Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

/
/
5 Views

Setelah mengalami keguguran, wanita biasanya ingin segera hamil lagi. Masalahnya setelah keguguran biasanya wanita jadi sulit hamil. Di artikel pengenhamil.com kali ini, kita akan membahas cara cepat hamil setelah keguguran pertama.

Keguguran adalah peristiwa dimana bayi dalam kandungan meninggal dunia dengan berbagai sebab.

Penyebab keguguran ada beberapa faktor seperti kondisi janin yang kurang sehat, ibu hamil mengalami beberapa penyakit tertentu seperti kelainan pembekuan darah, preeklampsia, infeksi, tekanan darah tinggi serta masalah lain.

Setelah keguguran maka janin harus dikeluarkan dengan proses kuretase jika usia janin masih sangat muda, atau dilahirkan secara alami jika bayi sudah masuk trimester tiga.

Apapun itu prosesnya, ternyata keguguran bisa menyebabkan ibu mengalami trauma. Trauma akan kehamilan selanjutnya bisa membuat ibu sulit untuk hamil lagi.

Tapi memiliki keturunan adalah proses yang paling istimewa dalam kehidupan berumah tangga, karena itu setiap pasangan bisa mencoba untuk hamil lagi.

Tapi biasanya ibu membutuhkan waktu agak lama untuk hamil lagi setelah keguguran. Jadi bagaimana cara cepat hamil setelah keguguran pertama? Simak ulasan dibawah ini.

Ingin Tahu Bagaimana Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran?

Agar cepat hamil setelah keguguran
Agar cepat hamil setelah keguguran pertama

Berikut ini beberapa tips rekomendasi dokter untuk para wanita yang pernah mengalami keguguran agar bisa hamil dengan cepat:

  1. Pulihkan Tubuh

Setelah keguguran maka ibu akan mengalami pendarahan ringan atau masa nifas seperti ibu yang baru melahirkan.

Saat itu ibu bisa merasakan efek tidak menyenangkan dari proses kuret seperti perut kembung dan sakit pada pinggul. Karena itu ibu sebaiknya banyak istirahat dengan berbaring.

Biasanya dalam waktu beberapa hari semua keluhan ini akan hilang. Istirahat akan membantu tubuh Anda pulih sehingga bisa lebih cepat hamil setelah satu atau dua kali menstruasi sejak keguguran.

  1. Hindari Pemicu Infeksi

Setelah mengalami keguguran maka ibu harus menjaga kesehatan organ reproduksi baik itu organ dalam atau organ luar.

Cara untuk menjaga agar tidak infeksi adalah dengan menjalani masa nifas dengan baik, mengganti pembalut secara rutin, tidak melakukan hubungan intim, berenang di kolam renang umum, mandi sauna dan menggunakan obat pembersih kewanitaan.

Dengan cara ini maka ibu bisa terhindari dari infeksi bakteri sehingga cepat hamil lagi.

  1. Minum Obat dari Dokter

Jika ibu mendapatkan resep dokter setelah keguguran maka cobalah untuk minum obat secara teratur. Ini bisa membuat tubuh dan organ reproduksi ibu lebih cepat pulih.

Biasanya dokter akan memberikan obat seperti antibiotik, obat untuk mengatasi rasa sakit, obat untuk mencegah infeksi dan beberapa jenis obat lain.

Semua obat harus diminum secara teratur sehingga tubuh ibu siap hamil lagi.

  1. Olahraga Ringan

JIka ingin cepat hamil setelah keguguran, calon Ibu wajib melakukan olahraga ringan setiap hari. Tujuannya adalah untuk membuat tubuh pulih lagi.

Olahraga bisa membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Ini juga akan membantu memulihkan hormon yang tidak seimbang setelah keguguran.

Akhirnya tubuh ibu lebih sehat dan bisa menghasilkan sel telur yang sempurna untuk kehamilan selanjutnya. Hanya saja ibu sebaiknya tidak melakukan olaraga berat.

  1. Minum Vitamin Asam Folat

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin yang bisa mencegah cacat tabung syaraf pada janin. Jika ibu sebelumnya pernah keguguran maka vitamin ini sangat diperlukan.

Vitamin ini juga bisa mencegah kelainan kromosom yang sering menjadi penyebab keguguran. Ibu bisa mendapatkan resep vitamin asam folat dari dokter yang merawat.

Minum vitamin asam folat dapat mempercepat kehamilan pada wanita yang mengalami keguguran pertama.

  1. Konsumsi Makanan Penyubur Kandungan

Salah satu cara paling ampuh jika ingin cepat hamil lagi setelah keguguran yang pertama adalah menjalani gaya hidup sehat.

Banyak langkah yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang bisa menyuburkan kandungan.

