7 jam perhari.

Ibu juga bisa mengambil waktu istirahat siang dengan tidur selama kurang lebih 30 menit. Cara ini bisa membuat tubuh ibu mendapatkan siklus menstruasi yang normal.

  1. Posisi yang mendukung kehamilan

Untuk bisa mendapatkan kehamilan dengan cepat maka sebaiknya melakukan posisi yang benar bersama pasangan. Dengan posisi yang sempurna maka sel sperma bisa melewati leher rahim dengan baik.

Kemudian sel sperma akan melewati cairan lendir leher rahim sampai bertemu sel telur yang kemudian melewati tuba falopi dan sampai ke rahim sampai menjadi embrio.

Hindari proses hubungan seksual yang bisa melawan proses ini seperti ketika posisi wanita diatas pria atau posisi lain yang bisa menghambat penetrasi.

  1. Jangan tertekan

Pasangan yang ingin mendapatkan kehamilan sebaiknya juga tidak merasa stres. Tidak hanya ibu yang tidak boleh stres tapi juga ayah.

Ketika stres maka tubuh mengalami gangguan hormon dimana kortisol dalam tubuh akan meningkat. Pengaruh hormon ini adalah bisa menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi dimana sel telur dan sel sperma tidak berkualitas.

Ibu yang stres biasanya juga tidak akan memiliki sel telur yang sempurna karena indung telur tidak menghasilkan sel telur dalam jumlah yang normal.

Jadi jalani program kehamilan alami secara sehat dan tidak ada stres.

  1. Perhatikan kegiatan fisik

Ibu yang ingin hamil lagi sebaiknya juga tidak melakukan banyak aktifitas fisik. Kegiatan fisik yang terlalu berat bisa menyebabkan kondisi reproduksi tidak normal.

Hal ini bisa membuat indung telur tidak menghasilkan sel telur yang normal. Jika sudah seperti ini maka hubungan intim yang tepat waktu juga tidak akan menghasilkan kehamilan.

  1. Gaya hidup yang sehat

Ibu juga harus menjaga pola hidup yang sehat. Sebaiknya ibu memiliki lingkungan yang bisa mendukung proses kehamilan alami seperti terhindar dari asap rokok, minuman keras dan narkoba.

Atur gaya hidup yang sehat dengan olahraga, konsumsi makanan yang sehat dan aktifitas yang tidak berlebihan.

Ini langkah yang sangat tepat untuk mengembalikan kondisi reproduksi setelah terkena efek pil KB.

  1. Konsultasi dengan dokter

Jika sudah menjalani berbagai cara alami tersebut dan ibu belum juga hamil maka ibu sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter kandungan dan kebidanan.

Dokter akan melacak riwayat pemakaian pil KB kemudian melihat dampaknya pada sistem reproduksi. Dokter bisa melihat apakah ada gangguan hormon, PCOS, endometriosis, kista dan masalah pada tuba falopi.

Kemudian dokter akan menyarakan solusi perawatan untuk mengatasi gangguan yang terjadi. Jika tidak ada masalah maka pasangan ibu juga harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

Begitulah beberapa cara cepat hamil setelah memakai KB pil. Semua saran tersebut bisa dicoba namun jika sampai waktu tertentu memang belum hamil, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan program kehamilan.

Sumber:

  1. https://www.healthline.com/health/birth-control/can-you-get-pregnant-right-after-stopping-the-pill
  2. https://www.motherandbaby.co.uk/trying-for-a-baby/pregnancy-planning/help-to-get-pregnant/how-soon-after-coming-off-the-pill-can-you-get-pregnant
  3. https://www.babymed.com/how-to-get-pregnant-after-the-birth-control-pill