Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / 5 Cara Ampuh Agar Hamil Anak Kembar

5 Cara Ampuh Agar Hamil Anak Kembar

/
/
322 Views

Beberapa pasangan suami istri mengaku mendapatkan anak kembar secara tidak terencana atau tidak mereka programkan. Beberapa pasangan lain mengaku dengan sengaja melakukan beberapa usaha tertentu untuk meningkatkan peluang hamil kembar.

Para ahli menyebut terdapat beberapa hal yang mempengaruhi peluang seorang wanita hamil kembar diantaranya diet, etnis, genetika dan gaya hidup.

Semua hal tersebut memainkan peran dalam apakah seorang wanita lebih cenderung memiliki anak kembar atau tidak.

Dan bagi anda yang ingin memiliki anak kembar, ada baiknya mulai merencanakan dari sekarang dan mempraktekkan beberapa tips di bawah ini:

Cara hamil anak kembar

Cara hamil anak kembar1. Sejarah keluarga

Perhatikan sejarah keluarga anda dan pasangan, apakah ada anggota keluarga yang kembar? mungkin saudara, paman, atau yang paling dekat ibu atau ayah?

Jika memang mereka kembar maka potensi anda melahirkan bayi yang kembar juga besar. Memang ada beberapa cara lain agar bisa hamil kembar, namun sejarah keluarga (genetik) ini yang paling menentukan.

2. Tambah Berat badan

Wanita bertubuh kurus cenderung tidak dapat memiliki bayi kembar.

Hal ini telah dikonfirmasi dengan penelitian yang telah dilaksanakan oleh American College of Obstetrics and Gynecology, hasil penelitian tersebut menyebut bahwa ada hubungan antara kelahiran kembar dengan tingginya masalah obesitas.

Diketahui bahwa wanita dengan Body Mass Index lebih dari 30 akan punya peluang lebih banyak untuk melahirkan anak kembar.

3. Menunggu Usia Tua

Wanita yang telah berusia tua memiliki peluang kehamilan yang lebih kecil tapi sekali mereka hamil potensi mereka hamil kembar sangat besar.

Dari penelitian diketahui wanita yang berusia 40 tahun memiliki peluang sebesar 7% hamil kembar dan wanita 45 tahun ke atas memiliki peluang yang lebih besar lagi yaitu 17%.

4. Perbanyak konsumsi vitamin

Wanita yang kekurangan vitamin memiliki peluang yang lebih sedikit melahirkan bayi kembar dibandingkan dengan mereka yang aktif mengkonsumsi vitamin yang banyak.

Semua vitamin bagus tapi wanita yang ingin hamil kembar sebaiknya memperbanyak suplemen asam folat.

Anda bisa mendapatkan suplemen ini di apotik tapi perhatikan untuk tidak mengkonsumsinya lebih dari 1000 mg setuap hari.

4. Ubi dan Susu

Tips ini sudah menurun dari zaman nenek moyang, namun meskipun sudah sangat populer di masyarakat, cara ini belum terbukti secara medis.

Walau begitu, sebuah suku di Yoruba, Afrika Barat yang diketahui hidup dengan ubi dan susu setiap harinya mampu membuktikan memiliki angka hamil kembar yang tinggi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh spesialis kesuburan terkemuka menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi produk susu selama jangka waktu tertentu saat mereka berusaha untuk hamil meningkatkan peluang mereka memiliki anak kembar sebanyak 5 kali dibandingkan dengan wanita yang menghindari produk susu yang sama.

5. Hentikan penggunaan pil KB

Cobalah menghentikan penggunaan pil KB. Tubuh wanita akan bekerja keras untuk menormalkan kembali siklus hormon mereka setelah mereka berhenti menggunakan pil KB.

Selama bulan pertama sampai kedua setelah berhenti, tubuh akan menggenjot produksi ovarium dan bahkan kadang-kadang melepas 2 butir telur sekaligus.

Dalam hal kehamilan, setiap pasangan suami istri kadang memiliki harapan yang berbeda-beda, ada yang menginginkan hamil anak laki-laki terutama anak pertama, ada yang ingin anak perempuan dan tidak sedikit juga yang mengidamkan hamil anak kembar.

Ada banyak Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa hamil kembar. Langkah terbaik adalah dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan mempraktekkan beberapa tips di atas.

Demikian sekilas informasi mengenai hamil anak kembar, semoga bermanfaat, jangan lupa follow kami di Facebook untuk mendapatkan update terbaru artikel ini dan tips-tips seputar kehamilan lainnya.