Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / Cara Cepat Hamil Setelah KB Suntik

Cara Cepat Hamil Setelah KB Suntik

/
/
7 Views

Bagaimana cara cepat hamil setelah ikut KB suntik? KB suntik adalah salah satu alternatif KB yang banyak dipilih pasutri. Hal ini karena KB dengan metode suntik memiliki tingkat efektifitas yang sangat tinggi.

Kegagalan KB suntik juga jarang terdengar. Namun efek samping menggunakan KB suntik dipercaya bisa lebih buruk terutama pada wanita subur.

Banyak wanita subur yang merasakan efeknya setelah 2 atau 3 kali suntik, misalnya periode menstruasi yang berat, sakit kepala, mual dan gangguan PMS yang berat.

Tapi KB suntik dianggap jauh lebih aman karena tidak menyebabkan efek sulit hamil. Hal ini karena pengaruh hormon dalam KB tidak tinggal dalam tubuh sehingga tubuh ibu bisa kembali normal setelah berhenti KB.

Cara cepat hamil setelah ikut KB suntik
Cara cepat hamil setelah ikut KB suntik

Lalu bagaimana cara cepat hamil setelah KB suntik? Ikuti saja tips dibawah ini.

  1. Pergi ke dokter

Jika Anda ingin berhenti melakukan KB suntik dan memulai program hamil, maka ibu harus berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa kondisi ibu dan menyarankan kapan harus berhenti KB.

Hal ini sangat penting karena pemeriksaan awal bisa membantu mengetahui kondisi organ reproduksi ibu.

Setelah dokter memberikan waktu yang tepat untuk berhenti KB maka ibu akan menghadapi beberapa perubahan pada tubuh.

Ibu akan mulai mengalami menstruasi yang lebih nyaman, tidak menyakitkan dan volume darah yang normal. Saat itu terjadi maka ini waktu yang tepat untuk memulai hamil lagi.

  1. Lihat waktu ovulasi

Setelah ibu benar-benar berhenti KB suntik dan ingin cepat hamil, maka tandai kalender saat mendekati masa ovulasi. Ovulasi wanita hanya terjadi sekali dalam satu bulan.

Kemudian saat itu sel telur sudah berkembang sempurna sehingga siap untuk dibuahi sel sperma. Waktu ovulasi untuk wanita dengan siklus menstruasi teratur bisa dihitung dengan tepat.

Tapi jika siklus menstruasi tidak teratur maka bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti keputihan yang sangat cair, suhu basal tubuh meningkat, payudara sangat lembut dan gairah seksual yang lebih tinggi.

  1. Hubungan intim yang tepat

Setelah ibu menemukan masa ovulasi yang tepat maka bisa berkomunikasi dengan pasangan. Hubungan intim harus dilakukan pada waktu yang tepat.

Lakukan hubungan selama dua hari sekali menjelang ovulasi, saat ovulasi dan setelah ovulasi. Setelah itu ambil waktu jeda tanpa hubungan intim sama sekali sambil menunggu kabar baik.

Hubungan intim sebaiknya juga harus dilakukan dengan santai sehingga bisa melupakan tekanan harus hamil atau harus cepat hamil.

  1. Olahraga dengan pasangan

Kemudian agar cepat hamil setelah KB suntik, sebaiknya tubuh ibu juga harus sehat. Hal ini sangat baik untuk membantu ibu agar bisa cepat hamil.

Caranya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh melalui olahraga. Ibu harus menurunkan berat badan jika mengalami obesitas. Olahraga dengan pasangan bisa memotivasi untuk mencapai tujuan yang sama.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan seperti jalan pagi, berenang, bersepeda, senam dan yoga. Hindari olahraga yang terlalu berat karena tidak baik untuk kesehatan reproduksi.

  1. Hindari makanan lemak jenuh

Kemudian ibu dan pasangan juga harus mencoba untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh tidak baik karena bisa meningkatkan jumlah lemak tubuh.

Salah satu makanan yang harus sangat dihindari termasuk makanan cepat saji. Karena dalam makanan ini selain mengandung lemak jenuh yang tinggi juga mengandung MSG, bahan perasa, garam dan gula yang tinggi.

  1. Hindari kafein

Jika sebelumnya ibu sering mengonsumsi kafein maka cobalah untuk berhenti. Kafein tidak baik untuk program kehamilan karena bisa menyebabkan kerusakan sel telur.

