Bagaimana Mempersiapkan Kehamilan Kedua

Pada umumnya seorang ibu akan merasa lebih tenang saat mengalami kehamilan kedua, hal ini dikarenakan adanya pengalaman dari kehamilan pertama. Rasa cemas mungkin juga tidak terlalu dirasakan terutama karena adanya anak pertama yang selalu berada di dekatnya.

Meski demikian terkadang ada juga Ibu yang merasa tidak nyaman saat menjalani kehamilan kedua. Penyebabnya bisa jadi karena perubahan fisik atau bisa juga karena faktor hormon yang mempengaruhi.

Sayangnya bagi sebagian pasangan, tidak mudah rasanya mendapatkan kehamilan kedua secara cepat. Apalagi jika memang program kehamilan yang pertama juga dilalui dengan perjuangan.

Akan tetap meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kehamilan anak kedua.

Bagi anda yang memang ingin segera hamil anak kedua, maka tips dan program hamil anak kedua di bawah ini bisa mudah dan cepat anda lakukan bersama pasangan.

Bagaimana Mempersiapkan Diri untuk Kehamilan Kedua

Tips menjalani kehamilan kedua

Tips menjalani kehamilan kedua

Kehamilan kedua akan terasa lebih singkat, hal ini dikarenakan sudah ada anak balita yang juga perlu diperhatikan saat itu.

Akibatnya, sang Ibu lebih memikirkan Anak sulungnya tersebut dari pada melihat perubahan fisik dirinya selama kehamilan.

Proses persalinannya juga terasa berbeda dibandingkan saat persalinan pertama. Ibu menjadi lebih berpengalaman dalam proses dan tahap-tahap persalinan.

Jadi bila ada trauma saat proses persalinan pertama, sang Ibu bisa siap-siap untuk menghindari hal tersebut. Nah, Bagaimana cara merencanakan kehamilan kedua secara tepat ? berikut ini tipsnya:

  1. Lakukan Sekarang Dan Jangan Menunda

Jika memang anda menginginkan untuk segera hamil anak kedua, maka rencanakan sekarang dan jangan tunda lagi.

Perlu anda ketahui, dari sisi biologis, tingkat kesuburan wanita akan menurun saat mencapai usia 35 tahun keatas.

Sehingga secara teori, jika anda menginginkan kehamilan di usia 30 tahunan maka akan lebih sulit seiring dengan usia yang semakin bertambah.

Sehingga bertindaklah secepat mungkin jika memang anda menginginkan hamil anak kedua maupun selanjutnya.



  1. Mengatur Jarak Kehamilan

Rahim ibu memang telah siap untuk hamil lagi dalam 3 bulan setelah melahirkan. Namun penelitian menunjukkan bahwa interval yang aman untuk kehamilan yang kedua adalah 27 sampai 32 bulan setelah sang sulung lahir.

Tujuan dari mengatur interval tersebut membuat bayi kita berpeluang besar menjadi bayi yang sehat. Namun jika ibu melahirkan secara Caesar disarankan untuk bertanya ke dokter.

  1. Periksa saat Pra-Kehamilan

Sebelum hamil kembali ibu dan suaminya harus sudah benar-benar siap. Anda wajib untuk memeriksakan kandungan untuk memastikan kondisi kesehatan calon bayi.

Disarankan untuk melakukan tes ginekolog secara teratur termasuk tes di laboratorium.

  1. Apakah Ibu Cukup Subur?

Ibu mungkin tidak memiliki tingkat kesuburan seperti saat hamil anak pertama. Hal ini disebabkan karena usia ataupun rentang waktu antara hamil anak pertama dan anak kedua.

Jika siklus menstruasi yang dimiliki tidak teratur, konsumsi pil KB sebelum memulai program hamil anak kedua selama beberapa bulan bisa meningkatkan peluang.

  1. Apakah Ayah Cukup Subur?

Tak hanya ibu, kesuburan ayah juga menjadi hal yang penting dalam meningkatkan peluang untuk hamil anak kedua.