Beberapa jenis makanan ini seperti sayuran hijau, daging tanpa lemak, daging dengan omega 3 tinggi seperti ikan salmon, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah yang kaya dengan vitamin C.

  1. Hindari Rokok

Ibu sebaiknya juga harus menghindari rokok dan paparan asap rokok. Rokok mengandung nikotin dan zat berbahaya lainnya.

Rokok bisa menyebabkan kondisi tubuh memburuk karena berbagai zat berbahaya itu masuk ke dalam aliran darah.

Bahkan rokok juga bisa menyebabkan sulit hamil karena ovulasi yang tidak sempurna, kualitas sel telur yang buruk dan mengganggu keseimbangan hormon.

Jadi lebih baik untuk menghindari rokok dan paparan asap rokok di tempat umum.

  1. Hindari kafein

Jika ingin cepat hamil lagi setelah mengalami keguguran pertama, calon Ibu perlu mengurangi asupan kafein hariannya.

Kafein yang terkandung dalam kopi, teh dan coklat jika dikonsumsi terlalu banyak maka bisa merusak kesuburan.

Kafein akan masuk ke dalam aliran darah sehingga juga mempengaruhi jantung. Kafein yang mengendap dalam tubuh juga bisa menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati.

Jadi gantilah kafein dengan minuman yang lebih sehat.

  1. Jangan Stres

Banyak ibu yang sudah pernah mengalami keguguran akan merasa sangat stres dan tidak nyaman. Ini bisa menyebabkan ibu sulit hamil lagi karena tertekan.

Jika ibu tidak stres maka kondisi hormon ibu akan stabil dan sehat sehingga bisa hamil lebih cepat.

Untuk itu ibu dan pasangan harus mencoba untuk lebih santai, keluar rumah dan bepergian untuk menjalin ikatan yang lebih baik.

  1. Berhubungan Intim Saat Masa Subur

Jika ibu ingin cepat hamil maka cobalah untuk ber-ijma saat masa subur tiba.

Masa ini adalah ketika ibu sudah melihat berbagai tanda ovulasi sempurna seperti keluar cairan lendir dari miss v, payudara yang sangat lembut, dan minat berhubungan yang tinggi.

Saat itu ukuran sel telur sudah sempurna sehingga siap dibuahi oleh spermatozoa.

  1. Lakukan Tes Kesuburan

Jika ibu ingin memastikan kondisi kesuburan maka cobalah untuk melakukan tes kesuburan.

Dokter bisa memastikan untuk melihat bagaimana kondisi organ reproduksi setelah hamil, ukuran sel telur, ada tidaknya penyumbatan pada saluran tuba falopi dan masalah kesehatan yang lain.

Jika ibu dinyatakan sehat maka ibu bisa hamil dengan cepat secara alami. Namun jika ada masalah pada kesuburan dan organ reproduksi maka dokter akan mengobati agar ibu bisa hamil lagi.

  1. Jika Obesitas Maka Diet

Lakukan diet untuk menurunkan berat badan jika ingin cepat hamil setelah keguguran yang pertama, sebab wanita gemuk sulit hamil.

Biasanya karena pengaruh stres dan tertekan maka ibu tidak mengendalikan asupan makanan dan sering mengkonsumsi makanan berlemak.

Karena itu ibu harus mencoba untuk menurunkan berat badan agar hormon tubuh seimbang sehingga siap untuk hamil lagi.

  1. Hindari Berpakaian Ketat

Cara berpakaian ternyata juga bisa membantu ibu agar bisa hamil dengan cepat setelah keguguran.

Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat karena itu akan menekan perut dan organ reproduksi.

Sementara itu pakaian yang longgar bisa mempengaruhi kualitas sel telur yang lebih sehat. Dan hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahan pakaian dalam.

Sebaiknya pakaian dalam terbuat dari katun dan bukan bahan sintetis. Ini juga untuk menjaga kesehatan organ reproduksi sehingga lebih sehat.

  1. Konsumsi Kurma dan Madu

Langkah yang lain agar cepat hamil setelah keguguran adalah dengan mengkonsumsi kurma dan madu.

Kurma dan madu mengandung nutrisi antioksidan yang sangat tinggi, dimana bahan ini bisa menjaga sel telur yang sehat.

Kemudian kurma dan madu juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh ibu siap hamil lagi.

Jadi seperti itulah semua cara cepat hamil setelah keguguran pertama yang bisa dilakukan. Rasa trauma setelah keguguran harus diatasi dengan pasangan sehingga ibu merasa lebih kuat.

Dan jika ibu belum hamil juga setelah beberapa lama, maka jangan menunda datang ke dokter kandungan Anda.

This div height required for enabling the sticky sidebar