Biasanya kafein akan tinggal dalam darah sehingga bisa merusak kualitas sel telur termasuk ukuran yang tidak sesuai, gagal ovulasi dan sel telur yang sangat sedikit.

Perlu ibu ketahui bahwa kafein tidak hanya pada kopi dan teh saja tapi juga untuk minuman kemasan dan minuman bersoda.

  1. Hidup sehat dengan pasangan

Jika ibu ingin hamil lagi maka ibu juga harus mencoba untuk hidup sehat bersama dengan pasangan.

Cara untuk hidup sehat ini termasuk dengan menghindari rokok, asap rokok dari orang lain, alkohol, narkoba dan bahan terlarang lain.

Cobalah untuk memperbaiki kualitas hidup sehingga ibu dan pasangan sama-sama bisa sehat untuk hamil lagi.

Jika sehat maka sel telur dan sel sperma yang dihasilkan dari pasangan bisa berkualitas sehingga bisa cepat hamil.

  1. Hindari pakaian ketat

Kemudian cara cepat hamil yang lain adalah ibu dan pasangan juga harus menghindari pakaian yang ketat. Pakaian yang ketat terutama celana bisa menyebabkan tekanan pada saluran reproduksi.

Baik pria dan wanita sama-sama memiliki efek yang buruk jika sering menggunakan pakaian ketat. Ibu bisa memiliki tekanan yang berat pada saluran reproduksi sehingga rahim dan indung telur menjadi tidak sehat.

Semua ini karena aliran darah yang terjadi pada saluran reproduksi tidak sehat dan tidak lancar. Jumlah oksigen dan darah yang dialirkan tidak sesuai kebutuhan sehingga sel telur dan sel sperma akan rusak.

  1. Jangan stres

Jika ibu ingin cepat hamil maka jalani hidup dengan santai dan tanpa  beban. Beban hanya akan menyebabkan stres yang berat sehingga merusak sel telur atau sel sperma.

Ibu yang stres kemungkinan juga bisa hamil tapi janin yang dihasilkan tidak sehat. Akhirnya terjadi keguguran atau kelahiran bayi yang cacat.

Jadi cobalah untuk sering pergi dengan pasangan, menikmati waktu cuti bersama dan sering berbicara mengenai beban yang ditanggung. Jangan menyimpan pikiran sendiri karena itu tidak baik untuk kesehatan ibu.

  1. Konsumsi nutrisi yang seimbang

Cara cepat hamil setelah KB suntik berikutnya yaitu mengonsumsi nutrisi yang seimbang. Ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk persiapan kehamilan.

Seperti makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B, protein, serat, lemak sehat, zat besi, asam folat, kalium, kalsium, seng dan jenis nutrisi yang lain.

Sumber makanan yang bisa dikonsumsi termasuk seperti kacang sehat (almond, kacang tanah, kacang mete, kacang hijau), sayuran hijau, ikan kaya omega 3, susu kedelai dan makanan lainnya.

  1. Cukupi kebutuhan asam folat

Ibu juga harus memenuhi kebutuhan asam folat agar cepat hamil setelah ikut KB suntik. Hal ini sangat penting karena asam folat akan mencegah cacat tabung syaraf pada janin.

Memenuhi kebutuhan asam folat sebelum hamil juga akan membantu kesehatan sel telur sehingga potensi terjadi kehamilan semakin tinggi.

Berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, buah segar dan beberapa makanan laut yang juga tinggi omega 3 seperti ikan salmon.

  1. Konsumsi susu rendah lemak

Untuk ibu yang ingin segera hamil setelah KB suntik maka juga bisa mencoba minum susu yang rendah lemak.

Jenis susu ini sangat baik karena selain kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi juga mengandung kalsium dan kalium yang tinggi.

Ini sangat baik untuk menjaga agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu memang sesuai. Selain itu juga penting untuk menurunkan lemak berlebihan dalam tubuh.

Produk susu rendah lemak bahkan akan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu sebelum hamil sehingga saat hamil akan lebih sehat.

Jadi itulah beberapa cara cepat hamil setelah KB suntik yang sangat baik untuk dicoba. Jika ibu sudah mencoba semua langkah ini tapi belum juga hamil maka segera konsultasikan ke dokter kandungan Anda.

Sumber:

This div height required for enabling the sticky sidebar