Jika terdapat massalah dengan konsepsi, maka masalah dapat terjadi pada pihak ayah. Biasanya dikarenakan jumlah sel sperma yang jauglebih sedikit dibandingkan saat program hamil anak kedua.

  1. Perhitungkan Masa Subur

Ketika anda dan pasangan sedang menjalani program kehamilan kedua, maka intensitas berhubungan intim tentunya juga perlu ditingkatkan terutama di masa subur.

Seringkali wanita tidak terlalu memperhatikan kapan masa subur datang. Padahal dengan mengetahui masa subur maka rencana kehamilan bisa berjalan dengan mudah.

Dengan melakukan hubungan intim di masa-masa subur jelas akan meningkatkan potensi kehamilan.

  1. Biasakan Pola Hidup Yang Sehat

Jika anda menginginkan segera kehamilan kedua, maka anda bisa memulai dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat mendukung program kehamilan.

Selain itu segera perbaiki gaya hidup anda dengan cara olahraga rutin dan teratur, kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk misalnya berendam air panas untuk pria atau sering memainkan laptop diatas paha.

Hal ini dapat memperburuk kondisi sel sperma yang nantinya dapat menyulitkan program kehamilan.

Gaya hidup yang tidak sehat lainnya seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, kurang olahraga dan lainnya juga akan menyebabkan kehamilan kedua akan sangat sulit terjadi.

Untuk itu baiknya praktekkan kembali gaya hidup yang sehat sehingga cepat memiliki momongan kedua.

  1. Perhatikan Intensitas Hubungan Intim Dengan Pasangan

Setelah berhasil mendapatkan anak pertama, biasanya pasangan akan merasa sibuk untuk mengurus buah hati sehingga menyebabkan intensitas hubungan dengan pasangan menjadi terganggu.

Untuk mendapatkan kembali kehamilan kedua, maka anda dan pasangan harus meningkatkan intensitas berhubungan intim sehingga dapat meningkatkan potensi kehamilan.

Anda bisa mencoba berhubungan intim 3-4 kali dalam seminggu di saat masa subur.

  1. Komplikasi Yang Sebelumnya Pernah Terjadi

Jika kehamilan pertama penuh dengan komplikasi dan masalah, maka tentunya tubuh akan kesulitan untuk mendapatkan kehamilan kedua.

Jika hal ini terjadi pada anda, maka baik ibu dan ayah perlu mendiskusikan masalah ini yang dapat menyebabkan proses pembuahan dapat terganggu.

Anda dan pasangan bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau spesialis mengenai komplikasi yang pernah dialami sebelumnya

  1. Riwayat Keguguran

Wanita yang sebelumnya pernah mengalami keguguran, maka akan sangat sulit untuk kemungkinan hamil selanjutnya. Bahkan jika hamil sekalipun, akan sangat sulit untuk mempertahankan janin di dalam kandungannya.

Untuk hal ini anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter kandungan sehingga nantinya anda bisa diberikan penyuluhan terkiat perubahan gaya hidup yang harus dilakukan demi meningkatkan potensi kehamilan dan mempertahankan janin di dalam kandungan.

  1. Hindari Stress

Sebisa mungkin hindari mengalami stres saat anda menginginkan cepat untuk hamil anak kedua. Selain meningkatkan intensitas bersama pasangan, maka ada hal lainnya yang wajib anda perhatikan yaitu faktor psikis.

Jika faktor psikis anda dan pasangan sehat dan baik, maka akan sangat memudahkan untuk memiliki momongan kembali.

Sehingga hindari tekanna pekerjaan ataupun urusan lainnya yang dapat menganggu proses kehamilan anda.

  1. Berikan Tubuh Waktu Yang Cukup Untuk Istirahat

Dalam mempersiapkan kehamilan kedua, maka persiapkan kondisi tubuh agar selalu sehat. Beristirahatlah dengan cukup untuk bisa memulihkan kondisi tubuh pasca kehamilan pertama.

Waktu terbaik untuk jeda kehamilan berikutinya antara 1-2 tahun

  1. Kontrol Berat Badan Anda

Dengan menambah ataupun menurunkan berat badan, maka anda meningkatkan kesuburan.

