Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / Bahaya Ambeien pada Ibu Hamil

Bahaya Ambeien pada Ibu Hamil

/
/
37 Views

Salah satu gangguan kehamilan yang umum pada Ibu hamil adalah ambeien. Gangguan ini menyebabkan rasa tidak nyaman yang semakin lama semakin menjadi selama masa kehamilan.

Ambeien memang tidak dialami oleh semua ibu hamil, hanya beberapa ibu hamil saja yag akan mengalami masalah yang satu ini.

Ambeien atau wasir adalah peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik atau vena yang berada di sekitar anus.

Banyak wanita yang bertanya apakah bisa melahirkan normal apabila menderita ambeien? tentu saja bisa dengan catatan kondisi wasir yang diderita berlum terlalu parah.

Bahaya ambeien pada ibu hamil

Meskipun ambeien merupakan hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil, namun bukan berarti ambeien tidak memiliki resiko atau bahaya bagi ibu hamil.

Adapun beberapa bahaya ambeien yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut:

1. Terlalu beresiko untuk melahirkan normal

Ibu hamil yang mengalami ambeien biasanya akan diperiksa mengenai tingkat keparahan ambeien tersebut. Jika sudah terlalu parah, maka besar kemungkinannya untuk melakukan persalinan dengan jalan operasi caesar.

Ibu hamil yang mempunyai ambeien tidak bisa melakukan persalinan normal karena akan berakibat pada semakin parahnya ambeiennya nanti.

Persalinan normal akan menyebabkan ibu harus mengejan sehingga ambeien yang tadinya mungkin tidak keluar justru akan keluar dan menimbulkan rasa sakit yang semakin parah.

2. Memberikan pengaruh buruk pada janin

Sebagaimana telah diketahui bahwa tingkat stres ibu hamil akan sangat mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Ketika seorang ibu hamil mengalami ambeien, maka ia akan merasa tidak nyaan dan mudah marah akibat sakit yang dirasakan.

Hal inilah yang akan menyebabkan ibu hamil jadi lebih mudah terkena stres yang dapat memberikan pengaruh buruk pada perkembangan janin.

Bahkan ibu hamil yang mengalami stres juga akan lebih mudah mengalami persalinan prematur.

3. Pendarahan hebat

Ibu hamil yang mengalami ambeien dan memilih persalinan normal akan memiliki resiko mengalami pendarahan yang hebat.

Hal ini dikarenakan ketika seorang wanita mengejan untuk mengeluarkan bayinya, maka otomatis ambeien yang diidapnya juga akan menegang keluar bahkan dapat menyebabkan pendarahan.

Jika sudah terjadi kasus seperti ini, biasanya dokter juga akan melakukan pemotongan pada ambeien yang telah keluar tersebut untuk melancarkan persalinan.

Namun rasanya akan jauh lebih sakit karena dilakukan saat ambeien telah menegang dan mengalami pendarahan.

4. Resiko kematian

Efek dari pendarahan yang hebat yang terjadi akibat persalinan normal yang dipaksakan pada ibu hamil yang mengalami ambeien juga akan mengakibatkan munculnya resiko kematian pada ibu hamil.

Terlalu banyak mengeluarkan darah baik darah dari robekan vagina maupun darah dari semakin melebarnya ambeien akan membuat ibu menjadi lemas.

Maka dari itu, ibu hamil yang mengidap ambeien akan lebih dianjurkan untuk melakukan persalinan secara caesar dibandingkan dengan jalan normal.

5. Sulit buang air besar

Ibu hamil yang mengalami ambeien tentunya akan mengalami masalah pada saat buang air besar. Bukan hanya karena sakit akan mengejan, namun juga bisa menjadi trauma untuk buang air besar karena takut keluar darah saat mengejan.

Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil

Ambeien sangat mengganggu Ibu hamil
Ambeien sangat mengganggu Ibu hamil

Meskipun ambeien kerap mendatangi para ibu hamil, tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Ambeien pada ibu hamil dapat diatasi dengan mudah jika dilakukan dengan segera sebelum kondisi ambeien semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi wasir (ambeien) pada ibu hamil:

1. Berendam dalam air hangat

Ketika ambeien datang, maka biasanya otot-oto di sekitar anus ikut menegang. Hal ini akhirnya juga menyebabkan otot pada bagian tubuh lainnya ikut menegang karena rasa nyeri yang dirasakan.

Untuk mengatasi hal ini, maka ibu hamil disarankan untuk berendam dalam air hangat. Hangatnya air akan membuat otot-otot di seluruh tubuh, termasuk anus menjadi lebih rileks.

Namun pastikan pula bahwa air hangat yang digunakan untuk berendam juga tidak mengandung bahan kimia tambahan seperti sabun atau aroma terapi lainnya karena akan berdampak buruk pada janin.

2. Selalu menjaga kebersihan diri

Seorang ibu hamil biasanya akan menjadi sangat malas untuk menjaga kebersihan diri sendiri, padahal kebersihan diri sangatlah penting dan berakibat pada perkembangan janin.

Jagalah kebersihan diri dengan selalu mandi dan menggunakan pakaian yang bersih. Begitu pula dengan kebersihan di sekitar anus.

Bersihkan anus dengan baik setelah buang air agar tidak terjadi infeksi atau peradangan yang semakin parah ketika terjadi ambeien.

3. Minum air putih

Bagi ibu hamil yang mengalami ambeien, sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Minumlah air putih setidaknya 1 hingga 2 liter setiap harinya.

Air putih akan sangat membantu menghidrasi tubuh, termasuk daerah anus sehingga ketika akan buang air besar, anus tidak akan terasa nyeri atau bahkan lecet akibat kekurangan cairan.

Air putih juga membantu melunakkan tinja sehingga ibu hamil tidka perlu mengejan ketika buang air besar. Manfaat lain dari air putih adalah mempercepat proses penyembuhan ambeien.

4. Olahraga ringan

Meskipun dalam kondisi hamil, tapi bukan berarti tidak boleh melakukan olahraga. Bagi ibu hamil, olahraga ringan justru akan membantu ibu hamil mendapatkan tubuh yang sehat serta perkembangan janin yang optimal.

Olahraga ringan secara teratur juga akan membantu mencegah terkena ambeien. Tubuh akan melakukan proses metabolisme dengan lancara sehingga tidak akan ada masalah dalam sistem pencernaan yang dapat menimbulkan ambeien.

5. Konsumsi serat tinggi

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran selama masa kehamilan. selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, buah dan sayur juga membantu mencegah terjadinya ambeien.

Ketika tubuh telah mendapatkan serat yang cukup, maka sistem pencernaan pun akan berjalan dengan baik sehingga setiap makanan dapat diproses secara maksimal.

Dengan sistem pencernaan yang lancar, maka buang air besar pun juga akan lebih lancar.

6. Tidak menahan buang air besar

Beberapa ibu hamil sering kali melakukan hal ini dengan alasan malas atau terlalu lelah untuk berjongkok. Bagi ibu hamil, sebaiknya tidak menahan buang air besar karena dapat menyebabkan ambeien.

Jika iabu hamil merasa terlalu lelah berjongkok ketika buang air besar, maka usahakan untuk buang air besar di toilet duduk sehingga proses buang air besar jadi lebih nyaman.

Itulah beberapa cara mengatasi dan menghindari ambeien selama masa kehamilan. Ambeien memang hal normal ketika hamil, namun ambeien juga dapat dihindari jika ibu hamil selalu menerapkan gaya hidup sehat sejak awal masa kehamilan hingga persalinan tiba.

Demikianlah artikel tentang ambeien yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi banyak ibu hamil di luar sana.

Sumber:

  1. https://medium.com/@obatambeienwasirtradisional/bahaya-ambeien-pada-ibu-hamil-a4f31752e1e3
  2. http://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-gizi-kesehatan/wasir-pas-hamil2ctak-perlu-khawatir21
This div height required for enabling the sticky sidebar