Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Ibu Hamil

Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Ibu Hamil

/
/
108 Views

Buah dan sayur adalah sumber nutrisi yang sangat penting untuk Ibu hamil. Selain baik bagi kehamilan, sayuran dan buah-buahan juga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Mendapatkan nutrisi yang mencukupi selama masa kehamilan sangat penting bagi ibu hamil. Namun sering kali kebutuhan nutrisi harian justru tidak terpenuhi karena rasa mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil.

Meskipun begitu, ibu hamil tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tumbuh kembang bayi di dalam janin bisa optimal.

Baca Juga: Daftar Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Pisang dan alpukat baik untuk Ibu hamil
Pisang dan alpukat baik untuk Ibu hamil

Adapun beberapa jenis buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Pisang

Buah kuning yang satu ini mengandung kalium yang sangat penting untuk ibu hamil. Kalium dapat mengubah kalori yang ada menjadi energi dalam waktu singkat sehinga sangat membantu ibu hamil yang mudah kelelahan.

Kalium juga sangat membantu ibu hamil dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Pisang juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga sangat cocok untuk menghindari anemia. Tekstur pisang yang lembut memudahkan pisang untuk dicerna sehingga sangat baik untuk pencernaan dan membantu mengurangi rasa mual.

Bagi ibu yang mudah terserang rasa lapar, pisang menjadi cemilan yang sangat cocok untuk mengganjal rasa lapar.

2. Alpukat

Buah lain yang tak kalah penting bagi ibu hamil adalah alpukat.

Alpukat mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan otak anak, vitamin C untuk kekebalan tubuh, vitamin B untuk meningkatkan fungsi saraf pada bayi, dan manfaat lainnya.

3. Brokoli

Jenis sayuran yang juga baik untuk ibu hail adalah brokoli. Si hijau yang satu ini mengandung kalsium dan asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan fungsi saraf bayi.

Brokoli juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk pencernaan ibu hamil.

4. Bayam

Bayam juga sangat baik untuk ibu hamil. Bayam mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk Ibu hamil.

Contohnya vitamin K, vitamin C, dan vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan penglihatan bayi serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Bayam juga dikenal sebagai anti anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi. Asam folat dalam bayam juga cukup tinggi dan berperan penting dalam pembentukan saraf anak.

5. Pir

Pir adalah buah yang kaya akan air sehingga sangat membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan cairannya agar terhindar dari dehidrasi. Pir juga mengandung asam folat dan vitamin C yang sangat tinggi.

6. Kentang

Kebutuhan akan glukosa pada ibu hamil memang tidak bisa dihindari. Ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan glukosanya dengan mengkonsumsi kentang.

Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi yang baik untuk ibu hamil. Namun pastikan pula untuk memasak kentang dengan cara yang benar.

Jangan menggoreng kentang karena lemak trans yang terkandung dalam kentang goreng sangat tidak baik untuk ibu hamil. Cara memasak kentang yang benar adalah dengan merebus atau mengukusnya.

Kentang yang direbus atau dikukus dengan benar akan tetap mengandung nutrisi yang penting dan tidak berbahaya untuk janin.

7. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah dan sayur yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Kandungan vitamin C dan antioksidan ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan mencegah timbulnya infeksi yang sering kali dialami oleh ibu hamil.

8. Apel

Selain mengandung air dalam jumlah tinggi, apel juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan potasium yang berperan penting dalam perkembangan janin.

Tingginya serat yang terkandung dalam apel juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil yang sering kali mengalami konstipasi.

Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa ibu hamil yang rajin mengkonsumsi apel selama masa kehamilan akan melahirkan bayi yang terhindar dari masalah alergi dan asma.

9. Jeruk

Jeruk memang dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi.

Namun ternyata jeruk juga mengandung vitamin lain yang baik untuk ibu hamil, seperti vitamin B, asam folat, dan antioksidan yang berperan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Buah jeruk juga mempunyai manfaat untuk mempermudah tubuh menyerap zat besi sehingga sangat membantu ibu hamil untuk terhindar dari anemia.

Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi jeruk setiap harinya juga akan melahirkan bayi yang bebas dari cacat lahir.

10. Kacang polong

Ibu hamil memang selalu membutuhkan makanan yang dikreasikan dengan berbagai macam buah dan sayur agar tidak bosan dan tetap mendapatkan nutrisi harian dengan tepat.

Salah satu varian yang yang sangat baik untuk ibu hamil adalah kacang polong. Kacang polong mengandung magnesium, potasium, asam lemak, asam folat, dan zat besi yang tinggi.

Kacang polong sangat baik untuk meningkatkan perkembangan janin di dalam rahim dan membantu mencegah ibu hamil terkena diabetes, kanker, dan serat penyakit gagal jantung.

11. Kale

Kale mungkin masih terdengar asing di telinga kita orang Indonesia, tapi ternyata kale mengandung kalsium yang sangat tinggi dibandingkan buah dan sayur lainnya.

Dalam 100 gr kale mentah terkandung 150 mg kalsium. Kebutuhan kalsium yang tinggi tentunya dapat terpenuhi dengan sayur yang satu ini.

Selain itu, kale juga mengandung potasium dalam jumlah tinggi, yakni sekitar 491 mg dalam 100 gr kale mentah.

12. Ubi jalar

Selain mengenyangkan dan rasanya enak, ubi jalar juga mengandung nutrisi yang tinggi dan baik untuk ibu hamil. Ubi jalar mengandung karotenoid dan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan ibu hamil.

Karotenoid sendiri adalah komponen yang dapat diubah menjadi vitamin A sehingga baik untuk perkembangan sistem saraf penglihatan bayi.

Ubi jalar juga mengandung karbohidrat yang penting untuk ibu hamil. Karbohidrat yang didapatkan ibu hamil akan diubah menjadi energi sehingga ibu hamil tidak lagi mudah kehilangan tenaga.

13. Segala jenis buah beri

Ada berbagai macam buah beri, mulai dari stroberi, blueberry, dan blackberry. Semuanya sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah beri mengandung antioksidan yang tinggi yang sangat penting dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi janin.

Buah beri juga mengandung karbohidrat, asam folat, kalsium, dan potasium yang baik untuk perkembangan janin di dalam rahim.

Buah beri dapat dikonsumsi dengan dimakan langsung atau dijadikan sebagai kudapan. Campurkan buah beri dengan susu agar terasa lebih nikmat.

14. Mangga

Buah dari negara tropis ini memang tinggi akan vitamin C yang sangat penting dalam melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Kandungan kalium yang ada di dalam mangga juga penting untuk menjaga tekanan darah ibu hamil dalam kondisi stabil.

Itulah buah dan sayur yang sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil tidaklah serumit dan sejenuh yang dikira.

Berbagai macam jenis buah dan sayur bisa dikreasikan setiap harinya agar kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi. Namun pastikan untuk tidak berlebihan dalam menggunakan gula di dalamnya.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.