Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / 9 Jenis Makanan Supaya Cepat Hamil

9 Jenis Makanan Supaya Cepat Hamil

/
/
36 Views

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas beberapa tips agar cepat hamil, di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan penyubur kandungan supaya cepat hamil yang direkomendasikan para dokter.

Konsumsi makanan sehat dan bernilai gizi tinggi sangat bermanfaat untuk membuat tubuh jadi sehat dan selalu bugar. Selain itu konsumsi makanan yang tepat juga dapat meningkatkan kesuburan dan mempercepat proses kehamilan.

Di sisi lain, dalam masyarakat kita terdapat beberapa makanan dan minuman pantangan yang dilarang dikonsumsi jika ingin cepat hamil misalnya semua jenis makanan junk food, kafein dan alkohol.

Hal ini membuktikan adanya hubungan antara makanan dengan tingkat kesuburan wanita. Menurut penelitian para ahli, beberapa jenis makanan tertentu memiliki kandungan mineral yang dapat menyuburkan kandungan wanita.

Mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat meningkatkan potensi kehamilan wanita. Jika anda ingin cepat hamil, konsumsilah makanan-makanan tersebut secara teratur dan dalam jumlah yang tepat.

Jenis Makanan Agar Cepat Hamil

Makanan supaya cepat hamil
Makanan penyubur kandungan supaya cepat hamil

Setelah menikah, tentunya kebanyakan pasangan menginginkan jika kehamilan bisa cepat terjadi. Namun sayangnya tak semua kehamilan dapat cepat terjadi.

Ada wanita yang bisa cepat hamil meskipun baru beberapa bulan saja menikah. Namun ada juga wanita yang tidak kunjung mendapatkan kehamilan meskipun sudah menjalani pernikahan bertahun-tahun lamanya.

Jika memang anda wanita yang sulit hamil dan sedang menjalani program kehamilan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat membuat anda cepat hamil.

Nah berikut ini jenis makanan penyubur kandungan supaya cepat hamil yang dapat anda masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

  1. Rajin makan buah dan sayuran organik yang masih segar

Buah dan sayuran organik memiliki kandungan mineral yang lebih lengkap dan tentunya bebas dari bahan kimiawi. Kandungan zat ini sangat baik bagi sistem reproduksi dan dapat membuat wanita cepat hamil.

Sebaliknya hindarilah segala jenis makanan kaleng ataupun makanan instan. Beli dan buat sendiri makanan anda untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak dan lebih sehat.

  1. Makanan kaya serat

Makanan berserat sangat baik bagi usus dalam perut, sehingga dapat memperlancar proses pembuangan (sekresi).

Jenis makanan kaya serat yang dapat mempercepat kehamilan wanita adalah biji-bijian seperti biji labu, buah melon, beras warna merah, kacang-kacangan dan gandum.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berwarna hijau mengandung banyak zat antioksidan, zat besi dan asam folat yang sangat baik dalam menjaga fungsi organ reproduksi. Contoh sayuran daun hijau yang dapat menyuburkan kandungan adalah bayam.

  1. Makanan yang mengandung asam folat akan membantu wanita supaya cepat hamil.

Semua jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi sangat baik bagi fungsi reproduksi. Salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan produksi sel telur sehingga membuat wanita cepat hamil.

Contoh makanan yang mengandung banyak asam folat adalah kedelai, kuning telur, kentang, kubis, pisang, brokoli dan kecambah.

  • Brokoli

Sayuran yang baik untuk program kehamilan adalah brokoli. Sayuran hijau ini memiliki banyak kandungan dan nutrisi yang baik untuk proses pembuahan seperti zat besi, asam folat, dan lainnya.

Selain itu vitamin C di dalamnya juga sangat dibutuhkan bagi ovarium saat proses pematangan.

  • Pisang

Buah yang memiliki rasa manis ini mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Vitamin B6 ini sangat dibtuuhkan bagi kesehatan sistem reproduksi, hal ini karena vitamin B6 bermanfaat untuk memelihara sel telur.

Selain itu, asam folat yang terdapat di dalam pisang juga penting bagi persiapan kehamilan. Sehingga penting bagi wanita yang sedang menjalani program kehamilan untuk tidak kekurangan asupan asam folat.

