Sering Begadang Bikin Mandul, Betulkah?

Sering begadang menyebabkan mandul

Sering begadang menyebabkan mandul


Apakah Anda tidur 8 jam di malam hari? Jika tidak, anda perlu tahu jika kurang tidur dan sering begadang ternyata menyebabkan kemandulan. Mengapa? karena kuantitas dan kualitas tidur secara langsung mempengaruhi kesehatan, mood, hormon dan kesuburan.
Mandul adalah salah satu penyakit akibat begadang dan kurang tidur. Ahli endokrinologi reproduksi Los Altos, Dr. Deborah A. Metzger, menyebut bahwa dia selalu merekomendasikan agar pasien wanitanya tidur 8 sampai 9 jam setiap malam untuk meningkatkan kesuburan mereka.
Efek begadang bagi laki-laki dan wanita sama saja yaitu menurunkan kesehatan dan bahkan menyebabkan kemandulan. Pernyataan tersebut tentunya mengusik benak masing-masing pria. Apalagi, bagi mereka yang setiap harinya harus begadang karena pekerjaan.
Lantas, bagaimana begadang sebabkan kemandulan pada pria? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Hubungan Kurang Tidur dengan Kualitas Sperma

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh American Society for Reproductive Medicines, kualitas tidur seorang pria berpengaruh terhadap kualitas sperma yang dimilikinya. Pria yang tidur kurang dari 6 jam per hari sangat mudah sekali terkena stres yang memberikan dampak kurang baik bagi kualitas sperma.
Dalam berbagai penelitian sebelumnya, disebutkan jika kurang tidur menjadi salah satu penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung dan kanker. Namun, pada penelitian terbaru, seperti telah dijelaskan di atas, ternyata kurang tidur juga dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma.
Kurang tidur dapat membuat ukuran testis mengecil dan dibarengi dengan penurunan jumlah produksi sperma. Hal ini juga berdapampak pada hormon testoteron yang dimiliki seorang pria.
Saat tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas, kadar hormon testoteron dapat naik dan meningkatkan kualitas sperma. Kurang tidur bisa menimbulkan kelelahan, hal ini juga akan mengurangi gairah seksual sehingga enggan untuk bercinta dengan pasangan.

Tidur yang Cukup Baik Bagi Tubuh

Saat tidur, tubuh kita bekerja memperbaiki sel dan mengatur hormon. Satu hormon khusus, yaitu leptin, memegang peran penting bagi kesuburan wanita dan berhubungan dengan kualitas tidur.
Leptin mempengaruhi ovulasi, dan wanita membutuhkan tidur yang cukup agar bisa memproduksi hormon leptin yang cukup. Bila produksi leptin terganggu, siklus menstruasi terganggu. Bila siklus menstruasi terganggu maka pembuahan kemungkinan besar juga akan terganggu.
Dr. Tracy Latz, seorang psikiater di North Carolina, menyebut bahwa insomnia mempengaruhi hormon kita dan berpotensi menyebabkan penuaan dini. Tidur mempengaruhi hormon kesuburan termasuk hormon progesteron, estrogen, luteinizing (LH) dan hormon perangsang folikel (FSH).

Begadang Pengaruhi Kesuburan

Masalah tidur, seperti insomnia, tidur terlalu larut, atau begadang juga dapat memengaruhi kesuburan seorang pria. Masalah tidur ini bisa menurunkan jumlah sperma hingga 25%. Penurunan jumlah sperma ini juga menjadi tanda jika sperma tersebut tidak memiliki kualitas yang baik.
Selain dilaporkan oleh American Society for Reproductive Medicines,  Universitas Boston juga melakukan penelitian sejenis. Dalam penelitian ini disebutkan, jika tidur kurang dari 6 jam per malam, dapat menurunkan peluang sperma membuahi sel telur dengan sempurna sekitat 43%.
Terlalu banyak tidur ternyata juga bisa menurunkan kesuburan pria. Hal ini yang membuat mitos sering begadang sebabkan kemandulan terbukti kebenarannya.