Jika anda mengalami kekurangan badan. Maka dengan menambah berat badan Anda secara sehat bisa membantu menormalkan kembali siklus menstruasi yang tidak teratur.

Begitupun dengan menutunkan berat badan juga akan memberikan dampak positif bagi anda yang mengalami kelebihan berat badan.

  1. Konsumsi Suplemen Prenatal

Kondisi tubuh anda tidak selalu siap untuk dapat hamil lagi, meskipun kondisi mental ayah dan ibu keduanya siap. Anda harus mempersiapkan kondisi tubuh agar dapat siap menanggung kehamilan.

Anda bisa mencoba dnegan mengkonsumsi vitamin prenatal yang dapat membantu proses kehamilan bisa semakin cepat dan mudah datang. Selain itu nimbangi dengan olahraga rutin dan kontrol berat badan secara rutin.

Vitamin prenatal bisa anda konsumsi sebelum, selama, hingga setelah kehamilan. yang terpentig adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin dan konsisten sehingga proses pembuahan dapat berjalan lancar.

Namun pastikan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak jelas dan tanpa resep dokter.

  1. Konsumsi Makanan-Makanan Yang Dapat Menyuburkan

Bantu penuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi yang membantu menyuburkan anda dan pasangan.

Misalnya saja seperti daging, ikan, tumbuhan berprotein, susu karbohidrat kompleks, ubik, makanan dengan kandungan zinc tinggi, dan masih banyak lainnya.

Nah itu tadi tips hamil anak kedua yang mudah dilakukan bagi setiap pasangan yang menginginkan untuk segera bisa mendapatkan anak kedua. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Tips Menjalani Kehamilan Kedua

Pada umumnya kehamilan kedua sampai persalinan dirasakan sangat cepat karena ada anak pertama yang juga butuh perhatian dan harus diurus sepanjang hari.

Ditambah beban pekerjaan sehari-hari maka tidak aneh jika Ibu yang tengah menjalani kehamilan kedua akan merasa cepat lelah dan karena itu butuh lebih banyak istirahat dan mengonsumsi makanan sehat.

Jika saat ini anda sedang hamil anak kedua, berikut beberapa tips menjalani kehamilan kedua agar anda dan anak dalam kandungan bisa tetap sehat:

  • Konsumsilah 400 mg asam folat setiap hari sampai usia kehamilan mencapai 12 minggu. Asam folat membantu melindungi bayi Anda dari masalah pada sistem saraf nya. Sumber makanan yang mengandung asam folat adalah sayur bayam, pisang, pepaya, jeruk, buncis, dan lain-lain.
  • Makan hanya makanan sehat untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi seimbang yang tepat bagi Anda dan bayi Anda, termasuk banyak makan buah dan sayuran, protein dan susu rendah lemak.
  • Batasi asupan kafein tidak lebih dari 200 mg sehari atau sekitar dua cangkir teh atau dua cangkir kopi instan.
  • Olahraga teratur setiap hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jika Anda memiliki balita, Anda bisa membawanya berjalan-jalan di taman. Atau Anda bisa juga melakukan beberapa olahraga kehamilan sederhana di ruang tamu.
  • Luangkan waktu untuk membentuk ikatan antara anda dengan bayi Anda. Caranya bisa dengan memijat perut anda dengan lembut selama dua menit atau tiga menit.

Saat mengandung anak kedua, sang Ibu biasanya mengalami ciri-ciri hamil yang sama saat hamil anak pertama.

Meski demikian kebanyakan wanita menyebut kehamilan kedua sangat berbeda dari kehamilan pertama seperti intensitas kelelahan atau seberapa cepat merasakan tendangan bayi di perut

Dan yang pasti hidup anda akan sepenuhnya berbeda, ada bayi dalam kandungan dan seorang lagi di sekitar anda yang juga butuh perhatian lebih.

Demikian beberapa tips untuk mempersiapkan kehamilan kedua, tetap kunjungi dokter dan rajin memeriksakan diri dan kandungan.

Leave a Reply