  • Telur

Sering-seringlah mengonsumsi telur ketika anda sedang menjalani program kehamilan. Kandungan protein di dalam telur yang cukup tinggi baik untuk menjaga agar sel telur tidak mudah rusak.

Selain itu kandungan vitamin D nya juga baik untuk meningkatkan kesuburan.

  1. Makanan yang membuat siklus menstruasi lancar.

Salah satu penyebab wanita sulit hamil adalah karena memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Padahal supaya cepat hamil, wanita harus memiliki siklus menstruasi dan ovulasi yang rutin dan lancar setiap bulan.

Makanan seperti wortel, kentang, kacang polong, dan jeruk adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi wanita agar menstruasinyalancar.

  • Kentang

Jika anda ingin cepat hamil, maka masukkan kentang sebagai menu makanan sehari-hari anda.

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B dan vitamin E yang mana baik untuk  meningkatkan proses pembelahan sel dan kesehatan ovum.

  1. Makanan yang kaya vitamin C

Wanita yang rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan ksehatan reproduksi wanita sehingga membantunya cepat hamil.

Contoh makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah adalah paprika, lemon, jambu biji, kubis, brokoli, kembang kol, jeruk dan stroberi.

  • Buah Lemon

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C nya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C nya inilah yang dapat membantu proses pelepasan telur agar lebih baik.

Sehingga jika anda sedang menjalani program kehamilan, maka dengan mengkonsumsi lemon secara rutin bisa membantu mempercepat kehamilan.

  • Kubis

Jenis makanan lainnya yang baik bagi kehamilan adalah kubis. Jika anda tidak menyukai kubis namun ingin cepat hamil, maka mulailah menyukai kubis.

Kandungan senyawa diindole metana yang ada di dalam kubis memiliki peranan yang penting bagi metaboliems estrogen.

Metabolism estrogen tersebut baik untuk mencegah terbentuknya endomerios dan fibroid. Namun perlu anda ketahui jika mengkonsumsi kubis rutin bisa menyebabkan keputihan, namun hal ini tidak akan berbahaya untuk sistem reproduksi anda.

  1. Produk susu

Susu mengandung kalsium yang tinggi yang baik bagi kesehatan reproduksi wanita. Selain kalsium, susu juga menghasilkan hormon FSH dan LH yang merupakan hormon kesuburan pada wanita.

  1. Kacang-kacangan

Makanan dari golongan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 3 yang banyak dan berfungsi untuk menjaga kesehatan fungsi reproduksi pria dan wanita.

Sertakan jenis-jenis makanan kesuburan di atas dalam menu harian anda supaya anda cepat hamil dan tetap sehat. Jangan lupa memperbaiki gaya hidup dengan menghindari asap rokok, polusi udara, begadang dan tentu saja rajin berolahraga.

  1. Ikan dan tiram

Zat yang sangat dibutuhkan bagi wanita agar supaya cepat hamil adalah omega-3, dan ini bisa anda temukan dalam ikan-ikanan seperti ikan tuna, salmon, sarden, dan lele.

Namun ada yang perlu diperhatikan agar jangan sampai ikan yang anda konsumsi terkontaminasi dengan merkuri yang dapat membahayakan kandungan.

Sehingga langkah amannya adalah dengan mengkonsumsi ikan tidak melebihi dari 340 gr dalam 1 minggu. Jika anda masih tetap khawatir, anda bisa mengkonsumsi omega-3 dari makanan lainnya seperti telur, kenari, dan kacang almond.

Tiram juga adalah jenis makanan laut yang sangat baik bagi wanita yang ingin cepat hamil. Kandungan zinc dapat membantu produksi sel telur serta meningkatkan kesuburan wanita.

Namun perlu diketahui jika konsumsi tiram harus dibatasi setelah hamil karena berbahaya bagi ibu hamil.

Demikian 9 jenis makanan penyubur kandungan supaya cepat hamil yang direkomendasikan oleh banyak ahli nutrisi bagi para wanita yang ingin cepat hamil.

This div height required for enabling the sticky sidebar