Gaya Hidup Tidak Sehat Turunkan Kesuburan

Begadang merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang seperti ini memang berpengaruh pada kesuburan. Kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, dan asupan makanan yang kurang bergizi juga dapat menurunkan kualitas sperma yang dihasilkan.
Terlalu sering begadang biasanya menjadi penyebab utama seseorang melakukan gaya hidup yang tidak sehat di atas. Akibatnya kualitas sperma menurun drastis, baik itu dari segi jumlah maupun kelincahannya.
Oleh karena itu, sebaiknya segera kurangi kegiatan begadang untuk dapat meningkatkan kualitas sperma dengan baik. Selain itu, banyak-banyaklah berolahraga, cukup istirahat, dan menjaga asupan gizi yang baik untuk dapat menjaga kesuburan.
Begadang di malam hari dan bangun kesiangan menyebabkan tubuh jadi kurang istirahat dan tidak bergairah untuk beraktifitas fisik. Terlalu sering begadang bahkan dapat menurunkan gairah seks pada pria maupun wanita. Jadi jika anda ingin mendapat seks yang bergairah, perbaiki kualitas tidur anda dan dapatkan jumlah tidur yang cukup setiap hari.

Sering Begadang Membuat Wanita Mandul?

Belum banyak bukti kuat yang menyatakan begadang dapat memengaruhi kesuburan pada wanita. Penelitian yang diketahui melakukan uji coba untuk membuktikan hal ini dilakukan oleh Universitas Northwestern.
Uji coba dilakukan pada 18 ekor tikus betina yang dibuahi oleh pejantan dan dibiarkan pada kandang yang lampunya menyala. Sementara 18 ekor lainnya ditempatkan pada kandang gelap.
Hasilnya, 50% tikus di kelompok pertama yang bisa melahirkan anak tikus, sementara di kelompok kedua hanya 20% saja. Meskipun demikian, masih banyak ahli yang tidak sependapat dengan penelitian di atas.
Alasannya, sistem reproduksi tikus tidaklah sama dengan sistem reproduksi pada manusia. Hewan yang memiliki sistem reproduksi yang sama dengan manusia adalah primata.
Namun, sama halnya dengan para pria, wanita yang memiliki kualitas tidur yang buruk pastinya juga akan memiliki masalah pada kesuburan. Terlalu sering terjaga pada malam hari tentunya akan membuat seseorang lebih mudah lelah dan stres. Dua hal tersebut dapat membuat gairah seks menjadi menurun.

Tips Meningkatkan Kesuburan

Tidur sangat berhubungan dengan tingkat kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Berikut ini beberapa tips meningkatkan kesuburan:

  • Konsisten dalam rutinitas tidur Anda. Pergilah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jangan tidur di hari libur tidak peduli seberapa lelah perasaan Anda.
  • Jika Anda tidur siang, berhentilah. Terlalu banyak tidur siang dapat mengganggu siklus tidur Anda di malam hari.
  • Berolahraga setiap hari, tapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur anda.
  • Hindari kafein, alkohol dan rokok.
  • Mulailah dengan rutinitas tidur yang santai. Mandi hangat dan makanlah satu atau dua jam sebelum tidur. Matikan lampu dan jaga kamar tidur Anda sekitar 21 derajat Fahrenheit.
  • Jika Anda memiliki masalah tidur, kunjungi dokter atau terapis yang dapat membantu anda.

Sulit hamil meski sudah lama menikah kemungkinan besar merupakan efek begadang. Laki-laki dan wanita yang sering kurang tidur mungkin tidak menyadari bahwa pola tidur yang tepat sama pentingnya dengan nutrisi dan olahraga teratur untuk tubuh.
Akibat sering begadang dan bangun siang membuat tubuh jadi tidak fit di siang hari, fisik jadi lemah dan tubuh rentan terkena penyakit. Padahal tidur bukan hanya sarana beristirahat, melainkan ada banyak proses biologis yang terjadi saat kita tidur yang mempengaruhi kesehatan dan kesuburan.
Selain menyebabkan kemandulan, kurang tidur juga sebabkan disfungsi ereksi pada pria. Tentu saja kondisi ini sedikit banyak mempengaruhi kemampuan pria melakukan hubungan seksual sampai selesai.
Sekarang sudah tahu, kan jika sering begadang sebabkan kemandulan. Jika memang tidak diwajibkan untuk begadang, seperti lembur, tugas atau jaga malam, atau melakukan pekerjaan lain, sebaiknya tidurlah tepat waktu. Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup dapat membuat badan kembali segar.

***
Sudah lama menikah tapi tidak juga hamil? Dapatkan buku PANDUAN LENGKAP CARA CEPAT HAMIL ditulis oleh Dr. Rosdiana Ramli, SpOG. ORDER SEKARANG sebelum kehabisan. Stok Buku Terbatas! Klik Disini Untuk Order Buku!

Leave a Reply